Web Hosting Murah Terbaik di Indonesia

Web Hosting Murah Terbaik di Indonesia

Setiap orang menginginkan web hosting terbaik, dan pada umumnya pengelola website ingin mendapatkan layanan web hosting murah terbaik agar disatu sisi mereka tidak terbebani di biaya dan disisi lain website mereka selalu dalam kondisi online karena memiliki server yang reliable.

Bukankah web hosting murah cenderung dipandang buruk dari sisi kualitas?

Faktanya web hosting murah tidak melulu murahan. Sepanjang kita memperhatikan berbagai aspek (aspek teknis) saat memilih, sebenarnya kita bisa mendapatkan web hosting murah berkualitas.

Contohnya saya sendiri. Ada puluhan penyedia web hosting di Indonesia yang saya pelajari baik dari sisi teknis, pelayanan, maupun harga. Saya komparasikan masing-masing provider dengan mengedepankan sejumlah aspek yang paling prioritas. Hasilnya, saya mendapatkan web hosting murah terbaik yang membuat saya bisa sedikit berhemat.

Sebagai catatan, saya mengelola banyak website. Ada puluhan website yang saya kelola dan masing-masing dalam kondisi aktif. Bisa dibayangkan berapa beban finansial saya untuk keperluan menyewa web hosting jika tidak memilih provider hosting yang menawarkan biaya sewa terjangkau.

Namun demikian, prioritas saya tetap pada kualitas. Jadi, dalam menetapkan pilihan saya mengacu pada dua pertimbangan, yaitu kualitas dan harga terjangkau. Web hosting murah tapi bagus bukannya tidak ada, hanya saja kita perlu menganalisa dan lebih selektif.

5 Rekomendasi Web Hosting Murah Terbaik di Indonesia 2019

  1. Niagahoster (Harga mulai Rp 8.000/bulan)
  2. IDwebhost (Harga mulai Rp 9.900/bulan)
  3. Jogjahost (Harga mulai Rp 14.900/bulan)
  4. Exabytes (Harga mulai Rp 15.000/bulan)
  5. Ardetamedia (Harga mulai Rp 16.000/bulan)

Anda bisa mempertimbangkan provider diatas jika sedang mencari layanan web hosting murah terbaik yang dapat memenuhi kebutuhan sumber daya website dan blog Anda.

Web Hosting Murah di Indonesia

Untuk mengukur apakah harga yang ditawarkan suatu provider dapat dikategorikan murah atau mahal kita perlu mengetahui berapa rata-rata biaya sewa web hosting di Indonesia.

Layanan hosting website terbagi menjadi sekian macam, dan setiap jenis hosting memiliki level harga masing-masing. Terdapat shared hosting, cloud hosting, dan virtual private server (VPS), yang mana harganya berbeda satu sama lain sesuai dengan ukuran resources atau sumber daya yang disediakan.

Pada umumnya pengelola situs web baik di Indonesia maupun luar negeri menggunakan shared hosting. Shared hosting sendiri merupakan tipe web hosting berbagi server dengan biaya sewa yang paling murah.

Shared hosting ini cocok untuk website baru berskala kecil-sedang. Kedepannya, jika website Anda sudah tumbuh-berkembang menjadi website besar Anda bisa beralih ke cloud hosting atau VPS karena menyediakan resources yang lebih tinggi.

Saat ini harga shared hosting di Indonesia berkisar antara Rp 10.000 – Rp 50.000 per bulan. Selain dibedakan dari sisi jenis atau cara kerjanya, harga web hosting juga dapat dibedakan dari besaran sumber daya serta fiturnya. Artinya, biaya sewa shared hosting juga berbeda-beda. Namun, secara garis besarnya berada pada level Rp 10.000 s/d Rp 50.000 per bulan.

Tips Memilih Web Hosting Murah Terbaik

Dalam memilih web hosting murah terbaik, ada beberapa indikator utama yang saya jadikan patokan, yaitu:

1. Reputasi Perusahaan

Apsek pertama yang saya jadikan pertimbangan adalah mengacu pada reputasi perusahaan penyedia hosting bersangkutan.

Logika sederhananya, jika suatu perusahaan web hosting menawarkan kualitas yang baik, maka reputasi perusahaan tersebut juga pasti baik.

Bagi saya reputasi provider merupakan indikator paling penting dalam memilih web hosting, karena hal tersebut sejatinya mencerminkan kualitas web hosting yang ditawarkan.

2. Sumber Daya

Pertimbangan penting berikutnya adalah berkaitan dengan sumber daya. Sebagai pengguna, kita perlu mengetahui berapa ukuran sumber daya yang akan kita dapat.

Bayangkan Anda memiliki web hosting dengan kinerja server sangat cepat, namun disisi lain disk space ataupun bandwidth yang Anda dapat sangat terbatas, maka sudah pasti Anda akan dihadapkan dengan masalah.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk memilih layanan web hosting yang menyediakan sumber daya relatif besar agar tidak menghambat perkembangan website Anda.

3. Kelengkapan Fitur

Diawal Anda menggunkan web hosting mungkin Anda tidak seberapa menyadari bahwa memilih web hosting terbaik yang menyediakan fitur lengkap itu sangat penting. Namun, seiring berjalannya waktu Anda akan membutuhkan fitur-fitur tersebut.

Beberapa fitur web hosting yang sebaiknya Anda pertimbangkan antara lain fitur backup, add-on domain, dan SSL.

Fitur backup akan memberikan Anda perlindungan dari potensi kehilangan data-data penting di website Anda. Add-on domain memungkinkan Anda untuk mengelola lebih dari satu website dalam satu akun hosting. Sementara itu, SSL atau Secure Socket Layer merupakan standar keamanan website yang ikut memberi andil pada optimasi SEO website Anda.

4. Keamanan

Saya yakin Anda sudah menyadari bahwa keamanan merupakan salah satu hal paling penting. Anda perlu memilih provider yang memiliki sistem keamanan tinggi sehingga secara teori website Anda lebih terlindungi.

Kejahatan di ranah internet bisa dialami siapa saja, termasuk Anda. Tidak sedikit website dan blog self hosting yang menjadi korban peretasan karena minimnya tingkat keamanan. Ketika website Anda di host pada server yang kurang baik dari sisi keamanan, maka semakin besar peluang bagi website Anda untuk terkena retas.

5. Pelayanan Konsumen

Dengan sudah mengeluarkan biaya pastinya Anda menginginkan pelayanan yang baik, bukan? Faktanya tidak semua provider hosting mampu memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada konsumen.

Jika Anda ingin mendapatkan pelayanan yang baik, maka Anda perlu memilih provider yang memiliki sumber daya manusia dalam jumlah yang memadai. Ini bisa Anda dapatkan jika Anda berlangganan web hosting di perusahaan yang sudah terorganisir dan memiliki staff dibagian masing-masing.

Pilihlah perusahaan web hosting yang menyediakan tim dukungan teknis bagi konsumen 24 jam non-stop. Keberadaan tim support akan sangat membantu ketika Anda menjumpai kendala tertentu.

Pastikan Anda memperhatikan beberapa poin penting diatas sebelum memutuskan memilih layanan web hosting dari provider tertentu. Ingat, server berkualitas merupakan salah satu kunci keberhasilan Anda dalam membangun website.

Memilih web hosting bukan sekedar memilih media penyimpan data online, Anda perlu memastikan kinerja servernya bagus.

Review Web Hosting Murah Terbaik di Indonesia

Saya telah menyeleksi beberapa perusahaan penyedia web hosting ternama di Indonesia, dan rekomendasi saya jatuh pada perusahaan web hosting berikut ini.

1. Web Hosting Murah Terbaik #1

web hosting murah terbaik 1

Niagahoster merupakan salah satu perusahaan web hosting murah terbaik di Indonesia yang menawarkan berbagai benefits untuk penggunanya.

Memiliki reputasi sangat baik dan sejauh ini telah digunakan lebih dari 120 ribu pengguna dari berbagai kalangan, mulai blogger, webmaster, institusi pemerintah, hingga lembaga keuangan.

  • Disk space: 500 MB / Unlimited
  • Bandwidth: Unlimited
  • Kualitas: 9.5/10
  • Fitur: 9/10
  • Garansi: 30 hari uang kembali
  • Harga mulai: Rp 8.000/bln

Kelebihan Hosting Niagahoster

Beberapa kelebihan web hosting Niagahoster antara lain sebagai berikut:

1. Web Hosting Lokal Tercepat

Layanan web hosting dengan kinerja server paling cepat di Indonesia. Didukung dengan LiteSpeed Web Server yang akan membuat waktu loading website Anda menjadi lebih optimal.

2. Keamanan Website Terjamin

Tidak hanya menggunakan BitNinja Smart Server Security, provider ini juga menggunakan Imunify 360 yang dapat melindungi website Anda dari ancaman hacker, malware, dan berbagai macam virus dengan tingkat ancaman tinggi.

3. Fitur Sangat Lengkap

Meskipun biaya sewanya murah, namun fitur yang ditawarkan sangat lengkap. Beberapa fitur yang mereka siapkan antara lain auto backup, auto install WordPress, SSL gratis, add-on domain, proteksi spam, dan masih banyak lagi.

4. Uptime Maksimal

Niagahoster saat ini menjadi satu-satunya perusahaan web hosting di Indonesia yang sudah memiliki data center tier-4. Dengan data center yang sudah tersertifikasi tier-4 memungkinkan website klien selalu dalam keadaan online 24 jam non-stop.

5. Tim Support Responsif

Menyiapkan tim support terbaik dalam jumlah yang memadai. Jika Anda menjumpai masalah web hosting tertentu, Anda bisa menghubungi tim bantuan teknis melalui live chat yang stand by 24 jam untuk melayani klien.

2. Web Hosting Murah Terbaik #2

web hosting murah terbaik 2

IDwebhost merupakan salah satu perusahaan web hosting dan domain registrar tertua di Indonesia yang memiliki reputasi cukup baik.

Meski banyak perusahaan sejenis seusianya yang mengalami pergeseran, namun IDwebhost tetap bertahan sampai sekarang dan menjadi salah satu perusahaan web hosting dengan jumlah pengguna paling banyak. Tentu hal tersebut tidak lepas dari kualitas layanan yang selalu mereka prioritaskan.

  • Disk space: 400 MB / Unlimited
  • Bandwidth: Unlimited
  • Kualitas: 9.4/10
  • Fitur: 9/10
  • Garansi: 30 hari uang kembali
  • Harga mulai: Rp 9.900/bln

Kelebihan Web Hosting IDwebhost

Berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki IDwebhost yang dapat menjadi bahan pertimbangan Anda untuk memilih web hosting mereka:

1. Reputasi Perusahaan Bagus

IDwebhost merupakan salah satu perusahaan web hosting yang memiliki reputasi paling bagus. Perusahaan ini sudah berdiri sejak 2004 silam, dan hingga saat ini tetap berada dalam lingkaran daftar 10 web hosting terbaik di Indonesia.

2. Harga Murah

Menawarkan biaya sewa yang cukup murah. Bahkan, hanya dengan biaya Rp 1.000/bulan pengguna sudah bisa berlangganan web hosting premium. Namun, saran saya sebaiknya Anda memilih paket Charming keatas karena menawarkan sumber daya yang lebih besar.

3. Gratis WordPress Cache

Fitur WordPress Cache bisa Anda nikmati secara gratis. Fitur ini berguna untuk mengoptimalkan performa website WordPress Anda. Memilih web hosting IDwebhost akan memberikan Anda keuntungan jika website Anda menggunakan platform WordPress.

4. Gratis Ratusan Theme Premium

Anda tidak perlu mencari theme diberbagai website penyedia theme gratisan karena Anda akan mendapatkan theme premium gratis yang jumlahnya mencapai ratusan. Anda bisa memilih theme berkualitas sesuai dengan topik website dan blog Anda.

5. Multiple Datacenter

Mereka menyediakan beberapa pilihan data center yang dapat Anda sesuaikan dengan target pengunjung website Anda. Anda dapat memilih server IIX, Singapore, atau server yang paling dekat dengan lokasi target pengunjung website Anda.

3. Web Hosting Murah Terbaik #3

web hosting murah terbaik 3

Pilihan web hosting murah terbaik berikutnya adalah layanan web hosting dari Jogjahost. Salah satu perusahaan web hosting terpercaya yang kualitasnya sudah cukup teruji.

Perusahaan ini menawarkan web hosting berkualitas yang didukung dengan perangkat enterprise-class dengan biaya sewa yang cukup terjangkau. Hanya dengan anggaran Rp 14.900 per bulan, Anda sudah bisa menggunakan layanan web hosting unlimited.

  • Disk space: Unlimited
  • Bandwidth: Unlimited
  • Kualitas: 9.3/10
  • Fitur: 9/10
  • Garansi: 30 hari uang kembali
  • Harga mulai: Rp 14.900/bln

Kelebihan Web Hosting Jogjahost

Berikut adalah beberapa alasan untuk menggunakan web hosting Jogjahost:

1. Web Hosting Berkualitas

Kualitas web hosting Jogjahost sudah sangat teruji, baik dalam hal kecepatan server maupun stabilitasnya. Dengan dukungan hardware berstandar tinggi, performa website klien dipastikan selalu dalam level yang optimal.

2. Unlimited Disk Space

Tidak hanya unlimited bandwidth, pengguna juga akan mendapatkan keuntungan berupa disk space unlimited. Meskipun tidak benar-benar unlimited, namun Anda akan mendapatkan kapasitas penyimpanan data yang relatif besar.

3. Backup Gratis

Anda tidak perlu takut kehilangan data apapun di website Anda. Mereka menyediakan fitur backup secara gratis. Anda bisa melakukan backup sesuai kebutuhan guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Menyediakan Versi PHP Terbaru

Kelebihan lain yang ditawarkan Jogjahost adalah tersedianya versi PHP hingga yang paling baru. Sebagai informasi, versi PHP terbaru memiliki kelebihan dalam hal keamanan dan juga kecepatan. Ini akan sangat berguna bagi website dan blog Anda.

5. Garansi Uptime 99.98%

Memilih web hosting dengan uptime maksimal merupakan salah satu pertimbangan yang sangat penting. Di Jogjahost, Anda akan mendapatkan garansi uptime hingga 99.98% yang merupakan standar dari Network Uptime SLA mereka.

4. Web Hosting Murah Terbaik #4

web hosting murah terbaik 4

Exabytes merupakan salah satu perusahaan web hosting berskala internasional. Mereka tidak hanya hadir di Indonesia, Exabytes juga berdiri di Singapura, Amerika Serikat, dan Malaysia yang merupakan basis dari perusahaan ini.

Di Indonesia, perusahaan ini menyasar kalangan pelaku UMKM. Adapun beberapa jenis layanan yang mereka tawarkan antara lain adalah shared hosting, cloud hosting, VPS, dedicated server, email hosting, registrasi nama domain, dan layanan digital marketing.

  • Disk space: 10 GB / 500 GB
  • Bandwidth: Unlimited
  • Kualitas: 9.2/10
  • Fitur: 9/10
  • Garansi: 45 hari uang kembali
  • Harga mulai: Rp 15.000/bln

Kelebihan Web Hosting Exabytes

Apa saja kelebihan yang ditawarkan Exabytes? Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Jaringan Luas

Exabytes merupakan perusahaan web hosting berskala besar yang memiliki jaringan luas. Dengan nama besarnya, pastinya perusahaan ini sangat memprioritaskan kepuasan pengguna guna bisa menjaga kelangsungan bisnis mereka.

2. Review Bagus dari Pengguna

Mayoritas pengguna hosting Exabytes merasa puas dengan kualitas hosting yang mereka gunakan, baik untuk shared hosting, WordPress hosting, cloud server, maupun VPS. Klien Exabytes juga berasal dari berbagai kalangan, termasuk situs-situs perusahaan ternama di Indonesia.

3. Disk Space Besar

Meskipun tidak menawarkan kapasitas penyimpanan data unlimited, namun mereka menyiapkan disk space yang cukup besar (minimal 10 GB). Besaran kapasitas penyimpanan mencapai 10 GB memungkinkan klien untuk membuat hingga beberapa website dan blog dalam satu akun hosting.

4. Server Cepat

Dengan didukung perangkat yang memadai, web hosting Exabytes menawarkan performa server yang cepat dan optimal sehingga tidak akan mengganggu website klien. Website Anda akan terhindar dari loading lambat akibat kinerja server yang tidak optimal atau overloads.

5. Garansi Hingga 45 Hari

Rata-rata perusahaan web hosting baik di Indonesia maupun luar negeri memberikan batas waktu garansi 30 hari. Di Exabytes, mereka siap memberikan garansi penuh selama 45 hari. Masa berlaku garansi yang cukup lama memungkinkan Anda untuk bisa mengajukan refund dalam hitungan waktu yang panjang.

5. Web Hosting Murah Terbaik #5

web hosting murah terbaik 5

Penyedia web hosting murah terbaik di Indonesia rekomendasi saya selanjutnya untuk Anda yang ingin membangun website maupun blog secara serius adalah Ardetamedia. Sebuah perusahaan web hosting yang memiliki komitmen tinggi untuk memberikan layanan terbaik bagi penggunanya.

Hingga artikel review web hosting ini saya tulis, sudah banyak pengguna yang saya referensikan untuk menggunakan web hosting Ardetamedia. Overall, mereka puas dengan kualitas server Ardetamedia.

  • Disk space: 1 GB / Unlimited
  • Bandwidth: Unlimited
  • Kualitas: 9.1/10
  • Fitur: 9/10
  • Garansi: 30 hari uang kembali
  • Harga mulai: Rp 16.000/bln

Kelebihan Web Hosting Ardetamedia

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki Ardetamedia yang bisa mendasari keputusan Anda untuk menggunakan web hosting mereka:

1. Performa Bagus

Secara keseluruhan performa server Ardetamedia cukup bagus. Mereka juga siap memberikan garansi uptime 99.98% dengan resiko downtime sangat rendah. Apabila kemudian Anda mendapati uptime tidak sesuai SLA, Anda berhak untuk megajukan ganti rugi.

2. Fitur Lengkap

Keunggulan berikutnya hosting situs web Ardetamedia adalah menyediakan fitur yang sangat lengkap. Berbagai macam fitur web hosting era modern bisa Anda dapatkan jika Anda memilih web hosting perusahaan dengan nama badan hukum PT. Ardetamedia Global Komputindo ini.

3. Sudah Menggunakan SSD

Solid State Drive atau SSD merupakan tipe media penyimpanan data terbaru yang dikenal memiliki tingkat kecepatan baca lebih cepat dibanding hardisk konvensional (HDD). Pengaruhnya tentu sangat baik bagi kecepatan akses website Anda. Load time website Anda menjadi lebih cepat saat diakses banyak orang dalam waktu yang bersamaan.

4. Gratis Domain

Pengguna web hosting Ardetamedia akan mendapatkan keuntungan domain gratis untuk langganan paket hosting tertentu, seperti paket IIX FREEDOM-1. Dengan mendapatkan bonus domain gratis, Anda bisa sedikit menghemat uang karena tidak perlu membeli domain secara terpisah.

5. Pelayanan Sangat Memuaskan

Dengan dukungan sumber daya manusia yang cukup, perusahaan ini menjamin kepuasan pengguna dalam hal pelayanan. Mereka menyiapkan tim support terbaik yang siap membantu klien melalui berbagai macam sarana komunikasi kapanpun klien membutuhkan dukungan teknis.

Kesimpulan

Web hosting terbaik dengan performa server yang optimal merupakan salah satu modal terpenting untuk membuat dan mengembangkan website Anda. Namun demikian, kita tidak semestinya terkendala di biaya karena tidak sedikit juga perusahaan web hosting terpercaya lokal yang menawarkan layanan web hosting murah terbaik.

Yang perlu dilakukan adalah menganalisa dan membandingkan masing-masing penyedia web hosting. Kita dapat mengenali perusahaan web hosting yang menawarkan kualitas, selanjutnya kita bisa memilih perusahaan yang menawarkan harga terbaik. Dan jika Anda belum menemukan pilihan yang tepat, Anda bisa mempertimbangkan rekomendasi perusahaan murah terbaik dalam review ini.

Leave a Comment