Pengertian Target Market dan Jenisnya


Hostara.web.id – Pengertian Target Market dan Jenisnya.

Memahami pengertian target market atau target pasar dan mengetahui apa saja jenis dari target market merupakan salah satu kunci penting agar produk yang Anda jual atau usaha yang Anda jalankan dapat berhasil. Kegagalan dalam menganalisa target market dapat membuat usaha Anda kehilangan peluang dan mengalami kerugian seperti produk tidak laku.

Dengan menemukan target pasar yang tepat, maka Anda bisa menentukan strategi pemasaran yang tepat pula. Mengetahui cara menentukan target pasar adalah hal yang penting bagi pebisnis untuk bisa menyusun rencana pemasaran yang efektif. Sebab, tidak semua produk cocok untuk seluruh segmentasi pasar.

Pengertian Target Market (Target Pasar)

Target pasar adalah sekelompok pembeli atau konsumen yang memiliki kebutuhan atau karakteristik yang sama dan menjadi tujuan dari promosi bisnis, menurut Kotler & Armstrong (2008).

Jadi dapat kita simpulkan bahwa target market atau target pasar sekumpulan orang dengan kebutuhan yang serupa yang menjadi target utama pemasaran dari suatu produk. Adapun karakteristik atau kebutuhan yang sama ini dapat didasarkan pada jenis demografi; mulai dari usia, jenis kelamin, lokasi, pendapatan, hobi, karier, minat, hingga gaya hidup.

Contoh dari target market misalnya adalah perempuan dengan rentang usia antara 15 – 19 tahun atau sekelompok orang vegetarian yang tidak memakan produk hewani.

Pengertian Target Market dan Jenisnya 4

Jenis – Jenis dari Target Pasar

Setelah memahami apa itu target market, seseorang yang hendak memulai bisnis atau usaha perlu mengklasifikasikan dan menentukan target market produk yang hendak dijualnya secara tepat. Pemilihan target market yang keliru dapat mengurangi potensi pelanggan Anda bahkan membuat produk Anda tidak tepat sasaran.

See also  27 Arti Emoji yang Populer di WA 2022, Lengkap dengan Gambarnya!

Secara umum, jenis-jenis target pasar dikelompokkan menjadi 3 yaitu:

Mass Market

Merupakan target market dengan sasaran terluas. Produk yang dijual bersifat umum dan ditujukan untuk semua orang. Contohnya adalah produk untuk penggunaan sehari-hari seperti sikat gigi, sabun, dan lainnya.

Differentiated Market

Merupakan jenis target pasar yang lebih spesifik. Pelaku usaha biasanya menyasar kalangan tertentu untuk produk baik berupa barang atau jasa yang ditawarkannya. Produk – produk yang menyasar target market jenis ini sedikit lebih sempit lingkupnya.

Misalnya saja untuk produk perawatan muka dapat dibedakan menjadi produk perawatan muka khusus pria dan khusus wanita

Niche Market

Merupakan jenis target market yang paling spesifik dan yang lebih sempit karena terkait dengan karakteristik konsumen yang khusus. Produk yang menyasar target market niche umumnya hanya terbatas untuk kalangan tertentu saja dan tidak dapat digunakan oleh konsumen lain yang lebih luas.

Misalnya saja, untuk produk perawatan muka pria atau wanita, dapat difokuskan lagi untuk lebih spesifik yaitu untuk jenis kulit berminyak atau kulit sensitif.

Tidak semua orang memiliki kulit berminyak atau kulit sensitif. Oleh karenanya, meski merupakan produk perawatan kulit wanita misalnya, tidak semua wanita akan membeli produk yang dikhususkan untuk kulit sensitif.

Demikian penjelasan mengenai pengertian dari target market dan apa saja jenis – jenis target market yang perlu diketahui oleh pelaku usaha yang hendak memulai bisnis dan menjual produknya.


Thanks for reading Pengertian Target Market dan Jenisnya.

Leave a Comment