Performa Ngegas Asik Buat Gaming


Hostara.web.id – Performa Ngegas Asik Buat Gaming.

hostara Poco F Series merupakan salah satu HP yang bisa dibilang paling banyak dicari di pasar Indonesia, alasan utamanya adalah ponsel ini menggunakan chipset yang biasa digunakan di ponsel premium, dan di tahun ini Poco F5 adalah pengisi line up tersebut, dan tentunya menawarkan hal yang sama.

Menjadi flagship killer, tentunya Poco F5 harus memenuhi salah satu syaratnya, yakni menggunakan chipset high-end, di seri ini Poco memakai chip Snapdragon 7+ Gen 2, memang ini agak sedikit berbeda, karena sebelumnya Poco F4 menggunakan chip Snapdragon 8 Series, tepatnya Snapdragon 870.

Dengan ditenagai Snapdragon 7+ Gen2, Poco F5 menjadi satu-satunya ponsel yang menawarkan chip tersebut di Indonesia secara resmi.

Meski begitu, tentunya ada berbagai pertimbangan sebelum memutuskan menggunakan ponsel ini, mau tahu apa saja? yuk simak review Poco F5 dari kami,sob!

BACA JUGA:

Desain Poco F5

Review Poco F5

Di bagian desain, Poco F5 yang kami review ini merupakan varian warna Black, yang menurut saya pribadi terasa biasa saja dibandingkan 2 varian lainnya, Blue dan White yang terlihat lebih menarik. Sebagai gambaran varian warna White memiliki corak ala-ala salju, dan warna Blue memiliki nuansa berbeda. Sementara itu, varian Black terasa biasa saja, dengan desain simple.

Selain terasa simple, bagian belakangnya juga tidak terasa solid, seperti bisa ditekan-tekan. Ini memang tidak mengganggu dari segi ergonomis, namun ini agak terasa seperti ada yang kosong di bagian belakangnya.

Secera keseluruhan material HP ini menggunakan frame plastik dan bagian belakang plastik, sehingga saat digenggam menurut saya termasuk enteng, tidak bikin pegal di tangan saat bermain game di HP ini dalam waktu lama. Ponsel ini memiliki bobot 181g dengan ukuran 161.1 x 75 x 7.9 mm.

Namun, jika berbicara kelengkapan port Poco F5 ini memiliki port yang cukup lengkap untuk menunjang penggunaan sehari-hari.

Di bagian kanan terdapat tombol power sekaligus tempat fingerprint scanner, dan tombol volume, di bagian atas terdapat IR blaster, lubang speaker dan mikrofon, port jack 3.5mm, di bagian kirinya polos, dan di bagian bawah terdapat port USB Type-C, slot SIM Card saja tanpa ada MicroSD, lubang speaker dan mikrofon. 

Selain itu, HP Poco terbaru ini memiliki sertifikasi IP53, yang membuatnya tahan cipratan air dan juga debu. Dengan adanya sertifikasi ini tentunya membuat penggunaan di berbagai kondisi masih cukup aman, walaupun HP ini tidak bisa diajak berendam.

Untuk desainnya bisa dibilang terasa biasa saja tidak ada yang menarik dari segi tampilan untuk varian warna hitam, mungkin jika mendapatkan yang tampilan berbeda, saran saya pilih warna Blue atau Putih. Tetapi, jika berbicara fitur dan kelengkapan port bagian desain ini termasuk bagus dan cukup lengkap. 

Layar dan Audio Poco F5

Review Poco F5

Poco F5 yang kami review menawarkan spesifikasi layar AMOLED berukuran 6,67 inci beresolusi Full HD+. Layarnya mendukung refresh rate adaptif 120Hz, kecerahan hingga 1.000nits, Dolby Vision dan HDR 10+

Selama digunakan sehari-hari, layarnya memang mampu memberikan warna khas AMOLED yang gonjreng, atau dengan kata lain warna di layar memiliki karakter vivid sehingga konten yang ditampilkan terlihat nyaman di pandang. Terlebih lagi bezel layar ini juga tipis, berkat teknologi yang disebut Poco bernama Flow AMOLED.

Review Poco F5

Dengan kemampuan refresh rate tinggi di 120Hz dan ini bersifat adaptif, tentunya juga menambah kenyamanan saat penggunaan, mulai dari scrolling, mengetik, hingga dipakai untuk bermain game, karena layarnya responsif, apalagi chipnya juga kencang. Ini membuat nyaman dipakai saat bermain game kompetitif, misalnya Mobile Legends yang sudah mendukung FPS ultra.

See also  Performa Dimensity 9300 Lebih Kencang Dari Snapdragon 8 Gen 3

Lanjut ke pengalaman saat dipakai menonton video di YouTube hingga marathon drakor di berbagai layanan streaming. Karena, layarnya gonjreng dan berukuran lega ini selama dipakai menonton saya terasa cukup nyaman dan tidak membuat mata sakit saat dipakai berjam-jam.

Review Poco F5

Di balik segala kelebihan layarnya, ada yang perlu menjadi catatan, yaitu pada saat dipakai di luar ruangan alias outdoor, tingkat kecerahannya kurang memumpuni. Layar terasa cukup redup sehingga konten yang ditampilkan layar sulit untuk dilihat, padahal saya sudah mengatur kecerahan di paling tinggi, tetapi tetap saja kecerahan masih kurang maksimal.

Performa Ngegas Asik Buat Gaming 22

Selain itu, layar AMOLED di HP 5G terbaru ini memang memiliki fitur AOD (Always-on Display), tapi sayangnya fitur ini hanya bisa aktif selama 10 hostara saja, ini tentu waktu yang sangat singkat.

Lanjut ke bagian audio, ponsel ini memiliki stereo speaker, di bagian atas dan bawahnya seperti yang saya singgung di bagian desain. Lubang di atas memang berukuran kecil, dan ya hasilnya suara di speaker atas lebih kecil dibandingkan speaker di utama di bagian bawahnya. Untuk kualitas suaranya memang terasa cukup menggelegar dengan clarity, dan saat dalam volume full juga tidak ada distort. Hanya saja bass terasa kurang oke.

Performa Poco F5

Review Poco F5

Salah satu bagian yang paling esensial dari Poco F5 adalah performa, bahkan saya bisa menyebutnya sepengelaman review, HP ini termasuk HP gaming walaupun secara desain tidak menampilkan sisi gaming, tapi tetap saja performa yang ditawarkan sangat memuaskan dan ini sesuai dengan ekspektasi saya.

Secara spesifikasi HP Poco gaming ini diotaki Snapdragon 7 Plus Gen 2 seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Chip Chipset gahar tersebut disandingkan dengan RAM hingga 12GB dan penyimpanan berukuran hingga 256GB. Untuk varian yang kami review merupakan model tertinggi dengan RAM 12GB dan penyimpanan 256GB.

Selama dipakai sehari-hari, saya tidak merasa ada lag atau hang, perpindahan antar aplikasi terasa smooth, membuka aplikasi juga cukup cepat, dan dipakai membuka aplikasi dalam jumlah banyak tidak ada ngadat sama sekali. Oleh sebab itu, multitasking melakukan pekerjaan seperti mengetik artikel di ponsel ini terasa nyaman, dipakai untuk editing foto di Canva juga cepat.

Kalau berbicara gaming, tampaknya juga tidak perlu diragukan lagi performa dari Snapdragon 7+ Gen 2. Diajak main game berat sekelas Genshin Impact di settingan grafis Highest dengan 60FPS terbilang lancar, kalau dipakai main PUBG Mobile settingan nyamannya di Smooth 90FPS, namun kalau kalian mau mendapatkan gambar yang lebih baik bisa mengatur di settingan Ultra HDR dengan FPS Extreme. Lanjut ke game Mobile Legends, sudah terbuka juga pengaturan grafis dan FPS Ultra, jadi tidak perlu diragukan lagi.

Agar lebih afdol, saya juga menjajal HP ini di berbagai pengujian sintetis, berikut hasilnya.

AnTuTu Benchmark

Performa Ngegas Asik Buat Gaming 24

Poco F5 dalam pengujian AnTuTu Benchmark V.10 berhasil mendapatkan skor 1.094.432. Skor ini terbilang cukup tinggi, apalagi di kelas harganya. Namun, ini sesuai dengan pengalaman penggunaan yang memiliki performa memuaskan untuk segala kebutuhan saya.

PCMark

Performa Ngegas Asik Buat Gaming 26

Untuk pengujian PCMark Work 3.0 Perfomance, ponsel ini berhasil mendapatkan skor 11.156 poin, ini sesuai dengan pengalaman penggunaannya untuk melakukan berbagai pekerjaaan sehari-hari.

Geekbench

Performa Ngegas Asik Buat Gaming 28

Dalam pengujian Geekbench 6, Poco F5 berhasil mendapatkan skor single-core 1589 poin dan skor multi-core 3777 poin, dari skor ini pun terlihat bahwa CPU dari HP ini termasuk memiliki performa yang kencang.

See also  New Razer Laptop Gaming Tipis Berbasis Intel CoffeeLake

3DMark

Dalam melakukan pengujian 3DMark di Poco F5, kami melakukan beberapa skenario pengujian, berikut detailnya:

  • Wild Life Extreme Stress Test: skor tertinggi 1891 dengan tingkat ketabilan 76,3%
  • Wild Life Extreme: skor rata-rata 1.599 poin dengan rata-rata 9.58FPS
  • Wild Life: skor rata-rata 6.311 poin dengan rata-rata 37.80FPS
  • Wild Life Stress Test: skor tertinggi 6.333 dengan tingkat ketabilan 67,2%

Dari pengujian ini, Poco F5 bisa dikatakan memiliki performa yang memumpuni, tapi sayangnya tingkat kestabilannya termasuk cukup oke saja, bukan yang paling baik.

Kesimpulannya, performa Poco F5 ini termasuk sangat baik untuk dipakai berbagai macam kebutuhan para penggunanya, baik itu yang enteng-enteng saja seperti membuka media sosial atau sekadar mengetik di Gdocs, hingga dipakai main Genshin Impact

Kamera Poco F5

Review Poco F5

Sektor fotografi smartphone Poco terbaru ini mengandalkan pengaturan 3 kamera yang terdiri dari kamera utama 108MP, kamera ultrawide 8MP, dan kamera makro 2MP. Di bagian depannya, ada kamera selfie 16MP. Kamera belakangnya mendukung perekaman video hingga resolusi 4K 30FPS, sedangkan kamera depannya hanya mendukung sampai resolusi Full HD 60FPS saja.

Dari pengaturan kamera tersebut, HP Poco kamera terbaik termasuk menawarkan pengaturan kamera yang lengkap yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan fotografi para penggunanya.

Untuk kamera utamanya, terbilang memumpuni di saat kondisi cukup cahaya atau pun saat lowlight. Hasil gambarnya khas Poco dengan tingkat sharpening yang cukup tinggi sehingga hasil foto terlihat detail dan untuk warnanya juga memiliki saturasi yang pas tidak terlalu rendah, tidak gonjreng. Dynamic range dari foto yang dihasilkan juga cukup oke saja, bukan yang terbaik di kelasnya. 

IMG_20231206_100855

Hasil foto kamera utama

IMG_20231206_101616

Hasil foto kamera utama

IMG_20231206_100800

Hasil foto kamera utama

IMG_20231206_100808

Hasil foto kamera utama

IMG_20231205_153504

Hasil foto kamera utama

IMG_20231205_153613

Hasil foto kamera utama

IMG_20231201_150758

Hasil foto kamera utama

IMG_20231203_210232

Hasil foto kamera utama

Saat dipakai foto di malam hari, saran saya harus selalu mengaktifkan night mode untuk meningkatkan beberapa objek yang terlihat cukup gelap saat di mode auto. Jika di mode auto hasil foto malam tergolong biasa saja, dengan detail yang sudah menurun.

IMG_20231203_193702

Kamera utama mode auto

IMG_20231203_193722

Kamera utama mode auto

IMG_20231203_193748

Kamera utama mode auto

IMG_20231203_212415

Kamera utama mode malam

IMG_20231201_192158

Kamera utama mode malam

Kamera ultrawidenya jika dipakai di kondisi cukup cahaya masih bisa diandalkan untuk menangkap objek dengan sudut panjang yang lebih luas dibandingkan menggunakan kamera utama, namun jika dipakai dalam kondisi lowlight hasilnya cukup oke saja, karena detail mulai hilang dan noise cukup terasa.

IMG_20231206_100802

Hasil foto kamera ultrawide

 

IMG_20231206_100857

Hasil foto kamera ultrawide

IMG_20231207_125257

Hasil foto kamera ultrawide

IMG_20231205_153508

Hasil foto kamera ultrawide

IMG_20231201_192155

Hasil foto kamera ultrawide

IMG_20231201_192149

Hasil foto kamera ultrawide

IMG_20231203_193740

Hasil foto kamera ultrawide

Di sektor perekaman video, kamera utama terbilang cukup bagus untuk dimanfaatkan membuat konten hasil warnanya termasuk natural dan dynamic range juga oke, videonya juga memiliki stabilitas baik karena sudah memiliki OIS. Saat dimalam hari hasilnya memang tidak sebaik saat di siang hari, namun video masih cukup oke untuk membagikan momen.

Hasil video kamera utama

Lanjut di kamera depan, sama seperti kamera belakangnya hasil di siang hari memiliki detail yang baik dan karakter warna yang natural, sayangnya untuk pembuatan tidak tersedia opsi stabilitas jadi untuk mendapatkan hasil yang baik saran saya bisa memanfaatkan tripod atau aksesoris sejenis. Secara keseluruhan hasil foto dan videonya termasuk cukup oke saja.

IMG_20231213_114807

Hasil foto kamera selfie

IMG_20231202_011222

Hasil foto kamera selfie

Hasil video kamera depan

Kamera Poco F5 ini memang memiliki pengaturan kamera yang dan hasil memumpuni, baik itu kamera atau pun video. Hanya saja saat dipakai membuat konten di malam hari tidak sebagus di siang hari, bisa dibilang hasilnya sangat tidak seimbang.

See also  Vip Hack Account SH Apk FF Download Hacker Akun Free Fire 2021

Baterai Poco F5

Review Poco F5

Perangkat ini dikemas dengan baterai 5.000mAh dengan dukungan fast charging hingga 67W. Dengan baterai yang terbilang cukup besar, awalnya saya berharap ponsel ini bisa bertahan seharian dari pagi sampai malam.

Sayangnya saat dipakai selama sehari-hari dengan intensitas tinggi, Poco F5 hanya bertahan dari jam 9 pagi di 100% dan tersisa 24% di jam 5 sore, dalam skenario penggunaan ini pun saya tidak memainkan game sama sekali, hanya dipakai untuk mendengar lagu, mengetik di Gdocs, medsos, dan browser. Bisa dibilang daya tahan baterainya termasuk boros.

Performa Ngegas Asik Buat Gaming 30

Untuk lebih jelasnya, saya mencoba melakukan pengujian Work 3.0 Battery Life, dan ya sesuai dengan pengalaman saya memakai HP ini selama seharian. Hasil dari pengujian hanya berhasil mendapatkan waktu yang tidak memuaskan di 9 jam 21 menit saja.

Namun, tampaknya Poco juga sadar bahwa baterai ponsel ini terbilang boros, untuk mengatasi hal tersebut, ponsel ini dibekali pengisian daya yang termasuk cepat. Dari 19% untuk mencapai 100% hanya memakan waktu sekitar 50 menitan saja.

Selain itu, HP ini juga sudah mendapatkan adapter charger 67W beserta kabel USB Type-C, jadi para pengguna tidak usah khawatir mengenai ketersediaan charger. 

Sistem Operasi Poco F5

Review Poco F5

Poco F5 yang kami review ini menjalankan sistem operasi Android 13 yang dibalut MIUI 14. Security Patch-nya diperbarui hingga 1 Oktober 2023.

Untuk pengalaman penggunaan, saya rasa bagi yang sudah akrab dengan MIUI tentu terasa nyaman. Saya sendiri tidak memiliki keluhan yang cukup berat, sistem antarmuka terasa mulus. Yang perlu jadi catatan tentunya iklan di aplikasi bawaan dan bloatware saat pertama kali menggunakan.

Tidak perlu khawatir juga dengan hal tersebut, karena seiring berjalannya waktu hal tersebut tidak terasa mengganggu dan berbagai bloatwarenya bisa dihapus.

Kesimpulan

Review Poco F5

Poco F5 ini bisa dibilang ponsel yang menawarkan performa kencang alias HP gaming dengan tampilan ponsel seperti pada umumnya. Pokoknya, untuk performa bisa kami jamin ponsel ini sangat bisa diandalkan baik itu untuk menjalankan pekerjaan ringan atau pun pekerjaan berat. Layarnya juga memiliki kualitas warna yang oke dan kecepatan refresh yang tinggi, sehingga mampu menunjang performanya. Selain itu, pengisian dayanya juga termasuk cepat.

Namun, ada beberapa hal yang perlu jadi catatan selama menggunakan Poco F5, yakni baterainya termasuk boros untuk dipakai harian, jadinya pengguna harus bersiap-siap sering mengisi daya, apalagi jika dipakai untuk gaming. Di bagian layarnya juga terasa redup saat dipakai di siang hari atau kondisi outdoor, yang mana ini cukup menyulitkan bagi seseorang yang sering bekerja di lokasi outdoor.

Sementara itu, untuk menunjang pembuatan konten para penggunanya, terbilang cukup baik saat dipakai di siang hari atau kondisi cukup cahaya, namun saat kondisi lowlight pengguna perlu menyiapkan sedikit beberapa cara agar hasil foto dan video maksimal.

Terlepas dari segala kelebihan dan kekurangannya, bisa disimpulkan bahwa Poco F5 sangat cocok bagi pengguna yang berorientasi pada performa kencang dan mengandalkan HP-nya untuk push rank di berbagai game.

Saat ini, Poco F5 dijual secara online dengan harga harga Rp 5.499.000 di untuk model RAM 8GB dan penyimpanan 256GB, sedangkan varian tertinggi model RAM 12GB dan internal storage 256GB dibanderol dengan harga Rp 4.999.000.

Well, itu tadi review Poco F5 dari tim Hostara, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kalian dan bisa menjadi acuan saat mencari HP baru, sob!


Thanks for reading Performa Ngegas Asik Buat Gaming.

Leave a Comment