Perlengkapan Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3) Untuk Kantor


Hostara.web.id – Perlengkapan Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3) Untuk Kantor.

Memastikan semua karyawan atau pekerja dalam kondisi aman merupakan tanggung jawab perusahaan. Salah satu upaya untuk mewujudkan hal ini adalah dengan menyediakan Perlengkapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Kantor. Peralatan atau perlengkapan K3 ini sangat penting dalam sistem manajemen keselamatan kerja.

Perlengkapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja untuk kantor sendiri terdiri dari beberapa alat. Tentu saja setiap alat memiliki fungsinya masing masing sesuai dengan kebutuhan. Berikut adalah daftar alat Keselamatan dan Kesehatan dan fungsinya.

Perlengkapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja k3

1. Kotak P3K

Perlengkapan pertama yang harus perusahaan sediakan adalah kotak P3K. Biasanya kotak ini berisikan obat-obatan untuk memberikan pertolongan pertama ketika ada karyawan atau pekerja yang mengalami kecelakan di tempat kerja. Kotak P3K sendiri biasanya memiliki isi sebagai berikut.

  • Kain Kasa
  • Perban
  • Kapas
  • Alkohol 70%
  • Masker medis
  • Kapas
  • Gunting
  • Povidone Iodine
  • Plester
  • Sarung tangan Lateks
  • Obat nyeri
  • Cairan pembersih luka
  • Thermometer
  • Obat Pereda alergi

2. Masker

Masker adalah peralatan keamanan kerja yang dapat melindungi seseorang dari asap dan bau berbahan kimia. Selain itu, masker juga memiliki kemampuan untuk melindungi seseorang dari penyebaran virus melalui udara.

3. APAR

APAR atau ALAT Pemadam Api Ringan merupakan salah satu perlengkapan keamanan kantor yang cukup penting saat ini. Fungsi dari APAR Sendiri adalah memadamkan api ringan sehingga mencegah atau meminimalisir terjadinya kebakaran dalam skala besar.

See also  7 Gambar Denah Instalasi Listrik Rumah untuk Berbagai Tipe Hunian

4. Detektor

Detektor merupakan alat keamanan kantor yang mampu mendeteksi adanya potensi kecelakaan, cara kerjanya mirip alarm. Biasanya apabila ada aktivitas mencurigakan, detector akan memberikan sinyal bunyi contohnya seperti detektor asap. Ketika alat ini mendeteksi adanya potensi kebakaran maka sound level meter dan tingkat kebisingannya meningkat menjadi lebih keras.

5. Rompi Safety

Rompi Safety adalah perlengkapan keamanan yang sudah didesain khusus dengan tambahan material reflector. Fungsi dari reflektor sendiri adalah memantulkan cahaya sehingga pengguna rompi dapat orang kenali ketika dalam kondisi gelap. Umumnya para pekerja di dunia konstruksi dan operator pertambangan menggunakan perlengkapan ini dalam bekerja.

6. Safety Shoes

Melindungi kaki ketika bekerja juga merupakan hal penting. Safety Shoes menjadi jawaban atas hal ini karena bisa melindungi para pekerja dari beberapa benda tajam, bahan kimia dan lainnya. Terdapat juga beberapa safety shoes dengan material tambahan seperti anti listrik ataupun anti panas.

7. Safety Helmet

Safety Helmet menjadi salah satu peralatan keamanan kantor yang juga penting karena berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan. Helm ini juga melindungi para pekerja konstruksi umumnya dari hal lain yang membahayakan kepala.

8. Safety Belt

Safety Belt merupakan perlengkapan keamanan kantor yang bisa melindungi penggunaan untuk menjaga kesimabangan sehingga tidak jatuh dari ketinggian. Tentu saja kehadirannya sangat penting untuk para pekerja yang bekerja di industri konstruksi.

9. Sarung Tangan

Sarung tangan juga menjadi elemen penting sebagai alat keamanan kantor. Untuk melindungi tangan dari benda tajam dan juga larutan berbahan kimia, perlengkapan ini sangat dibutuhkan. Terdapat beberapa jenis sarung tangan sebagai berikut.

  • Sarung tangan kulit
  • Sarung tangan berbahan katun
  • Sarungan tangan khusus untuk pekerjaan tertentu
  • Sarung tangan karet
See also  Huawei menerima paten untuk smartwatch gaming

10. Ear Muffs dan Ear Plug

Untuk beberapa pekerjaan earmuff penutup telinga dan ear plug penyumbat telinga juga menjadi salah satu peralatan keamanan kantor yang sangat penting. Kedua perlengkapan keamanan kantor ini berguna untuk menangkal gangguan kesehatan telinga ketika bekerja di tempat tertentu.

11. Coverall atau Wearpack

Perlengkapan keamanan selanjutnya adalah coverall atau wearpack. Wearpack merupakan pakaian pelindung diri yang didesain hampir seluruh tubuh dari leher sampai dengan mata. Fungsinya adalah melindungi tubuh secara keseluruhan dari berbagai kondisi seperti percikan api, panas, dan minyak.

Perlengkapan ini biasanya orang gunakan di industri pekerja dengan resiko tinggi seperti pemadam kebakaran, mekanik bengkel sampai dengan pekerja tambang. Kemampuannya dalam melindungi tubuh sangat efektif.

12. Pelindung Wajah

Peralatan keamanan kantor selanjutnya yang tidak kalah pentingnya adalah pelindung wajah atau face shield. Pelindung wajah ini juga sangat efektif untuk melindungi dari percikan api saat mengelas misalnya. Proses pengelasan biasanya akan menimbulkan banyak percikan api. Kehadiran face shield menjadi alat penting dalam hal ini.

Bhinneka: Solusi Pengadaan Alat Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Anda butuh pengadaan perlengkapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja untuk kantor Anda? Bhinneka melayani berbagai macam sewa alat kerja melalui online. Kami siap berikan harga dan layanan terbaik untuk apapun yang Anda butuhkan. Segera kunjungi halaman Alat K3 terbaru atau hubungi tim sales kami di:

Telp : (021) 2929-2828
Wa : 0821-1252-9122
Email : Corporate@hostara


Thanks for reading Perlengkapan Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3) Untuk Kantor.

Leave a Comment