SnackVideo Resmi Berkolaborasi Bersama Kementerian Kelautan


Hostara.web.id – SnackVideo Resmi Berkolaborasi Bersama Kementerian Kelautan.

hostara, Jakarta – SnackVideo kini telah mengumumkan bahwa platformnya telah bekerja sama dengan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan (BPPSDM), Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam rangka mendukung UMKM lokal di sektor kelautan dan perikanan.

Dukungan kepada UMKM ini dilakukan oleh SnackVideo untuk membuat para UMKM di Indonesia bisa tersebut bertumbuh dan juga berkembang sehingga bisa menjadi yang lebih baik.

Selain itu, kolaborasi ini merupakan komitmen SnackVideo sebagai layanan media sosial berbasis video pendek untuk menjadi platform yang ideal bagi UMKM untuk melakukan pertumbuhan dan ekspansi.

BACA JUGA:

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Hostara pada Rabu (20/12/2023), penandatanganan kerja sama antara SnackVideo dan Kementerian Kelautan dan Perikanan telah berlangsung pada Jumat, 15 Desember 2023 yang diwakili oleh Yugo Prabowo, Direktur SnackVideo dan Dr. I Nyoman Radiarta, Kepala BPPSDM di Jakarta.

Dhira Bhirawa, Head of Marketing SnackVideo Indonesia mengatakan bahwa perusahaannya menyadari dukungan kepada UMKM akan semakin besar apabila dilakukan secara kolaboratif dengan pemangku kepentingan yang berhubungan, oleh sebab itu kolaborasi ini disambut baik oleh SnackVideo.

“Ketika ada peluang untuk berkolaborasi dengan BPPSDM Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk mendorong kemajuan UMKM binaan mereka, SnackVideo langsung antusias menyambutnya dengan baik,” ungkap Bhirawa.

“Kolaborasi ini kami lakukan setelah melihat persamaan visi dan misi antara SnackVideo dan Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam memajukan UMKM di Indonesia. Melalui kerjasama ini, kami juga akan memberikan dukung yang dapat meningkatkan wawasan dan kemampuan para pelaku UMKM binaan BPPSDM-KKP,” tambahnya.

Bagi yang belum tahu, salah satu kebijakan Pemerintah Indonesia dalam mendukung UMKM lokal adalah digitaliasasi UMKM, karena ini dapat meningkatkan efisiensi operasional, meningkatkan produktivitas, memperluas jangkauan pasar, serta meningkatkan daya saing.

See also  Fungsi Floem Adalah Sebagai Alat Pengangkut

Pemerintah sendiri memiliki target sebanyak 40 juta UMKM yang terdigitalisasi pada 2024 mendatang. Sementara itu, Kementerian Kelautan dan Perikanan juga memiliki 6 strategi untuk mewujudkan hal tersebut, salah satunya adalah pelatihan digital marketing.

Kepala BPPSDM, I Nyoman Radiarta menjelaskan bahwa BPPSDM telah menyelenggarakan kegiatan pendidikan, pelatihan, dan penyuluhan bagi masyrakat yang memiliki kelompok usaha perikanan.

“Kami memiliki banyak kelompok usaha perikanan yang kami latih dan didampingi oleh para penyeluruh perikanan. Selain itu, terdapat juga mitra kami di Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan atau P2MKP. Kelompok ini menjadi sasaran untuk kerja sama ke depannya,” ujar I Nyoman.

“Saya berharap penandatanganan kerja sama ini tidak hanya menjadi dokumen saja untuk memenuhi IKU atau KPI saja, tapi benar-benar dapat diimplementasikan secara nyata untuk pengembangan SDM, khususnya bagi masyarakat pelaku usaha, seperti nelayan, pembudidaya, pengolah, dan pemasar ikan, serta petambak garam,” tambah I Nyoman.

Bukan sebuah rahasia lagi bahwa  digitalisasi merupakan langkah penting untuk mendorong UMKM agar dapat naik kelas. Hasilnya telah terlihat dari UMKM binaan KKP yang rutin mengikuti pelatihan digital marketing, usaha mereka berkembang pesat setelah produk-produknya tak hanya dipromosikan dan dipasarkan secara offline, tapi juga online.

Melalui kolaborasi antara BPPSDM-KKP dan SnackVideo mengenai pemanfaatan media sosial untuk promosi usaha, diharapkan akan menambah pengetahuan dan keahlian dari para pelaku UMKM perikanan berkaitan dengan digital marketing.

Kerja sama yang dilakukan antara SnackVideo dan BPPSDM-KKP akan berlangsung sepanjang 2024. Cakupan kerja sama yang dilakukan berupa pelatihan dan bimbingan oleh SnackVideo untuk para pelaku UMKM binaan BPPSDM-KKP dalam pemanfaatan media sosial berbasis video pendek. 

Dalam pelatihan ini, SnackVideo akan berbagi tips beserta trik membuat konten video pendek yang kreatif dan juga informatif, sehingga lebih banyak pengguna SnackVideo yang tertarik untuk menontonnya. 

See also  Pengumuman Hasil Seleksi PPPK Kesehatan Kementerian Perdagangan 2022

BACA JUGA:

Dukungan juga diberikan dengan memverifikasi akun milik KKP di SnackVideo serta melakukan penayangan konten-konten video pendek milik KKP berdasarkan demografi yang sesuai agar dapat menjangkau audiens dengan tepat.


Thanks for reading SnackVideo Resmi Berkolaborasi Bersama Kementerian Kelautan.

Leave a Comment