Review Seagate Ultra Touch HDD: Desainnya Simple dan Ringkas


Hostara.web.id – Review Seagate Ultra Touch HDD: Desainnya Simple dan Ringkas.

hostara, Jakarta – Penyimpanan olline, dalam hal ini melalui layanan cloud, seperti telah menjadi hal yang lumrah saat ini. Meski begitu, bukan berarti produk penyimpanan fisik (HDD) menjadi sesuatu yang usang. Seagate, paling tidak, menjadi salah satu perusahaan yang meyakini hal itu, dengan kembali memperkenalkan HDD teranyarnya. Dipanggil Seagate Ultra Touch HDD, sehebat apa kemampuan produk penyimanan fisik besutan Seagate ini?

Saat ini, penyimpanan pada umumnya sudah mulai beralih dari HDD ke SSD, karena kecepatan membaca data yang lebih cepat. Meski begitu, HDD atau hard disk masih tetap menjadi pilihan para pengguna untuk penyimpanan berbagai data.

Seagate disini menghadirkan Ultra Touch HDD dengan konsep peduli lingkungan. Bisa dilihat dari desainnya, dimana ini menggunakan plastik daur ulang. Untuk kemasan pun dikatakan menggunakan bahan yang sama demi memastikan konsep keberlanjutan.

Tetapi, bagaimana dengan performa dan pengalaman selama menggunakan hard disk external ini? Yuk simak review Seagate Ultra Touch HDD dari tim hostara, berikut ini sob!

BACA JUGA:

Desain Seagate Ultra Touch HDD

Review Seagate Ultra Touch HDD

Seagate Ultra Touch HDD yang masuk ke markas Hostara merupakan varian warna abu-abu dengan aksen logo Seagate berwarna hijau. Sekilas, produk penyimpanan ini seolah memiliki bahan karet, meskipun kenyataannya tidak. Ini justru sangat terasa seperti material plastik.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, hard disk eksternal ini datang dengan bahan daur ulang. Lebih tepatnya sekitar 30% bahan daur ulang post-consumer, sedangkan kemasannya terbuat dari 100% bahan daur ulang dan disarankan untuk memanfaatkan ulang bahan tersebut.

Hard disk Seagate ini memiliki ukuran 115,3 x 80 x 23,1 mm dengan bobot sebesar 267g. Kombinasi berat dan ukuran ini membuatnya terasa ringan, hingga akhirnya sangat mudah dibawa kemana-mana. 

See also  10 Arti Mimpi Gigi Bawah Copot, Benarkah Berarti Kematian?

Secara desain, hard disk ini terbilang simple, karena tidak memiliki aksen desain atau pun tambahan garis lainnya. Hanya ada logo Seagate berwarna hijau di bagian atas dengan bentuk kotak. Warna abu-abu di permukaan pun polos, namun di bagian sisi terlihat ini seperti bahan plastik daur ulang, yang mungkin 30% bahan daur ulang hanya berada di sisi-sisinya saja.

Review Seagate Ultra Touch HDD

Di bagian atas terdapat port USB Type-C, berdampingan dengan indikator LED yang aktif pada saat penyimpanan terhubung ke berbagai perangkat. Di paket pembelian, kita juga sudah mendapatkan kabel USB Type-C to Type-C.

Secara keseluruhan bagian desain dari Seagate Ultra Touch HDD ini terbilang cukup ergonomis. Mudah untuk membawanya kemana-mana, sehingga siapapun yang memiliki mobilitas tinggi tidak akan punya ruang untuk mengeluh. Ukurannya ringkas, dan ringan.

Kami berharap lebih pada desainnya. Seandainya saja keseluruhan bodi menggunakan bahan daur ulang, sepertinya akan terlihat lebih menarik. Ketimbang hanya berkutat di bagian sisi, yang membuatnya tidak terlalu istimewa.

Performa Seagate Ultra Touch HDD

Review Seagate Ultra Touch HDD

Lanjut ke bagian performa. Salah satu bagian yang penting dari sebuah hard disk selain untuk menyimpan data adalah kemampuan pada saat mengirim data dari penyimpanan ke perangkat seperti laptop atau PC.

BACA JUGA:

Seagate Ultra Touch HDD yang kami review kebetulan merupakan varian 4TB dengan ukuran penyimpanan aktual 3,6TB. Dari segi kapasitas, ini cukup besar, khususnya untuk pemakaian kasual. Bahkan para pekerja seperti fotografer atau konten kreator, juga akan terpuaskan dengan ukuran sebesar itu.

Review Seagate Ultra Touch HDD

Untuk mengetahui performa kemampuan dari perangkat ini, kami mengujinya dengan melakukan melakukan penyalinan data sebesar 7,26GB dari laptop ke hard disk. Hasilnya, butuh waktu sekitar 1 menit 15 hostara, untuk mengangkut semua data. Tampaknya kemampuan menyalin data yang cepat ini juga dikarenakan adanya USB 3.0.

See also  Moto G73 dan G53 Rilis, dengan Layar 120Hz dan Kamera 50MP

Untuk ukuran dokumen sebesar 7GB, ini terbilang waktu yang cukup singkat. Sayangnya kecepatan penyimpanan dari hard disk ini tidak terlalu stabil. Kita bisa melihat dari tabel grafik kecepatan penyimpanan di bawah ini. Untuk kecepatan meng-copy data juga berada di angka 79,0MB per hostara.

Namun untuk lebih memperjelas, kami mencoba melakukan pengujian melalui aplikasi CrystalDiskMark. Berikut hasilnya!

Review Seagate Ultra Touch HDD: Desainnya Simple dan Ringkas 10

Dari pengujian CrystalDiskMark terlihat bahwa kemampuan membaca hard drive ini paling tinggi berada di 155MB/s, dan menulis data di angka 144,19MB/s. Dari sini, terbilang hard disk memiliki performa yang bisa diandalkan.

Secara keseluruhan, di bagian performa ini sebenarnya kami tidak terlalu berharap banyak. Namun Seagate Ultra Touch HDD terbilang mampu memberikan kecepatan menyalin data yang cukup baik, karena penyalinan data tidak terlalu stabil.

Fitur Seagate Ultra Touch HDD

Review Seagate Ultra Touch HDD: Desainnya Simple dan Ringkas 12

Saat pertama kali melakukan review terhadap Seagate Ultra Touch HDD, kami langsung menghubungkannya ke laptop berbasis Windows dan membuka directory HDD di WIndows Explorer. Disini terdapat aplikasi bawaan yang menawarkan berbagai fitur, namanya Toolkit.

Selain di Windows, di dalam hard disk ini juga terdapat file instalasi untuk perangkat berbasis MacOS atau ChromeOS. Ini tentu akan sangat membantu pengguna saat mengunakan perangkat yang berbeda. Tetapi file tersebut akan mengantarkan kita ke link unduhan, sehingga kita harus mendownload terlebih dahulu. Ukuran file juga tidak terlalu besar hanya 4,7MB saja.

Setelah melakukan instalasi aplikasi tersebut, kita akan langsung melihat berbagai fitur yang tersedia di penyimpanan ini. Fiturnya juga termasuk cukup oke, mulai dari adanya fitur mirroring file, backup data, restore file, hingga Seagate Secure.

Seagate Secure sendiri merupakan fitur keamanan yang dibuat untuk mengunci hard disk, sehingga pengguna bisa merasa lebih aman saat bepergian membawa perangkat ini. Pasalnya, data di dalamnya sudah terkunci melalui Seagate Secure. Dan akan tetap terkunci dan meminta instalasi aplikasi tersebut, jika perangkat yang terhubung tidak memiliki aplikasi Toolkit HDD. Setelah itu, pengguna baru bisa menginput password.

See also  Arti, Makna dan Sejarah Kode 1312 ACAB yang Viral di TikTok, Ditemukan di Stadion Kanjuruhan Malang

Dari segi fitur, HDD Seagate ini bisa dikatakan lebih dari cukup, dengan berbagai fitur standar hard disk sudah tersedia didalamnya. Pengguna juga tidak perlu khawatir soal keamanan data, karena selagi mengaktifkan password di fitur Seagate Secure, bisa dipastikan data akan aman.

Kesimpulan

Review Seagate Ultra Touch HDD

Sebagai produk penyimpanan, Seagate Ultra Touch HDD tak hanya mampu menawarkan desain simple yang ramah lingkungan, ataupun form-factor yang ringkas sehingga mudah dibawa kemana-mana, ini juga terbilang oke secara performa. Pengguna sudah mendapatkan berbagai fitur mulai dari mirroring file, backup data, restore file, hingga fitur keamanan Seagate Secure di berbagai sistem operasi.

Namun, ada beberapa hal yang masih harus diperhatikan dari perangkat penyimpanan ini. Salah satunya dari segi kecepatan, dimana meskipun terbilang cepat, namun pada saat menyalin data tidak terlalu stabil, utamanya saat berada di kecepatan tertinggi. Untuk mensiasati hal ini, sebagian pengguna wajib menyimpan data setiap saat.

Well, lengkap sudah review Seagate Ultra Touch HDD dari kami. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat bagi sobat Hostara yang sedang mencari produk penyimpanan fisik baru. Terlebih jika Anda termasuk orang yang sangat memerhatikan lingkungan. Yes,HDD buatan Seagate ini terbuat dari bahan daur ulang.

Seagate Ultra Touch HDD dengan kapasitas 4TB dijual dengan harga Rp2.445.000; varian 2TB dijual dengan harga Rp1.765.000; sedangkan varian tertingginya 5TB dijual seharga Rp2.905.000 di berbagai toko resmi, baik itu offline store maupun online store. [FY/IF]


Thanks for reading Review Seagate Ultra Touch HDD: Desainnya Simple dan Ringkas.

Leave a Comment