Penyebab AC Tidak Dingin. Mulai Freon Habis Hingga Salah Ukuran


Hostara.web.id – Penyebab AC Tidak Dingin. Mulai Freon Habis Hingga Salah Ukuran.

Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab AC tidak dingin. AC ruangan dan kamar terasa panas dan hanya keluar angin saja seringkali kita alami. Padahal temperatur suhu sudah diatur ke suhu terendah dan kipas sudah dinyalakan paling kencang.

Hal tersebut tentu seringkali membuat kita kesal, terutama bila cuaca sedang panas. AC tidak dingin juga membuat seseorang menjadi tidak nyaman saat hendak tidur. Perlu diketahui ada banyak hal yang dapat menjadi masalah dan menyebabkan AC tidak dapat berfungsi dengan optimal. Pada artikel ini akan dibahas apa saja yang dapat menjadi penyebab AC tidak dingin.

Mengenal AC Split

AC Split adalah salah satu jenis AC yang sering ditemukan dan banyak digunakan di rumah maupun ruko atau perkantoran ukuran kecil. Sesuai dengan namanya, AC Split terdiri dari 2 komponen utama yang terpisah, yaitu:

  • Unit pendingin yang dipasang di dalam ruangan
  • Unit berbentuk kipas untuk pembuang panas yang berada di luar ruangan

Kedua unit ini terhubung dengan selang atau pipa. AC jenis split ini banyak digunakan terutama di rumah karena harganya yang lebih murah serta perawatan yang juga cukup mudah. Perlu Anda ketahui juga, AC Split sendiri terbagi menjadi beberapa macam, antara lain:

  1. AC Low Watt
  2. AC Split Standard
  3. AC Inverter

penyebab ac tidak dingin

Penyebab AC Tidak Dingin

AC jenis manapun yang dipasang, tentu tidak dapat terhindar dari masalah yang mungkin muncul dan menyebabkan AC tidak dingin. Berikut ini adalah beberapa hal mendasar yang dapat menjadi salah satu penyebab AC tidak dingin:

Ukuran AC yang Tidak Sesuai Ukuran Ruangan

See also  Bikin Bingung, Google Ganti Ikon Kunci Gembok di Chrome

Saat membeli AC, umumnya Anda juga perlu memilih ukuran AC yang dinyatakan dalam ukuran 1/2 PK, 3/4 PK atau 1 PK. Semakin besar PK maka semakin besar pula ukuran AC dan tenaga AC. Ruangan yang terasa panas dapat disebabkan memilih AC dengan PK yang terlalu kecil dan tidak sesuai ukuran ruangan.

Freon AC yang Habis atau Berkurang

Freon adalah salah satu zat yang bisa membuat AC menjadi dingin. Oleh karenanya bila freon AC kurang atau habis dapat menyebabkan AC tidak dapat mendinginkan ruangan. Penyebab utama freon dapat kurang atau habis adalah adanya kebocoran pada pipa sirkulasi AC.

Filter AC Sudah Kotor

Faktor lain yang dapat menyebabkan AC tidak dingin adalah filter AC yang sudah kotor. Penyebab filter AC kotor adalah kotoran atau debu yang masuk dan menumpuk. Anda dapat mencuci sendiri filter AC yang sudah kotor atau menggunakan jasa cuci AC yang banyak tersedia.

filter ac kotor

Situasi Luar Ruangan yang Panas

Kondisi rumah atau ruangan yang panas dan terpapar oleh matahari dapat menghambat kinerja AC untuk mendinginkan secara optimal. Apabila kamar Anda memiliki jendela dan cahaya matahari dapat masuk ke dalam, cobalah untuk menutup jendela dengan tirai atau gorden saat menyalakan AC di siang hari.

Pintu dan Jendela Terbuka

Agar pendinginan dapat bekerja maksimal, pastikan saat AC menyala, pintu dan jendela berada dalam kondisi tertutup. Apabila pintu atau jendela ruangan terbuka dapat memperlambat proses pendinginan bahkan membuat pendingan menjadi tidak optimal dan suhu terasa panas meski AC bekerja.

Pengaturan Remote yang Salah

Anda juga dapat mengecek pengaturan pada remote AC yang Anda miliki. Seringkali pengaturan yang salah, membuat AC menjadi terasa panas. Misalnya saja pengaturan berada pada mode Dry, bukan pada mode Cool. Selain itu pastikan kipas AC bekerja pada Fan 2 dan atur suhu pada rentang 20 – 22 derajat untuk mendapatkan dingin yang optimal.

See also  7 Cara Menghilangkan Bau Gosong di Ruangan. Ampuh!

Demikian beberapa faktor yang dapat menyebabkan AC di rumah atau ruangan kantor Anda terasa panas dan tidak dingin. Lakukan pembersihan AC secara rutin agar AC tetap bersih dan dapat mendinginkan ruangan secara optimal.


Thanks for reading Penyebab AC Tidak Dingin. Mulai Freon Habis Hingga Salah Ukuran.

Leave a Comment