Web Hosting Terbaik Indonesia

Web Hosting Terbaik Indonesia

Web hosting terbaik merupakan salah satu bekal terpenting untuk keberhasilan bisnis Anda melalui website yang Anda bangun.

Simak rekomendasi web hosting terbaik Indonesia 2019. Baca review sampai baris terakhir untuk mendapatkan kesimpulan yang tepat.

Anda bisa memilih tipe web hosting apapun, namun layanan web hosting berkualitas merupakan modal yang cukup menentukan bagi perkembangan situs Anda.

Fungsi web hosting lebih dari sekedar sebagai media penyimpanan file, tetapi akan menjadi penentu seperti apa performa website dan blog Anda.

Terdapat beberapa aspek teknikal yang sangat penting yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin menggunakan layanan hosting dari penyedia hosting tertentu.

Beberapa pertimbangan dalam memilih web hosting yang harusnya mendasari pilihan Anda meliputi kualitas, kecepatan akses, uptime server, sumber daya, dan keamanan.

Daftar Web Hosting Terbaik Indonesia 2019

Berikut rekomendasi web hosting terbaik di Indonesia sebagaimana hasil pengujian saya pribadi serta referensi dari berbagai sumber terpercaya dengan menggunakan data valid sebagai acuan.

  1. Niagahoster
    Rating: 9.9/10
    Harga: Rp 8.000/bln
    Kecepatan: 300ms
    Uptime: 99.99%
    Fasilitas / Fitur: Disk space & bandwidth unlimited, gratis domain, gratis SSL, fitur optimasi SEO
    Diskon: Diskon 40%
    Visit: Website Penyedia
  2. IDwebhost
    Rating: 9.8/10
    Harga: Rp 18.900/bln
    Kecepatan: 410ms
    Uptime: 99.98%
    Fasilitas / Fitur: Disk space 2 GB, bandwidth unlimited, gratis SSL, databases unlimited, instant backup
    Diskon: Cek Diskon
    Visit: Situs Penyedia
  3. Ardetamedia
    Rating: 9.7/10
    Harga: Rp 16.000/bln
    Kecepatan: 470ms
    Uptime: 99.98%
    Fasilitas / Fitur: Disk space 1 GB, bandwidth unlimited, cPanel terbaru, Softaculous, instant backup
    Diskon: Cek Diskon
    Visit: Website Penyedia
  4. Hostinger
    Rating: 9.6/10
    Harga: Rp 8.739/bln
    Kecepatan: 490ms
    Uptime: 99.98%
    Fasilitas / Fitur: SSD storage 10 GB, 100 GB bandwidth, website builder, database MySQL 1
    Diskon: Diskon 90%
    Visit: Situs Penyedia
  5. Jogjahost
    Rating: 9.5/10
    Harga: Rp 25.000/bln
    Kecepatan: 635ms
    Uptime: 99.98%
    Fasilitas / Fitur: Disk space & bandwidth unlimited, add-on domain 10, CPU usage 50%, RAM 1 GB
    Diskon: Cek Diskon
    Visit: Website Penyedia

Tips Memilih Web Hosting Terbaik

Ketika Anda ingin memilih web hosting, Anda bisa membayangkan seolah Anda sedang memilih tanah untuk dibeli. Tentu Anda perlu mempertimbangkan lokasi tanah tersebut, jangkauannya, hingga postur tanah itu sendiri. Saat ingin memilih web hosting, Anda perlu mengetahui dan mempertimbangkan seperti apa kualitas servernya, load time, uptime, hingga fasilitas serta fitur yang disediakan. Saya yakin Anda tidak ingin menggunakan web hosting yang memiliki sumber daya sangat terbatas karena akan menghambat pengelolaan serta performa situs web Anda.

Pertimbangkan beberapa hal berikut ini sebelum Anda memutuskan membeli layanan web hosting pada penyedia hosting tertentu.

1. Kualitas

Pertimbangan pertama dan yang paling penting yakni mengenai kualitas. Tipe hosting apapun yang ingin Anda gunakan, web hosting dengan kualitas terbaik adalah pilihan yang paling tepat yang akan ikut berkontribusi dibalik kesuksesan situs web Anda dimasa mendatang.

Dari sekian banyak perusahaan web hosting baik perusahaan hosting Indonesia maupun perusahaan web hosting luar negeri, tidak semuanya menawarkan kualitas yang sama. Anda perlu mengetahui kualitas web hosting yang akan Anda beli dengan mengamati kinerja situs web klien sehingga Anda bisa memiliki sebuah gambaran.

2. Kinerja Server

Kinerja server akan menjadi tolak ukur seperti apa performa website Anda. Website Anda membutuhkan server yang memiliki kinerja optimal agar selalu bisa dibuka orang dalam kondisi apapun, termasuk ketika website tersebut mengalami peningkatan pengunjung yang cukup signifikan.

Server yang digunakan website Anda seharusnya berupa server yang memiliki spesifikasi tinggi, cepat di load time, memiliki uptime tinggi, dan tidak sering mengalami overloads yang dapat menyebabkan website Anda sulit untuk diakses orang. Anda dapat mengetahui spesifikasi server web hosting dengan mencari tahu informasi tersebut di website penyedia atau bisa juga dengan menanyakannya secara langsung ke bagian customer service.

3. Sumber Daya

Setiap layanan web hosting memiliki sumber daya yang berbeda-beda. Perlu Anda ketahui, bahwa istilah “unlimited” yang digunakan penyedia hosting tidak benar-benar tanpa batasan. Ada standar penggunaan normal yang dijadikan patokan. Jika Anda menggunakan sumber daya yang dianggap telah melebihi batasan penggunaan normal (FUP), maka Anda akan mendapatkan peringatan dari penyedia layanan.

Yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa sumber daya yang akan Anda dapatkan relatif besar atau setidaknya sesuai dengan yang diperlukan website dan blog Anda. Mengetahui besaran sumber daya yang akan Anda dapat menjadi sangat penting karena seperti diketahui setiap situs web itu akan tumbuh-berkembang sehingga harus memiliki resources yang cukup.

4. Fasilitas

Memastikan fasilitas hosting yang akan Anda dapatkan sesuai dengan kebutuhan Anda merupakan sebuah hal yang cukup penting. Jangan hanya terfokus pada fasilitas standar, tapi Anda juga perlu mengetahui fasilitas tambahan apa saja yang akan Anda dapatkan sebagai pengguna berbayar.

Biasanya setiap provider hosting website menyediakan sejumlah fasilitas tambahan yang dapat dimanfaatkan klien untuk menunjang perkembangan situs web yang mereka kelola seperti fasilitas keamanan, optimasi, dll.

5. Fitur

Faktanya teknologi web hosting terus mengalami pembaharuan. Berbagai macam fitur berguna yang dulunya belum tersedia kini sudah bisa dinikmati oleh pengguna. Fitur lengkap merupakan salah satu indikator web hosting berkualitas karena pada umumnya perusahaan web hosting terbaik akan menyediakan fitur sebagaimana yang dibutuhkan pengguna.

Beberapa fitur penting yang mestinya Anda dapatkan termasuk fitur auto-install, auto-backup, proteksi spam, hingga fitur optimasi. Pilihlah web hosting yang menyediakan fitur terlengkap karena seiring dengan berjalannya waktu Anda akan membutuhkan fitur-fitur tersebut. Website Anda akan terus berkembang, dan semakin lengkap fitur suatu layanan web hosting, maka hal tersebut akan semakin memudahkan Anda.

6. Keamanan

Memilih web hosting dengan tingkat keamanan tinggi adalah sebuah keharusan. Salah satu pertimbangan paling penting ketika Anda ingin memilih web hosting adalah mengacu pada standar keamanan yang diterapkan perusahaan penyedia hosting bersangkutan. Pastinya Anda tidak ingin tiba-tiba data di website Anda hilang lantaran sistem keamanan yang buruk.

Sistem keamanan yang baik akan memberikan Anda perlindungan ekstra sehingga dapat meminimalisir potensi kehilangan data. Jangan hanya fokus di kecepatan akses dan besaran sumber daya, tapi aspek keamanan juga sangat penting untuk Anda berikan perhatian.

7. Sesuai Kebutuhan

Pilihan yang tepat yakni dengan memilih web hosting yang sesuai kebutuhan. Anda perlu memahami ukuran kebutuhan sumber daya blog atau situs web yang akan Anda buat, sehingga dengan demikian Anda dapat menentukan tipe atau paket hosting apa yang paling tepat untuk Anda pilih.

Memilih web hosting sesuai ukuran kebutuhan akan membuat Anda dapat membelanjakan uang dengan lebih tepat karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk sumber daya yang sebenarnya belum Anda perlukan.

Misalkan blog Anda ditargetkan untuk memiliki pengunjung 1.000 orang per hari dengan jumlah postingan yang tidak terlalu banyak (<100 artikel), lalu Anda memilih VPS hosting yang notabene untuk website dengan kebutuhan sumber daya tinggi, hal tersebut sejatinya Anda mengeluarkan biaya terlalu mahal untuk sesuatu yang belum Anda perlukan karena kebutuhan sumber daya blog Anda sebenarnya masih bisa dicukupi dengan layanan shared hosting standar.

8. Palayanan

Pelayanan konsumen yang baik merupakan prioritas perusahaan web hosting karena mereka tidak ingin kehilangan pelanggan. Dipihak konsumen sendiri, mendapatkan pelayanan yang baik adalah yang mereka inginkan. Dan jika Anda mendapati ada salah satu provider hosting yang tidak dapat memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen, berarti mereka kekurangan sumber daya manusia. Artinya, Anda perlu menghindari provider yang semacam ini karena ada kalanya Anda akan membutuhkan bantuan teknis dimana dalam kondisi seperti itu respon yang cepat akan membuat Anda bisa menyelesaikan masalah hosting dengan lebih cepat.

Untuk mengetahui seberapa responsif pelayanannya, Anda bisa mencoba menghubungi bagian dukungan pelanggan melalui berbagai sarana komunikasi yang disiapkan. Anda bisa mencoba menghubungi bagian customer support lewat chat atau melalui sarana komunikasi lainnya.

9. Garansi

Apakah penting untuk mempertimbangkan penyedia web hosting yang memberikan garansi? Tentu saja, karena Anda perlu mendapatkan perlindungan dari potensi mengalami kerugian. Dengan adanya garansi uang kembali, maka Anda bisa mengajukan permohonan pengembalian uang jika Anda merasa kurang puas baik dari sisi kualitas maupun pelayanan.

Sebagian besar perusahaan hosting tidak keberatan untuk memberikan garansi uang kembali kepada konsumen tanpa mempermasalahkan tipe web hosting yang mereka order. Dan sebagai langkah berjaga-jaga, sebaiknya Anda tidak menggunakan web hosting dari penyedia yang tidak berkenan memberikan garansi.

10. Harga

Bagi sebagian orang, harga merupakan sebuah pertimbangan yang cukup penting, khususnya bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas. Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih web hosting dengan harga termurah, namun pastikan Anda tidak memilih web hosting yang murahnya sampai tidak masuk akal yang pada akhirnya justru akan membuat Anda kecewa.

Tidak sedikit perusahaan web hosting terpercaya dengan reputasi sangat baik yang bersedia memberikan harga murah. Anda bisa menjatuhkan pilihan pada provider semacam ini, dan bukan memilih web hosting dengan kualitas yang belum teruji hanya karena harga yang ditawarkan sangat murah.

Review Penyedia Web Hosting Indonesia Terbaik (2019)

Kini tidak sedikit penyedia web hosting di Indonesia yang menawarkan web hosting berkualitas dengan support terbaik. Terdapat beberapa perusahaan yang menjadi fokus pengamatan saya khususnya dalam hal kecepatan server, uptime, fasilitas dan fitur, serta pelayanan.

Untuk memudahkan Anda menemukan web hosting terbaik lokal, silakan simak review web hosting terbaik di Indonesia dibawah ini dimana saya menggunakan sejumlah indikator sebagai acuan.

1. Niagahoster – Rekomendasi web hosting terbaik 2019 yang memenuhi sebagian besar dasar pertimbangan

web hosting terbaik indonesia no 1

Paket Hosting

  • Disk Space: 500 MB / Unlimited
  • Rata-rata Speed: 0.3 detik
  • Uptime Server: 99.99%
  • Dukungan Teknis: 9/10
  • Garansi: 30 Hari

Niagahoster mulai beroperasi pada 2013. Diusianya yang relatif baru, provider ini mampu menjelma sebagai salah satu perusahaan web hosting terbesar di Indonesia. Sebuah pencapaian yang sangat luar biasa untuk ukuran web hosting baru.

Pencapaian positif Niagahoster tentu tidak lepas dari nilai lebih yang mereka tawarkan. Saya yakin tidak ada satupun perusahaan yang sukses dibidangnya hanya karena sebuah kebetulan. Tentu ada sebab dibalik kesuksesan yang mereka raih.

Dalam pemahaman saya, mereka berhasil memikat banyak pelanggan karena menawarkan hosting murah dengan kualitas yang terbukti bagus. Selain itu, fasilitas dan fitur yang disediakan juga sangat lengkap. Disempurnakan lagi dengan dukungan pelanggan yang sangat responsif yang sangat memberi rasa kenyamanan dipihak konsumen.

Niagahoster menawarkan beberapa layanan web hosting sesuai dengan kebutuhan pengguna, mulai shared hosting yang terdiri atas 4 pilihan paket, WordPress hosting, VPS, dan cloud hosting murah seharga Rp 100.000/bulan.

Dalam daftar rekomendasi web hosting terbaik ini saya menempatkan Niagahoster diurutan pertama dengan beberapa kelebihan yang mereka miliki yang antara lain seperti yang saya jelaskan dibawah ini.

1. Load Time Sangat Cepat

Satu dari sekian pertimbangan terpenting ketika memilih web host adalah berdasarkan page load time-nya. Anda tentu tidak ingin memiliki blog ataupun website dengan waktu muat yang lambat karena hal tersebut akan menimbulkan masalah serius untuk perkembangan website Anda.

Berbagai penelitian menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa website yang memiliki waktu muat lambat cenderung akan ditinggalkan oleh pengunjung karena meraka merasa kurang nyaman. Disisi lain, sebagian besar search engines juga menekankan betapa pentingnya meningkatkan loading website demi memberikan pengalaman yang baik kepada penggunanya.

Server Niagahoster bekarja dengan sangat baik dan memiliki load time yang sangat cepat untuk ukuran web hosting dikelasnya. Saya menggunakan 3 tools untuk mengetes kecepatan akses Hostara yang mana situs ini menggunakan web hosting Niagahoster.

hasil cek load time website dengan google page insights
Hasil cek kecepatan akses hostara.web.id dengan Google Page Insights

Hasilnya sangat memuaskan, yakni mendapat score 97/100. Bagaimana dengan hasil tes menggunakan tools lainnya?

cek speed server hosting
Performance grade A dengan load time 682 ms

Cek speed dengan Pingdom, situs ini memiliki performance grade A dengan nilai 96/100 dengan load time 682 ms. Great!

cek speed hosting dengan gtmetrix
Hasil cek speed dengan tools GTmetrix

Baik PageSpeed score maupun YSlow Score, masing-masing mendapat grade A. Sebuah hasil uji performa yang sangat memuaskan.

2. Sumber Daya Besar

Pengguna hosting Niagahoster diberikan sumber daya yang tergolong cukup besar. Untuk paket paling rendah, disk space yang disediakan sebesar 500 MB dengan kapasitas bandwidth unlimited. Sementara untuk paket Pelajar dan diatasnya, masing-masing akan mendapatkan disk space dan bandwidth unlimited.

Selain paket hosting paling murah, pengguna juga akan mendapatkan POP3 email unlimited, databases unlimited, dan juga add-on domain 10 s/d unlimited yang akan sangat berguna jika kemudian Anda memutuskan untuk menempatkan beberapa situs web dalam satu akun hosting.

3. Uptime 99.99%

Standar SLA (Service Level Agreement) untuk uptime adalah 99.90%. Di Niagahoster Anda akan mendapatkan uptime server yang bahkan menyentuh sempurna, yakni 99.99%. Ini akan memberikan Anda keuntungan karena dengan demikian artinya website Anda akan memiliki waktu downtime yang sangat kecil.

Adalah sangat penting untuk memastikan server hosting yang Anda gunakan memiliki uptime tinggi karena profit yang akan Anda dapatkan dari website tidak lain adalah hasil konversi dari traffic website tersebut. Jika tanpa traffic, maka tidak akan ada profit apapun yang bisa Anda dapat.

4. Menggunakan Data Center Tier-4

web hosting data center tier-4

Diranah data center ada yang disebut dengan tiering. Tier sendiri ada 4 tingkatan. Lalu apa keistimewaan data center tier-4?

Tier ibarat hotel berbintang. Ada hotel bintang 1, 2, 3, hingga bintang 5. Namun dalam ranah data center, saat ini hanya ada tier-1 sampai 4. Laksana hotel, semakin tinggi tier sebuah data center, maka semakin bagus pula suatu layanan hosting, baik dari segi performa maupun uptime.

5. Keamanan Terjamin

Dengan teknologi keamanan yang maksimum, website Anda akan memiliki tingkat keamanan yang lebih baik. Niagahoster menggunakan BitNinja Smart Server Security untuk melindungi website dari berbagai macam serangan seperti serangan DDoS.

keamanan server terjamin dengan bitninja security

Teknologi BitNinja akan memberikan keamanan yang lebih tinggi untuk situs Anda, baik dari ancaman hacker, serangan DDoS maupun spammer.

6. Gratis Domain & SSL

Selain paket Bayi, Anda akan mendapatkan bonus domain gratis untuk selamanya. Tidak hanya gratis untuk tahun pertama, tetapi digratiskan untuk selamanya. Selain domain gratis, Anda juga akan mendapatkan gratisan sertifikat SSL (Secure Socket Layer). SSL sendiri sangat berguna untuk meningkatkan SEO blog Anda.

Jika Anda cermati, sebenarnya tidak sedikit perusahaan hosting di Indonesia yang menawarkan domain gratis. Namun sayangnya sebagian hanya menawarkan gratis domain diawal. Untuk tahun kedua dan seterusnya pengguna harus membayar biaya renewal. Di Niagahoster, selama Anda masih berlangganan web hosting, Anda akan mendapatkan keuntungan free domain untuk selamanya.

2. IDwebhost – Penyedia web hosting berkualitas 2019 dengan reputasi yang sangat baik

web hosting terbaik indonesia no 2

Paket Hosting

  • Disk Space: 90 MB / 2, 5, 8 (GB)
  • Rata-rata Speed: 0.47 detik
  • Uptime Server: 99.98%
  • Dukungan Teknis: 9/10
  • Garansi: 30 Hari

IDwebhost adalah salah satu perusahaan web hosting dan domain registrar terpercaya dengan reputasi yang sangat baik. Perusahaan ini telah berdiri sejak puluhan tahun silam. Dengan rekam jejak yang dimilikinya, IDwebhost menjadi salah satu penyedia web hosting terbaik yang paling diperhitungkan baik itu kalangan blogger, webmaster atau web developer.

Layanan berkualitas dengan performa stabil merupakan nilai jual perusahaan ini. Dari daftar web hosting yang saya review dalam kolom artikel ini IDwebhost merupakan salah satu provider dengan jumlah pengguna paling banyak. Tidak hanya pengguna web hosting, tapi pengguna domain mereka juga mencapai ratusan ribu orang.

Saya teringat diawal-awal perjalanan saya ngeblog dimana saat itu untuk pertama kalinya saya mendaftarkan domain TLD di IDwebhost. Itu sudah sangat lama sekali, dan sampai hari ini ternyata provider ini masih mengukuhkan namanya sebagai salah satu brand web hosting terbaik di Indonesia. Kualitas dan pelayanan konsumen yang baik menjadi kunci keberlangsungan bisnis perusahaan ini.

IDwebhost menawarkan 4 jenis paket, yaitu paket Personal dengan harga Rp 1.000/bulan, paket Cute seharga Rp 18.900/bulan, paket Awesome seharga Rp 34.900/bulan, dan paket hosting Fantastic dengan biaya sewa sebesar Rp 85.900/bulan.

Jika kelebihan IDwebhost terletak pada kualitas dan support konsumen yang cukup memuaskan, lalu apa saja pertimbangan lain untuk memilih web hosting mereka?

1. Performa Server Bagus

Meskipun bukan yang tercepat, tapi overall server IDwebhost memiliki kecepatan yang cukup bagus. Berikut ini screenshot cek site speed server IDwebhost.

cek site speed

Saya memilih salah satu website klien IDwebhost untuk melakukan uji performa, dan hasil pengetesan site speed menggunakan tools GTmetrix hasilnya cukup bagus. Performance Scores yang didapat adalah grade A pada masing-masing kategori.

2. Supports 24/7

Memberikan pelayanan yang sangat responsif kepada konsumen dengan menyiapkan tim dukungan pelanggan yang dapat dihubungi kapan saja baik itu melalui chat, email, maupun telepon. Mereka juga menyediakan sarana komunikasi melalui aplikasi WA dengan tujuan untuk bisa memberikan pelayanan yang lebih cepat kepada setiap konsumen.

dukungan pelanggan pengguna hosting
Screenshot percakapan saya dengan CS IDwebhost

Jika Anda punya pengalaman gonta-ganti hosting, Anda akan mendapati bahwa tidak sedikit penyedia hosting yang memiliki sumber daya manusia terbatas sehingga ketika konsumen menghubungi bagian dukungan pelanggan mereka justru dibuat kesal karena mendapatkan balasan yang sedemikian lama. Pengalaman dibuat menunggu lama sepertinya tidak akan Anda jumpai di IDwebhost karena mereka menyiapkan tim dukungan pelanggan dalam jumlah yang memadai yang siap melayani konsumen dengan lebih responsif.

3. Gratis Website Builder

Apa itu website builder, dan apakah Anda benar-benar membutuhkannya? Website builder adalah sebuah fitur berguna yang akan membantu Anda untuk dapat membuat website profesional hanya dalam beberapa klik.

Umumnya pemula tidak memahami bahasa pemograman web, dan dengan adanya fitur website builder ini maka Anda dapat dengan mudah membuat website dengan desain yang bisa Anda sesuaikan dengan citarasa Anda.

4. Cloud Backup

Salah satu kemudahan yang ditawarkan IDwebhost adalah Cloud Backup. Pihak IDwebhost akan membantu Anda untuk membackup website Anda secara berkala mulai backup harian hingga mingguan sehingga Anda tidak perlu khawatir kehilangan data-data penting website Anda.

Untuk memastikan Anda tidak akan kehilangan data apapun, fitur ini jelas sangat berguna. Namun sayangnya, fitur yang satu ini hanya bisa Anda dapatkan jika Anda memilih berlangganan paket hosting kelas tertentu. Jadi, untuk paket hosting rendah Anda tidak mendapatkan kemudahan backup harian maupun mingguan.

5. Pilihan Server

Lokasi server ikut menentukan seberapa cepat website Anda saat diakses pengguna. Memilih server yang berlokasi paling dekat dengan pengunjung merupakan pilihan tepat karena semakin dekat lokasi server dengan pengakses website Anda, maka semakin cepat pula load time website Anda.

IDwebhost menyediakan multiple server yang dapat Anda sesuaikan dengan target pasar website Anda sehingga tidak akan memberikan ganjalan di waktu muat yang lambat yang dapat menyebabkan pengunjung website Anda bergegas meninggalkan website Anda karena merasa terganggu di loading.

3. Ardetamedia – Rekomendasi web hosting terbaik 2019 untuk kalangan profesional dan pelaku bisnis online

rekomendasi web hosting terbaik indonesia no 3

Paket Hosting

  • Disk Space: 500 MB / 1 GB / Unlimited
  • Rata-rata Speed: 0.47 detik
  • Uptime Server: 99.98%
  • Dukungan Teknis: 8/10
  • Garansi: 30 Hari

Ardetamedia merupakan salah satu pilihan web hosting terbaik dengan biaya sewa yang relatif terjangkau. Untuk paket hosting termurah, provider ini menawarkan biaya sewa seharga Rp 16.000 per bulan dengan disk space sebesar 1 GB.

Tersedia juga beberapa pilihan web hosting lain dengan sumber daya yang lebih besar, bahkan unlimited seperti yang terdapat pada paket Pro, Luxury, dan Basic. Masing-masing memiliki biaya sewa Rp 25.000, Rp 45.000, dan Rp 200.000 per bulan.

Selain shared hosting, provider ini juga menawarkan tipe web hosting kelas premium seperti VPS hosting dan dedicated server. Untuk kebutuhan email, Ardetamedia juga menyediakan layanan email hosting dalam tiga pilihan paket.

Sebagai salah satu perusahaan web hosting profesional, Ardetamedia tentunya sangat mementingkan kualitas demi memastikan kepuasan dipihak konsumen. Tidak hanya menyediakan sumber daya besar, tapi juga sangat mengutamakan kualitas.

Beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan Anda untuk memilih web hosting Ardetamedia antara lain sebagaimana saya ulas dibawah ini.

1. Dikelola Secara Profesional

Ardetamedia merupakan perusahaan resmi yang memiliki badan hukum. Sebagai perusahaan resmi, Ardetamedia memiliki standar pengelolaan yang baik. Tidak hanya sebatas menawarkan jasa web hosting, tetapi mereka benar-benar menekankan aspek kualitas dan kepuasan konsumen dimana hal tersebut menjadi standar komitmen setiap perusahaan.

Berbeda dengan penyedia hosting reseller, karena mereka memiliki keterbatasan sumber daya manusia maka tidak jarang kita jumpai reseller tidak dapat memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada konsumen.

2. Performa Relatif Bagus

Saya telah melakukan pengujian server Ardetamedia dengan menggunakan salah satu situs web klien sebagai pengetesan. Masih dengan menggunakan tools yang sama, dan hasilnya adalah sebagai berikut.

cek speed server hosting ardetamedia

Score yang didapat memang tidak sebagus server web hosting sebelumnya. Namun, secara keseluruhan hasilnya cukup memuaskan. Mendapatkan grade A, yang artinya provider ini bisa Anda pertimbangkan utuk Anda pilih.

3. Server & Teknologi Terbaru

Untuk bisa memberikan layanan hosting berkualitas tinggi, Ardetamedia menggunakan server dengan spesifikasi tinggi yang didukung dengan terknologi terbaru. Standar perangkat yang unggul akan memastikan situs Anda memiliki performa yang optimal dan terhindar dari loading lambat.

fitur web hosting lengkap

Layanan web hosting Ardetamedia juga memiliki standar yang cukup baik. Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan dengan biaya sewa bulanan yang relatif terjangkau.

4. Unlimited Bandwidth

Tidak semua penyedia hosting menyiapkan bandwidth berkapasitas unlimited. Di Ardetamedia Anda akan mendapatkan bandwidth tanpa batasan tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan. Dengan bandwidth yang besar, ini akan memastikan website Anda selalu bsia diakses pengunjung secara normal.

Kabar gembiranya lagi, bandwidth unlimited berlaku untuk semua jenis web hosting, termasuk untuk paket hosting dengan harga paling murah. Meskipun lalu lintas website Anda tinggi, dengan bandwidth besar tidak akan membuat website tersebut sulit diakses.

5. Pilihan Server Jakarta

Jika Anda memiliki website dengan target pengunjung dalam negeri, maka menggunakan server Indonesia (IIX) merupakan pilihan yang sangat tepat. Alasannya seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, yakni unggul di kecepatan waktu muat.

Karena semakin dekat lokasi pengunjung dengan lokasi keberadaan server akan membuat load time semakin cepat, maka memilih server Jakarta akan memberikan speed yang maksimum untuk website dengan mayoritas pengunjung berasal dari Indonesia.

4. Hostinger – Pilihan web hosting terbaik 2019 dengan fasilitas dan fitur sangat lengkap

web hosting terbaik indonesia no 04

Paket Hosting

  • Disk Space: 10, 20, 30 (GB)
  • Rata-rata Speed: 0.49 detik
  • Uptime Server: 99.98%
  • Dukungan Teknis: 7/10
  • Garansi: 30 Hari

Hostinger adalah salah satu perusahaan web hosting kelas dunia. Provider ini tidak hanya hadir di Indonesia, tetapi mereka cukup dikenal di kawasan Eropa dan Amerika. Sebagai salah satu brand web hosting internasional, Hostinger memiliki jaringan yang sangat luas.

Awal kehadiran Hostinger di Indonesia yakni ketika provider ini menawarkan web hosting gratisan. Saat itu jumlah pengguna layanan hosting gratisan mereka cukup tinggi. Berangkat darisana, kini mereka menawarkan layanan hosting premium untuk pengguna di Indonesia.

Hostinger menyediakan beragam pilihan web hosting murah terbaik yang ditujukan untuk berbagai kalangan. Dan untuk mengetahui apakah web hosting Hostinger bisa dijadikan pilihan yang bagus, mari kita kuak kelebihan layanan hosting asal Eropa ini.

1. Server Cepat & Reliable

Sebagai perusahaan web hosting papan atas, Hostinger jelas sangat mementingkan speed dan uptime karena kedua hal ini menjadi nilai ukur bagus tidaknya sebuah layanan web hosting. Kendati menawarkan sumber daya yang besar, namun jika gagal di speed dan uptime maka layanan hosting tersebut dapat dikategorikan sebagai layanan hosting tidak bermutu.

Server Hostinger diklaim memiliki response time yang sangat cepat. Waktu respon rata-rata untuk website WordPress versi mereka adalah 179ms. Sebuah score kecepatan yang sangat luar biasa jika memang demikian adanya.

server response time check 179ms

Apakah benar secepat itu?

Saya tidak mengatakan hal tersebut 100% benar, karena pada dasarnya ada kondisi-kondisi tertentu yang dapat mempengaruhi hasil pengetesan. Namun, jika diperhatikan dari spesifikasi perangkat dan teknologinya yang unggul, setidaknya kita bisa lebih yakin dengan klaim sangat cepat tersebut.

2. Garansi Uptime 99.9%

Mereka memberikan jaminan uptime 99.9%. Meskipun tidak dijelaskan secara spesifik apakah garansi yang dimaksud itu 99.98%, 99.97%, atau 99.95%, namun standar SLA untuk uptime adalah 99.90%, sehingga garansi uptime yang diberikan Hostinger bisa dibilang sangat menguntungkan bagi pengguna.

Mengapa menguntungkan pengguna?

Jika uptime tidak sesuai garansi, Anda bisa mendapatkan kredit sebesar 5% dari biaya bulanan hosting Anda. Jadi, ini semacam bentuk ganti rugi yang diberikan kepada konsumen bilamana uptime yang didapat dibawah nilai uptime yang digaransi.

3. Fitur Hosting Lengkap

Fitur layanan yang lengkap merupakan salah satu indikator bagus tidaknya sebuah layanan hosting. Hostinger menyediakan berbagai macam fitur berguna yang dapat dinikmati penggunanya. Layanan hosting mereka dilengkapi dengan HTTP/2, IPv6, PHP7, NGINX caching, GZIP compression, dan deteksi spam.

Fitur-fitur tersebut akan sangat berguna bagi website Anda, seperti halnya fitur GZIP compression yang akan sangat membantu untuk meningkatkan kecepatan loading situs web Anda. Jika Anda mencoba mengecek loading website, sebagian besar masalah loading lambat banyak dikarenakan tidak adanya GZIP compression. Di Hostinger, Anda akan mendapatkan fitur ini secara gratis.

4. Backup Data Mingguan

Keuntungan lain jika menggunakan hosting Hostinger yakni adanya backup data mingguan yang berlaku untuk semua paket hosting. Memang tidak sedikit penyedia web hosting yang menawarkan kemudahan yang satu ini, namun sebagian besar hanya berlaku untuk hosting kelas atas. Berbeda dengan Hostinger, karena mereka melakukan data backup mingguan untuk semua kelas hosting.

Keamanan data sangat penting, dan backup data mingguan ini akan memberikan Anda data cadangan yang bisa Anda restore kapanpun jika memang diperlukan.

5. Kontrol Panel Mudah Digunakan

Hostinger memiliki kontrol panel hosting buatan mereka sendiri. Mereka tidak menggunakan kontrol panel cPanel dimana sebagian besar penyedia hosting menggunakan cPanel.

Apakah kontrol panel mereka user friendly?

Kontrol panel Hostinger sejatinya didesain untuk memudahkan pengguna. Memiliki tampilan yang sederhana, dan menurut saya sangat mudah dioperasikan, sekalipun untuk pemula.

control panel hosting hpanel
Control Panel hosting hPanel

5. Jogjahost – Web hosting unlimited Indonesia terbaik 2019 dengan resources tinggi

hosting bisnis unlimited

Paket Hosting

  • Disk Space: Unlimited
  • Rata-rata Speed: 0.63 detik
  • Uptime Server: 99.98%
  • Dukungan Teknis: 7/10
  • Garansi: 30 Hari

Jogjahost merupakan salah satu penyedia web hosting terpercaya di Indonesia yang seangkatan dengan Ardetamedia. Berdirinya perusahaan ini tidak lepas dari andil seorang IM Indonesia yang ingin memberikan layanan hosting terbaik yang menjalin kerjasama dengan ISP serta jasa hosting yang sudah memiliki pengalaman dibidang web hosting.

Jogjahost menyiapkan layanan hosting unlimited bisnis, hosting unlimited profesional, cloud hosting, SSD VPS, dan dedicated hosting. Dari segi biaya, Jogjahost tidak menawarkan harga murah, namun mereka menyiapkan resources yang besar sesuai kebutuhan website klien. Harga hosting termurah di Jogjahost yakni Rp 25.000/bulan dimana pengguna akan mendapatkan SSD space dan bandwidth unlimited.

Untuk mendapatkan harga murah di Jogjahost, Anda dapat membidik harga promo. Provider ini sering memberikan promo hosting murah dengan diskon yang cukup besar.

Bagaimana dengan kualitas hosting Jogjahost?

Mereka mengklaim menggunakan server terbaik. Terlepas dari benar tidaknya klaim tersebut, kita dapat menguak kebenarannya dengan menjadikan beberapa indikator sebagai acuan. Dan jika dikomparasi berdasarkan harga yang ditawarkan serta kenyataan bahwa perusahaan ini masih menjadi salah satu perusahaan web hosting pilihan, maka dapat ditarik sebuah kesimpulan layanan hosting Jogjahost memiliki kualitas yang baik.

Dan berikut ini merupakan gambaran layanan web hosting Jogjahost yang secara teori memenuhi kriteria sebagai web hosting berkualitas dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya.

1. Server Menggunakan SSD

Apa itu SSD? SSD atau Solid State Drive merupakan standar media penyimpanan terbaru pengganti hardisk konvensional (HDD). SSD dikenal memiliki kecepatan baca yang lebih baik dibanding HDD sehingga server yang telah menggunakan storage SSD siap memberikan kecepatan akses yang lebih baik untuk website klien.

Paket shared hosting BIZ SSD yang disiapkan Jogjahost didesain sedemikian rupa agar mampu melayani website dengan kebutuhan sumber daya server tinggi yang mana biasanya web hosting berbagi server itu memiliki sumber daya yang cukup terbatas.

2. Perangkat Lunak Premium

Untuk memberikan web hosting dengan kualitas terbaik, Jogjahost menggunakan software premium. Kecepatan load time situs menjadi prioritas mereka. Jogjahost menggunakan LiteSpeed web server dengan kemampuan untuk meningkatkan kecepatan akses website klien hingga berkali lipat dibanding web server Apache.

Penggunaan perangkat lunak premium merupakan salah satu nilai lebih yang ada pada Jogjahost. Mereka memberi penekanan pada speed website karena seperti diketahui bahwa optimasi speed website ini memang menjadi salah satu bagian terpenting dalam proses pengembangan website.

3. Hosting Unlimited

Pengguna hosting Jogjahost akan mendapatkan kapasitas penyimpanan data berbasis SSD unlimited. Hal ini akan memberikan keuntungan bagi Anda yang ingin membuat website dengan konten yang didominasi oleh gambar berukuran besar, misalkan situs wallpaper atau web toko online.

Selain disk space berbasis SSD yang tanpa batasan, Jogjahost juga mengalokasikan penggunaan RAM (Random Access Memory) yang besar pada masing-masing layanan hosting mereka. Jika Anda memilih hosting SSD Unlimited Bisnis, Anda akan mendapatkan RAM sebesar 2 GB.

4. Data dan Privasi Aman

Bukan hanya data klien yang aman, privasi klien juga dipastikan aman. Privasi pengguna merupakan suatu hal yang prioritas bagi mereka. Jogjahost tidak pernah memberikan data konsumennya kepada siapapun dan untuk tujuan apapun.

Bagaimana saya mengetahuinya?

Saya pernah meminta diinformasikan salah satu situs web klien Jogjahost. Tujuan saya adalah untuk mengecek performa situs web tersebut, dan ternyata Jogjahost memang sangat mementingkan privasi klien mereka, buktinya permintaan saya tersebut ditolak oleh mereka.

live chat dengan tim support hosting
Live chat saya dengan tim support Jogjahost

Pantas saja saya tidak menemukan halaman khusus yang berisi informasi mengenai website klien dan juga testimonial, ternyata faktor privasi adalah penyebabnya.

5. Menyediakan Trial Hosting

Kemudahan lain yang ditawarkan perusahaan hosting ini adalah mereka menyiapkan layanan trial hosting bagi calon konsumen. Ini merupakan bentuk komitmen mereka untuk memberikan layanan berkualitas kepada konsumen sehingga mereka berusaha untuk lebih meyakinkan calon pelanggan.

Apa bedanya trial hosting dengan hosting bergaransi?

Jika hosting yang memiliki garansi mengharuskan Anda untuk membeli terlebih dulu baru kemudian meminta refund jika merasa kurang puas, maka trial hosting ini sama sekali tidak mengharuskan Anda untuk mengeluarkan sejumlah uang. Anda bisa menggunakan hosting Jogjahost selama 14 hari tanpa harus membayar terlebih dulu.

trial hosting gratis 14 hari

Apabila Anda merasa puas, Anda bisa lanjutkan dengan order hosting mereka, dan jika yang Anda rasakan sebaliknya, maka Anda tinggal stop alias tidak perlu order hosting Jogjahost. Bukankah sangat menguntungkan Anda?

Kekurangan Masing-masing Web Hosting Indonesia

Selain kelebihan yang dimiliki masing-masing provider hosting, pastinya mereka juga menyisakan sisi kekurangan tersendiri. Dan agar review web hosting dan rekomendasi web hosting yang saya ulas ini memiliki balance, maka saya juga perlu memaparkan beberapa kekurangan pada setiap provider.

Kekurangan Hosting Niagahoster:

  • Harga murah (Rp 8.000/bln) hanya berlaku untuk order hosting per 3 tahun
  • Setiap paket hosting memiliki besaran diskon yang berbeda-beda.

Kekurangan Hosting IDwebhost:

  • Paket Personal hanya menyediakan disk space 90 MB (jauh dari ukuran kebutuhan)
  • Paket Cute yang notabene paket hosting kelas low – medium tidak menawarkan fasilitas add-on domain.

Kekurangan Hosting Ardetamedia:

  • Paket Lavender seharga Rp 16.000/bulan hanya berlaku untuk order per 3 tahun
  • Untuk layanan VPS, harga VPS mereka masih relatif mahal.

Kekurangan Hosting Hostinger:

  • Tidak menyiapkan sarana komunikasi live chat
  • Paket hosting paling murah hanya bisa digunakan untuk 1 website (0 add-on domain)

Kekurangan Hosting Jogjahost:

  • Biaya sewa hosting Jogjahost relatif mahal.
  • Paket Cloud Biz 3 tidak mendapatkan dedicated IP, padahal merupakan layanan hosting kelas bisnis.

Tips Tambahan Dalam Memilih Web Hosting Terbaik

Setiap provider hosting situs web menawarkan sumber daya yang berbeda-beda sesuai dengan kelas paket hosting tersebut. Dan sebagai pengguna, pastinya Anda menginginkan performa yang optimal, bukan?

Saya merekomendasikan Anda untuk memilih paket hosting kelas medium. Maksudnya, jangan memilih paket hosting yang paling rendah karena biasanya sumber daya yang diberikan belum sesuai kebutuhan sehingga akan berimbas pada performa website yang kurang optimal.

Dengan tanpa mengesampingkan pentingnya untuk menekan biaya, saya rasa Anda tetap ingin memberi prioritas pada kinerja website atau blog Anda, karena dengan performa yang optimal maka website Anda akan lebih berpeluang untuk bisa tumbuh-berkembang menjadi sebagaimana mestinya.

Kesimpulan Memilih Web Hosting Terbaik

Memilih web hosting terbaik merupakan salah satu tahapan paling penting dalam proses membangun situs web. Apapun jenis website yang akan Anda ciptakan, performa dan perkembangannya akan ikut ditentukan oleh kualitas hosting yang Anda pilih.

Saya yakin Anda pernah menjumpai situs dengan loading yang sangat lambat. Saya juga yakin Anda pernah mencoba mengakses situs namun gagal akibat adanya masalah pada sisi server. Nah, itu merupakan beberapa jenis masalah hosting yang akan Anda hadapi ketika Anda memilih web hosting tanpa memikirkan aspek teknisnya.

Ketika website Anda memiliki waktu muat yang sangat lamban atau bahkan sering tidak bisa dibuka sama sekali, padahal website Anda sudah di index oleh mesin pencari, hal tersebut akan menyebabkan website Anda mengalami penurunan peringkat. Hasilnya, sudah pasti pengunjung website Anda terus berkurang.

Memang cukup banyak penyedia hosting murah di Indonesia, bahkan mereka siap untuk diadu kualitasnya. Namun demikian, mestinya Anda tidak mengamini begitu saja dengan tidak melakukan penelitian terlebih dulu. Anda perlu mencari referensi, menganalisa, dan melakukan perbandingan, karena yang Anda butuhkan adalah web hosting berkualitas dan bukan sekedar web hosting.

Sebagai catatan, rekomendasi web hosting yang saya paparkan ini sebagian berbasis pengalaman pribadi, jadi tidak hanya sebatas analisa semata. Jika Anda belum menemukan pilihan hosting yang bagus, Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih web hosting yang saya rekomendasikan.    

Leave a Comment