Cara Meningkatkan Traffic Blog Agar Ramai Pengunjung

Cara Meningkatkan Traffic Blog Agar Ramai Pengunjung

Selesai membuat blog dan telah berisi sejumlah artikel, Anda akan berpikir bagaimana cara meningkatkan traffic blog tersebut.

Apapun orientasi ngeblog seseorang, terlebih untuk tujuan bisnis pasti menginginkan traffic tinggi per harinya.

Meningkatkan pengunjung blog merupakan pekerjaan yang membutuhkan kesabaran dan kerja keras, serta membutuhkan banyak waktu.

Traffic blog tinggi tidak bisa direalisasikan hanya dalam hitungan 1-2 bulan, kecuali Anda menggunakan metode kampanye berbayar.

Ketika Anda mendapati pengujung suatu blog mencapai ribuan atau bahkan ratusan ribu per hari, itu merupakan hasil dari akumulasi pekerjaan yang dilakukan langkah demi langkah oleh pemiliknya.

Yang bersangkutan secara konsisten dan berkelanjutan memposting artikel berkualitas, melakukan optimasi SEO on-page, optimasi off-page, melakukan promosi, dan sebagainya.

Cara Meningkatkan Traffic Blog Agar Ramai Pengunjung dan Stabil

Anda tidak perlu dibekap rasa keheranan yang berlebihan saat mendapati sebuah blog memiliki pengunjung sedemikian banyak, Anda pun bisa melakukannya.

Bagi Anda yang belum lama ngeblog, berikut ini beberapa tips meningkatkan pengunjung blog dengan mudah, hasilnya pasti, untuk jangka panjang, dan tidak akan terganggu oleh update algoritma Google yang bisa Anda terapkan.

1. Pilih Topik yang Tepat

cara meningkatkan traffic blog dengan memilih niche yang tepat

Jika Anda ingin ngeblog dengan benar, dan dapat mengukur kapan blog Anda mulai memiliki pengunjung serta berapa estimasi traffic-nya, maka Anda perlu menentukan topik atau niche dari awal.

Seberapa tinggi dan rendah traffic suatu blog ditenukan oleh niche. Jika ingin lebih cepat mendapatkan pengunjung, maka Anda bisa memilih niche low competition (tingkat kompetisi rendah).

Sebaliknya, jika Anda menargetkan traffic tinggi, maka akan butuh lebih banyak waktu karena topik yang Anda bidik adalah topik umum dimana nantinya Anda akan dihadapkan dengan tingkat kompetisi tinggi.

Anda bebas memilih niche tingkat persaingan tinggi atau rendah dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing, tapi poinnya adalah memilih niche diawal sangat penting.

2. Riset Keyword

cara meningkatkan traffic blog dengan riset keyword

Untuk blogger pemula, umumnya mereka menulis artikel semaunya. Ini tidak salah, tapi juga kurang tepat.

Mengapa demikian?

Ketika Anda membuat konten yang telah lebih dulu diterbitkan oleh berbagai website dengan authority tinggi, maka blog Anda akan kesulitan untuk bersaing dengan mereka.

Beberapa situs dengan authority tinggi seperti detik, tribunnews, kompas, dan sebagainya saat ini tidak lagi hanya memproduksi konten berita, jadi Anda perlu memahami situasi ini.

Untuk blog yang masih relatif baru, usahakan untuk tidak memposting artikel yang perlu bersaing dengan situs-situs authority tinggi karena 95% Anda akan kalah bersaing.

Pilihlah keyword atau kata kunci yang memiliki tingkat persaingan rendah, dan hal ini bisa diketahui melalui riset keyword.

Jadi, sebaiknya Anda melakukan riset kata kunci terlebih dulu sebelum menulis artikel. Ada banyak sekali tools riset keyword gratis diluar sana, seperti Google Keyword Planner, Ubersuggest, dll.

3. Buat Artikel Berkualitas

Membuat artikel berkualitas agar bisa meningkatkan pengunjung blog itu bukan opini atau motivasi semata, tapi memang itu realitanya.

Semakin rendah kualitas konten suatu blog, secara teori semakin sulit pula untuk bisa masuk halaman 1 Google atau mesin pencari lainnya.

Algoritma mesin pencari dapat menganalisa dan mengidentifikasi kualitas konten suatu blog. Indikatornya banyak sekali, termasuk signal bounce rate.

Jika bounce rate terlalu tinggi, maka itu mengindikasikan blog tersebut berkualitas rendah dan tidak bagus untuk perkembangan blog tersebut.

Buatlah artikel berkualitas yang ditulis dan diulas secara in-dept (mendalam), pastikan pengunjung merasa terbantu dengan artikel yang Anda tulis dan tidak hanya mengedepankan produktivitas.

Kualitas jauh lebih penting daripada produktivitas. Seberapa banyak pun konten blog Anda, hal tersebut tidak banyak membantu jika ukuran kualitasnya rendah.

cara meningkatkan traffic blog dengan artikel berkualitas

Data diatas menunjukkan bahwa panjang kata artikel perlu diperhatikan jika ingin masuk halaman pertama Google.

4. Lakukan Optimasi On-page dengan Benar

Artikel berkualitas merupakan salah satu modal terpenting untuk bisa meningkatkan traffic blog. Namun, itu belum cukup untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Setiap blog perlu di optimasi, baik itu optimasi on-page maupun optimasi off-page. Optimasi on-page adalah sebuah kegiatan pengoptimalan yang dilakukan dalam lingkup blog tersebut.

Selain menulis artikel bermutu, beberapa contoh optimasi SEO on-page lainnya termasuk mengatur permalink, membuat deskripsi blog, memasukkan tag alt pada gambar, internal linking, mempercepat loading blog, menata struktur navigasi, memilih theme ringan, menghapus widget yang tidak perlu, dan sebagainya.

Jika Anda telah menerapkan optimasi on-page dengan benar, hal ini akan sangat membantu untuk bisa mendapatkan peringkat tinggi di Google.

5. Optimasi Off-page dengan Baik

Jika optimasi on-page dilakukan dalam lingkup blog itu sendiri, maka optimasi off-page ini adalah kebalikannya.

Contoh optimasi off-page diantaranya adalah mempromosikan blog dan membangun backlink yang perlu dilakukan secara terukur.

Untuk link building, banyak sekali sahabat blogger pemula yang tidak memahami seperti apa kriteria backlink berkualitas itu.

Mereka beranggapan bahwa semakin banyak backlink maka semakin bagus pula untuk SEO blognya.

Salah kaprah jika prioritas Anda adalah mendapatkan backlink sebanyak-banyaknya tanpa memperhitungan kualitas dari backlink tersebut.

Tidak semua backlink itu memiliki efek bagus, bahkan justru bisa membuat blog Anda diidentifikasi sebagai blog spam.

Agar tidak salah dalam melakukan link building, berikut ciri-ciri backlink berkualitas yang perlu Anda perhatikan:

  1. Bersifat relevan
  2. Didapat dari situs authority tinggi
  3. Anchor text di dalam konten
  4. Dofollow

Perhatikan beberapa poin diatas saat Anda melakukan link building agar waktu Anda tidak terbuang percuma untuk menanam backlink.

6. Audit SEO Blog Anda

Setelah melewati tahapan demi tahapan dan satistik traffic tetap tidak menampilkan perubahan yang signifikan, silahkan audit SEO blog Anda.

Dengan melakukan audit, Anda akan menemukan masalah apa saja yang jadi penyebab blog sepi pengunjung. Anda bisa menggunakan tools Google Search Console atau tools sejenis lainnya.

Misalkan Anda menggunakan Search Console, Anda akan disajikan data performa website yang cukup lengkap, mulai load time blog, mobile usability, error 404, dan masih banyak lagi.

Data tersebut selanjutnya bisa Anda jadikan sebagai bahan untuk menyempurnakan SEO blog Anda agar terus bisa meningkatkan pengunjung di masa mendatang.

7. Manfaatkan Keyword Turunan

Apa itu keyword turunan? Keyword turunan adalah keyword dari keyword utama yang jika dikembangkan berpotensi meningkatkan traffic blog Anda.

Sebagai gambaran, Anda memiliki keyword “tips meningkatkan pengunjung blog”, lalu setelah Anda cek ternyata keyword tersebut menjadi penyumbang utama traffic blog Anda, maka selanjutnya Anda bisa mengembangkannya dengan membidik keyword turunan dari tips meningkatkan pengunjung blog, misalkan dengan keyword “cara mengatasi blog sepi pengunjung”.

Dalam hal ini Anda bisa memafaatkan tools riset keyword gratis antara lain seperti yang telah saya sebutkan diatas.

Cara meningkatkan pengunjung blog dengan teknik memanfaatkan keyword turunan hasilnya sangat efektif dan potensi kenaikan traffic bisa terus bertambah.

8. Mempercepat Loading Blog

cara meningkatkan traffic blog dengan mempercepat loading

Mempercepat load time blog merupakan salah satu bagian yang cukup penting guna bisa meningkatkan traffic blog. Meskipun ini tidak mutlak, tapi cukup penting.

Faktor load time blog sendiri ditentukan oleh banyak hal, mulai kualitas hosting (server), desain blog, theme, dan konten blog.

Apakah blog Anda di host pada layanan web hosting terbaik yang kualitasnya dapat diandalkan? Silahkan cek, dan sebaiknya ganti hosting jika hasilnya buruk.

Kemudian untuk urusan desain, tampil minimalis menurut saya jauh lebih baik katimbang desain terlihat dinamis dan modern tapi mengganggu loading.

Desain tentunya soal citarasa, tapi pastikan desain yang Anda pilih tidak memperberat load time blog Anda karena buruk untuk SEO.

Dan untuk membuat artikel yang didalamnya memuat banyak gambar, baiknya Anda kompres terlebih dulu sebelum gambar tersebut Anda unggah ke server.

Beberapa tools kompres gambar terbaik yang biasa saya gunakan diantaranya compressor.io, websiteplanet.com, dan imagecompressor.com.

9. Optimasi Mobile Friendly

Sebagian besar pengguna internet telah beralih dari desktop ke mobile (smartphone). Anda perlu mengoptimasi tampilan blog Anda untuk versi mobile agar sesuai dengan rekomendasi Google.

Desain blog yang tidak memenuhi ketentuan mobile friendly dianggap “cacat” dari sisi SEO, itu artinya sangat penting untuk membuat tampilan blog Anda 100% mobile friendly.

Kabar baiknya, sebagian besar theme WordPress atau platform blog lain saat ini sudah support mobile friendly view, jadi kita tidak perlu melakukan penataan ulang.

Namun, jika Anda menggunakan theme yang belum responsive, Anda bisa memasang plugin AMP sehingga blog Anda menjadi sepenuhnya responsive.

Untuk mengecek apakah blog Anda sudah mobile friendly alias total responsive atau belum, Anda bisa menggunakan tools Mobile-Friendly Test dari Google.

Konklusi

Banyak cara untuk meningkatkan traffic kunjungan blog, namun semuanya dibangun secara bertahap dan membutuhkan waktu.

Sepanjang Anda telah mengikuti langkah-langkahnya dengan benar (bukan menggunakan jalan pintas atau blackhat), kedepannya blog Anda pasti akan mengalami peningkatan traffic.

Leave a Comment