Microsoft Rilis Model AI Kecil Phi-3 Vision untuk Perangkat Seluler


Hostara.web.id – Microsoft Rilis Model AI Kecil Phi-3 Vision untuk Perangkat Seluler.

hostara, Jakarta – Microsoft telah memperluas jajaran AI atau model bahasa kecil Phi-3 dengan meluncurkan model baru bernama Phi-3 Vision.

Phi-3 Vision yang baru diluncurkan oleh Microsoft ini akan punya kemampuan yang lebih baik dibandingkan Phi-3 lainnya. Model ini tidak hanya bisa memproses teks saja, melainkan menganalisa dan memahami sebuah gambar.

Microsoft sendiri mengklaim bahwa model bahasa kecil dengan 4,2 miliar parameter ini pada dasarnya dirancang sebagai model AI untuk berbagai perangkat seluler dengan tugas penalaran visual umum.

BACA JUGA:

Jadinya, para pengguna bisa mengajukan pertanyaan mengenai sebuah gambar atau bagan dan Phi-3 Vision akan memberikan jawaban yang detail sesuai permintaan.

Dikutip Hostara dari Gizmcohina pada Rabu (22/05/2024), Phi-3 Vision ini lebih unggul dalam hal analisis dan pemahaman gambar, meskipun tidak mampu membuat gambar seperti DALL-E atau Stable Difussion

Sementara itu, kedatangan Phi-3-vision menyusul Phi-3-mini, anggota terkecil dari keluarga Phi-3 dengan 3,8 miliar parameter. Saat ini, jajaran model AI ini telah mencakup Phi-3-mini, Phi-3-vision, Phi-3-small (7 miliar parameter), dan Phi-3-medium (14 miliar parameter).

Fokus pada model yang lebih kecil ini menggambarkan tren yang berkembang dalam pengembangan AI. Model yang lebih kecil juga memerlukan lebih sedikit daya pemrosesan dan memori, sehingga ideal untuk perangkat seluler dan lingkungan dengan sumber daya terbatas lainnya.

Microsoft pun telah melihat keberhasilan dengan pendekatan ini, karena model Orca-Math dikabarkan mengungguli pesaing lainnya dalam hal memecahkan masalah dalam matematika.

BACA JUGA:

Jika ingin menjajal model baru ini, perlu diketahui bahwa Phi-3-vision saat ini tersedia dalam pratinjau, sedangkan jajaran Phi-3 lainnya sudah bisa diakses melalui perpustakaan model Azure. [FY/IF]

See also  Apa Energi Alternatif Pengganti Listrik?


Thanks for reading Microsoft Rilis Model AI Kecil Phi-3 Vision untuk Perangkat Seluler.

Leave a Comment