Cara Memilih Web Hosting Terbaik Untuk Pemula

Cara Memilih Web Hosting Terbaik Untuk Pemula

Apakah Anda seorang pemula yang masih kurang paham bagaimana cara memilih web hosting dengan kualitas terbaik?

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin memilih web hosting, Anda juga perlu memahami seberapa besar sumberdaya yang dibutuhkan website atau blog Anda.

Untuk bisa memilih web hosting berkualitas yang siap memenuhi kebutuhan website Anda, silakan simak ulasan panduan hosting dalam artikel ini sampai tuntas. saya akan mengulas apa saja yang perlu Anda ketahui sebelum menentukan pilihan.

Memilih web hosting terbaik merupakan sebuah keputusan krusial karena ketika Anda salah menentukan pilihan dengan membeli web hosting yang sering mengalami masalah dari sisi server maka hal tersebut akan berimbas pada website Anda.

Apa itu web hosting?

Untuk melengkapi materi dalam artikel ini, terlebih dulu saya ingin menjabarkan mengenai pengertian web hosting dengan pemahaman yang sederhana.

Web hosting adalah layanan berbasis internet yang digunakan orang untuk menyimpan file website mereka sehingga website tersebut bisa diakses banyak orang dari manapun dengan berbagai konten atau isi didalamya, baik itu berupa teks, gambar, video, dan lain sebagainya.

Hosting ibarat sebidang tanah yang dibangun sebuah rumah dimana didalam rumah tersebut terdapat beberapa perabotan. Tanpa hosting, maka Anda tidak bisa membuat website karena tidak memiliki tempat untuk menampung data-data website Anda.

Selain web hosting, ada satu lagi komponen utama dalam membuat website, yaitu domain. Jika web hosting merupakan tempat untuk menyimpan file website, maka domain adalah alamat dari website tersebut. Contoh domain diantaranya yahoo.com, hostara.web.id, detik.com, dll.

ilustrasi web hosting dan domain
Ilustrasi web hosting

Mengapa memilih web hosting membutuhkan pertimbangan teknis?

Kinerja suatu website sangat ditentukan oleh server yang digunakannya. Ketika server sering memuat beban secara berlebihan (server overloads) yang tidak diimbangi dengan spesifikasi yang baik, maka dapat dipastikan website klien akan selalu dalam masalah.

Apapun orientasi Anda membuat situs web, saya yakin Anda ingin situs web tersebut bisa berkembang dan untuk bisa merealisasikan keinginan tersebut dibutuhkan sebuah layanan web hosting yang handal yang didukung dengan perangkat dan teknologi terbaik.

Bagaimana cara memilih web hosting yang tepat?

Dalam artikel tips memilih hosting terbaik ini saya akan mengulas berbagai hal penting yang perlu Anda ketahui dalam rangka untuk memilih web hosting secara tepat yang dapat menunjang perkembangan website dan blog Anda.

Secara umum, ada dua klasifikasi dalam memilih web hosting. Pertama, memilih web hosting berdasarkan ukuran kualitas. Kedua, memilih web hosting berdasarkan ukuran kebutuhan website.

Perlu digarisbawahi bahwa ukuran kebutuhan sumberdaya hosting setiap website itu berbeda-beda. Dan Anda perlu memahami kondisi ini agar Anda bisa menentukan pilihan paket hosting secara lebih tepat tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya untuk sumberdaya yang belum Anda perlukan.

Website apa yang akan Anda buat?

Seperti apakah kriteria website atau blog yang akan Anda buat? Tipe website yang akan Anda buat akan menentukan besaran sumberdaya yang diperlukan.

Misalkan Anda berencana membuat personal blog yang berisi beberapa artikel dengan target pengunjung sekitar 1000 orang per hari, maka Anda bisa memilih shared hosting standar.

Dengan memilih shared hosting basic, Anda bisa lebih hemat biaya, dan disisi lain website Anda sudah tercukupi dari sisi sumberdaya.

Dan apabila Anda berencana untuk membuat blog bisnis dengan konten yang lebih banyak serta menargetkan traffic yang lebih tinggi, maka Anda bisa memilih paket hosting bisnis atau cloud hosting.

Begitu seterusnya, jadi semakin besar skala website yang akan Anda buat, maka semakin besar pula sumberdaya yang dibutuhkan sehingga mengharuskan Anda untuk memilih web hosting sesuai ukuran kebutuhan.

Memahami sumberdaya web hosting

Sumberdaya pada web hosting antara lain berupa kapasitas penyimpanan data (disk space), bandwidth, RAM, dll.

1. Disk Space

Anda perlu memilih paket hosting yang memiliki disk space sesuai dengan kebutuhan website Anda. Saat ini sebagian besar perusahaan penyedia hosting menawarkan dua jenis media penyimpanan, yaitu HDD dan SSD. SSD sendiri adalah sistem penyimpanan data terbaru yang memiliki kecepatan baca lebih baik dibanding hardisk konvensional.

2. Bandwidth

Apa itu bandwidth? Bandwidth hosting adalah volume data yang dapat ditransfer setiap unit waktu.

Dalam memilih web hosting, sebaiknya Anda memilih penyedia yang memberikan bandwidth besar atau unlimited agar website Anda selalu bisa diakses secara normal. Jika kapasitas bandwidth yang disediakan besar, maka website Anda akan diload dengan lebih cepat karena server mampu mentransfer data yang lebih besar tiap detiknya.

3. RAM

Random Access Memory (RAM) merupakan sebuah tempat penyimpanan file sementara. Seperti halnya smartphone dan komputer, semakin besar kapasitas RAM, maka semakin cepat pula web hosting memproses akses situs web Anda.

4. Database

Dulunya website hanya berisikan file-file statis yang dinilai banyak orang sangat membosankan serta memakan banyak ruang di hosting. Kemudian ditemukan cara mengintegrasikan script web dengan database yang selanjutnya membuat desain web menjadi kian dinamis dan juga lebih bisa menghemat penggunaan ruang hosting serta bandwidth.

Ketika Anda ingin memilih web hosting, Anda juga perlu mengetahui berapa jumlah database yang diperbolehkan oleh perusahaan penyedia web hosting yang akan Anda pilih.

Jenis layanan web hosting

Untuk bisa menentukan pilihan secara tepat, Anda perlu memahami apa saja tipe atau jenis web hosting. Setiap tipe web hosting memiliki kinerja yang berbeda satu sama lain berdasarkan cara kerja dan sumberdayanya sehingga Anda perlu memahami masing-masing tipe web hosting.

1. Shared Hosting

Shared hosting atau hosting berbagi server adalah tipe web hosting dimana sebuah server akan digunakan oleh beberapa website. Keuntungan menggunakan shared hosting yakni harganya murah, dan kekuragannya adalah pengguna harus berbagi sumberdaya dengan pengguna lain.

2. WordPress Hosting

WordPress hosting adalah tipe web hosting yang didesain secara khusus untuk pengguna platform WordPress. WordPress sendiri merupakan CMS (Content Management System) open source yang memungkinkan seseorang untuk membuat website maupun blog secara mudah.

WordPress hosting idealnya digunakan oleh pengguna yang memiliki website atau blog berbasis WordPress karena layanan WordPress hosting memang dirancang untuk mengoptimalkan kinerja website berbasis WordPress.

3. Cloud Hosting

Cloud hosting merupakan tipe web hosting yang menggunakan teknologi komputasi awan. Kelebihan memilih cloud hosting yakni memungkinkan website Anda selalu dalam keadaan online karena ketika terjadi gangguan pada salah satu server maka server lain akan menggantikan.

Karena menawarkan nilai lebih kepada konsumen, maka biaya sewa cloud hosting berada diatas layanan shared hosting. Jika Anda memiliki website dengan lalu lintas tinggi, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan cloud hosting.

4. Virtual Private Server

Virtual Private Server (VPS) adalah tipe web hosting yang cara kerjanya dengan membagi server fisik menjadi beberapa server virtual. VPS cocok untuk website berskala besar dimana pengguna akan mendapatkan resources yang lebih tinggi. Namun demikian, tentunya paket VPS apa yang Anda pilih juga akan ikut menentukan seberapa besar resources yang Anda dapatkan.

5. Dedicated Hosting

Tipe web hosting lainnya adalah dedicated server. Dedicated server adalah penyewaan server secara utuh. Artinya, pengguna menyewa server secara keseluruhan tanpa ada pengguna lain yang akan ikut menggunakan server yang disewa tersebut. Dedicated hosting biasanya digunakan oleh perusahaan yang memiliki jaringan website besar seperti situs berita, situs toko online, web forum, dan sebagainya.

Tips memilih web hosting terbaik

Sebelumnya sudah dijabarkan beberapa jenis web hosting dimana selaku pengguna Anda perlu memilih tipe web hosting yang sesuai dengan ukuran kebutuhan website Anda.

Bagaimana cara memilih web hosting terbaik?

Kriteria web hosting berkualitas sebenarnya dicirikan oleh banyak hal. Dan untuk memberikan Anda gambaran bagaimana cara menentukan pilihan hosting terbaik untuk situs web dan blog Anda, silakan perhatikan beberapa hal yang saya uraikan dibawah ini ketika Anda hendak order layanan hosting.

1. Profile perusahaan penyedia hosting?

Pertama, Anda perlu memperhatikan seberapa dikenal perusahaan penyedia web hosting yang akan Anda pilih.

Mengapa ini penting?

Saya tidak mengatakan penyedia hosting yang belum seberapa dikenal tidak bisa diharapkan dari sisi kualitas, namun reputasi perusahaan merupakan salah satu indikator nyata seberapa berkualitas layanan hosting suatu provider. Dengan semakin banyak pengguna, maka itu akan terlihat lebih meyakinkan.

Misalkan ada penyedia layanan web hosting yang sudah cukup berusia, namun jumlah pengguna layanan mereka terbilang sangat sedikit, menurut Anda apa kira-kira penyebabnya?

Selain perlu mengetahui identitas perusahaan penyedia, Anda juga bisa menguak tingkat kepuasan konsumen dari berbagai sumber yang bisa dipercaya kebenarannya. Biasanya konsumen akan dengan senang hati memberikan review positif jika memang merasa puas dengan kualitas hosting yang digunakannya.

2. Spesifikasi server

Mengapa mengetahui spesifikasi server menjadi sangat penting?

Tentu saja, karena bagus dan tidaknya kinerja sebuah server dapat diukur dari spesifikasi server itu sendiri.

Bayangkan Anda menggunakan smartphone jadul dengan kapasitas RAM hanya 256 MB, bisakah Anda menggunakan smartphone tersebut untuk membuka aplikasi-aplikasi berat? Sudah pasti akan terjadi slow response atau bahkan hang.

Spesifikasi server dibawah standar akan menyebabkan website klien mengalami berbagai masalah. Bukan hanya loading website sangat lambat, tetapi bahkan lebih parah lagi yakni website tidak bisa diakses sama sekali. Ini terjadi karena server memiliki beban yang melebihi kapasitasnya.

3. Kecepatan akses

Load time atau kecepatan akses merupakan salah satu pertimbangan paling penting dalam memilih web hosting. Meskipun Anda sudah mengetahui spesifikasi sebuah server, Anda tetap perlu mengecek load time website klien untuk memastikan web hosting yang akan Anda pilih benar-benar memiliki kualitas yang bagus.

Untuk mengetahui kecepatan akses, Anda bisa mencoba mengetes website klien mengunakan tools uji performa hosting website seperti GTmetrix, Pingdom, Google Page Insights, dll.

Kecepatan akses menjadi sangat penting karena waktu muat yang cepat merupakan bagian dari teknik optimasi yang akan ikut menentukan peringkat website Anda di hasil penelusuran mesin pencari. Anda benar-benar perlu mengoptimalkan speed website Anda agar bisa mendapatkan peringkat lebih bagus yang akan berujung pada peningkatan traffic website Anda.

4. Server uptime

Uptime tinggi sangat dibutuhkan website Anda. Uptime adalah kondisi dimana website Anda dalam kondisi online (bisa dibuka orang) karena server dalam keadaan siap melayani website Anda. Kebalikannya adalah downtime, yaitu kondisi dimana website Anda sedang offline karena terjadi masalah pada sisi server.

Uptime tinggi sangat penting karena jika website Anda memiliki downtime yang tinggi maka kondisi tersebut berpotensi membuat Anda kehilangan profit. Ketika website Anda dalam kondisi offline, maka website tersebut akan kehilangan banyak pengunjung, padahal sejatinya pengunjung itulah yang bisa Anda konversi menjadi profit baik itu melalui iklan, branding, atau cara-cara menguangkan website lainnya.

Untuk server uptime, setiap perusahaan penyedia hosting mengklaim punya nilai uptime yang sangat tinggi, namun faktanya klaim tersebut banyak yang tidak sesuai.

Untuk mengetahui server uptime dengan pasti, Anda bisa menggunakan tools uptime checker. Salah satu tools yang bisa Anda gunakan adalah tools yang disediakan Site24x7.

Umunya garansi uptime adalah 99.98%. Dan berapapun garansi server uptime yang diberikan penyedia hosting website yang akan Anda pilih, sebaiknya hindari memilih penyedia hosting dengan rata-rata uptime dibawah 99.90%.

Kalkulator Uptime

Berikut ini adalah cara menghitung uptime. Misalkan server memiliki uptime 99.90%, maka hasilnya adalah sebagai berikut:

  • Offline dalam sehari: 1 menit 26.4 detik
  • Offline dalam seminggu: 10 menit 4.8 detik
  • Offline dalam sebulan: 43 menit 49.7 detik
  • Offline dalam setahun: 8 jam 45 menit 57.0 detik

*Uptime 99.90% merupakan standar service level agreement (SLA) layanan web hosting

5. Keamanan data

Keamanan merupakan salah satu dari berbagai hal yang prioritas. Saya yakin Anda tidak menginginkan tiba-tiba data website Anda hilang dengan begitu saja akibat sistem keamanan yang kurang baik.

Entah Anda sadari atau tidak, kejahatan di ranah internet itu sangat tinggi. Sekalipun website Anda bukan website besar yang dikenal secara luas, tetap saja tidak menutup kemungkinan website Anda akan menjadi sasaran hacker. Oleh sebab itu, Anda perlu memastikan keamanan data dan website Anda pada level yang lebih baik.

Memilih provider hosting yang menerapkan sistem keamanan ekstra akan memberikan Anda proteksi yang lebih baik dan akan menghindarkan Anda dari potensi mengalami kerugian akibat kehilangan data-data penting di website Anda.

6. Disk space

Disk space atau ruang penyimpanan data ditawarkan dalam berbagai pilihan. Bahkan, sebagian penyedia layanan hosting di Indonesia menawarkan disk space unlimited (tanpa batasan). Meskipun tidak benar-benar unlimited karena memang tidak ada sumberdaya yang tidak memiliki batasan, namun setidaknya hal itu memberikan Anda kapasitas penyimpanan yang relatif besar.

Anda tidak harus memilih web hosting unlimited, namun pastikan disk space yang akan Anda dapatkan cukup untuk kebutuhan website Anda. Perlu Anda ketahui, sangat banyak perusahaan web hosting yang menawarkan harga hosting murah, namun sayangnya mereka menyiapkan kapasitas penyimpanan data yang tidak masuk akal. Kapasitas penyimpanan data yang terkategorikan tidak masuk akal misalkan berada dibawah 70 MB. Jelas saja tidak masuk akal karena tidak ada yang bisa Anda lakukan dengan kapasitas sekecil itu kecuali menginstall WordPress dan memposting beberapa artikel saja.

Pada saat memilih hosting, usahakan untuk memilih paket hosting yang menyediakan disk space minimal 500 MB. Anda bisa menghitung sendiri, instalasi CMS WordPress akan memakan beberapa MB, dan ketika Anda memposting artikel didalamya akan ada beberapa file gambar. Jika disk space yang Anda miliki terlampau kecil, maka bisa dipastikan Anda akan kekurangan ruang penyimpanan (disk usage full) meskipun Anda merasa belum banyak mengunggah file ke server.

7. Bandwidth

Selain disk space, adalah sangat penting bagi Anda untuk memastikan kapasitas bandwidth yang Anda miliki sesuai dengan kebutuhan website Anda. Ingat, keterbatasan bandwidth bisa menyebabkan website Anda sulit atau bahkan tidak bisa diakses orang. Jelas akan sangat merugikan Anda ketika Anda kehilangan banyak traffic hanya karena bandwidth yang tidak memadai.

Bagaimana cara menghitung bandwidth hosting?

Untuk memudahkan Anda memahami kebutuhan bandwidth situs web Anda, misalkan website Anda punya pengunjung 200 orang per hari dengan tampilan halaman 200 per hari dan rata-rata ukuran halaman website Anda adalah sebesar 100 KB, maka untuk mengetahui berapa kapasitas bandwidth yang Anda perlukan adalah dengan mengkalikan jumlah kunjungan/tampilan halaman per bulannya dengan rata-rata ukuran halaman website.

Dari estimasi diatas, maka bandwidth yang diperlukan website Anda adalah 600 MB (200 kunjungan x 100 kb ukuran halaman dalam rata-rata x 30 hari).

menghitung kebutuhan bandwidth hosting sebuah website

Sama halnya dengan disk space, sebagian penyedia web hosting juga sudah menyiapkan bandwidth unlimited, namun jika Anda memilih paket hosting dengan bandwidth rendah, pastikan kapasitas bandwidth tersebut sudah dapat memenuhi kebutuhan website Anda.

8. Lokasi server

Lokasi server yang Anda pilih akan ikut menentukan kecepatan waktu akses website Anda. Semakin dekat lokasi server dengan pengunjung website, maka semakin cepat pula page load time website tersebut.

Tentukan lokasi server sesuai target pengunjung website Anda. Misalkan sebagian besar visitor blog Anda berasal dari Indonesia, maka server yang ideal untuk website Anda adalah terletak di Indonesia (server IIX).

Sementara itu, apabila mayoritas pengunjung website Anda berasal dari kawasan Asia, maka Anda bisa menggunakan server Singapore (server SG). Dan jika traffic blog Anda datang dari Amerika Serikat dan kawasan sekitarnya, pilihlah server USA.

Khusus untuk server Singapore, kecepatan akses situs web tetap akan maksimal meskipun pengunjung website berasal dari Indonesia. Makanya, tidak mengherankan jika banyak penyedia hosting yang menyediakan pilihan lokasi server Singapore untuk website di Indonesia.

9. Fitur cPanel

Kontrol panel cPanel adalah standar panel kendali dalam industri web hosting. Fitur cPanel semestinya bisa Anda dapatkan karena dengan cPanel pengelolaan akun hosting Anda akan menjadi lebih mudah. Pada cPanel juga harus terdapat berbagai fitur penunjang untuk pengguna seperti Softaculous.

Softaculous adalah aplikasi auto-install yang akan memudahkan Anda untuk membuat website seperti membuat website dengan WordPress, membuat website dengan Joomla, Drupal, dan lain sebagainya. Dengan adanya Softaculous, Anda bisa menginstall berbagai macam CMS hanya dengan sekali klik.

10. Add-on domain

Add-on domain adalah fasilitas yang disediakan oleh penyedia web hosting untuk pengguna yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan beberapa domain pada satu akun hosting. Misalkan kedepannya Anda berencana untuk membuat beberapa website dan ingin menempatkannya pada satu layanan akun hosting, maka fitur add-on domain harus Anda dapatkan.

Biasanya penyedia hosting menyediakan fasilitas add-on domain dalam jumlah yang berbeda-beda. Ada yang hanya menyediakan 2 add-on domain, 5 add-on domain, dan ada juga yang bahkan menyediakan add-on domain hingga tanpa batasan atau unlimited.

Fasilitas add-on domain ini sebenarnya tidak menjadi wajib, namun jika memang Anda punya keinginan untuk membuat website lebih dari satu website, maka sebaikya Anda mempertimbangkan fasilitas yang satu ini.

11. Jumlah akun email

Jika Anda membuat website profesional, biasanya Anda ingin memiliki custom email atau alamat email yang menggunakan domain Anda sendiri. Nah, disini Anda perlu mencari tahu apakah web hosting yang akan Anda gunakan memungkinkan Anda untuk membuat akun email. Dan akan lebih baik lagi jika fasilitas pembuatan akun email ini tidak dibatasi sehingga Anda bisa membuat akun email sebanyak yang Anda perlukan untuk menunjang bisnis Anda.

Karena saya yakin Anda membutuhkan email dengan nama domain Anda sendiri, maka sebaiknya pilihlah web hosting yang menyediakan fasilitas pembuatan akun email setidaknya sebanyak 5 akun email.

12. Bonus gratisan

Tergantung jenis hosting yang Anda pilih, jika Anda membeli web hosting kelas bisnis mestinya Anda diberikan reward berupa bonus domain gratis atau sertifikat SSL. Ketika Anda membeli layanan hosting yang memberikan bonus domain gratis tentunya akan membuat Anda bisa sedikit lebih hemat biaya karena tidak perlu membeli domain secara terpisah.

Sebagian perusahaan jasa hosting tidak keberatan untuk memberikan domain gratis kepada konsumen yang berlangganan paket hosting kelas premium, seperti Niagahoster yang bahkan memberikan domain gratis untuk selamanya bagi konsumen yang berlangganan paket Pelajar keatas.

Selain domain, Anda juga bisa menanyakan ke bagian CS penyedia hosting yang sedang Anda bidik, apakah mereka memberikan bonus sertifikat SSL. Secure Socket Layer atau SSL adalah standar keamanan website yang dapat menghindarkan pengunjung website Anda dari aksi kejahatan para peretas situs web.

Demi meningkatkan keamanan pengguna (pengunjung website), SSL direkomendasikan untuk dipasang di setiap situs web. Maka tidak heran jika sebagian besar situs web yang ada di internet sekarang ini sudah memasang SSL.

13. Backup data

Anda membutuhkan data cadangan untuk memastikan keamanan data-data penting di website Anda. Pilihlah provider hosting situs web yang menyediakan fitur auto backup. Dengan fitur auto backup, Anda tidak perlu khawatir kehilangan data-data berguna di website Anda.

Ingat, website itu dibuat untuk jangka panjang. Dan selama kurun waktu yang panjang itu tentunya Anda tidak ingin ada data-data penting yang hilang karena Anda tidak memiliki file cadangan. Demi untuk berjaga-jaga, Anda perlu mempertimbangkan untuk memilih hosting yang menyediakan fitur auto backup.

14. Pelayanan konsumen

Sebagai konsumen yang telah mengeluarkan sejumlah biaya, Anda harus mendapatkan prioritas pelayanan. Banyak penyedia hosting yang dalam kampanyenya selalu mengatakan “fast response”, namun nyatanya tidak sedikit darinya yang bahkan sangat sulit untuk dihubungi ketika konsumen sedang membutuhkan bantuan teknis.

Pada saat Anda berada di website penyedia, silakan amati sarana komunikasi apa saja yang mereka siapkan dan cobalah untuk menghubungi mereka untuk mengetahui seberapa cepat respon tim dukungan pelanggan terhadap konsumen.

Beberapa fasilitas layanan konsumen yang harusnya Anda dapatkan antara lain obrolan langsung (live chat), email, tiket, dan melalui panggilan telepon.

Anda membutuhkan tim dukungan teknis yang cekatan karena ada kalanya Anda akan dihadapkan dengan masalah tertentu dimana dalam hal ini Anda membutuhkan bantuan dari tim teknis penyedia hosting untuk mengatasi masalah tersebut. Entah karena masalah tersebut diluar pengetahuan Anda untuk mengatasinya atau karena hanya bisa diselesaikan oleh pihak penyedia.

15. Harga

Apakah harga masuk dalam perhitungan teknis? jawabannya tidak, tapi pada umumnya orang akan lebih tertarik pada produk yang harganya lebih murah.

Banyak yang mengatakan, harga menentukan kualitas. Dalam sejumlah kasus, opini tersebut memang benar adanya. Tapi faktanya, harga mahal juga tidak selalu menggaransi kualitas. Dan hosting murah pun tidak melulu memiliki kualitas yang buruk.

Yang perlu Anda pahami adalah, saat ini persaingan antar penyedia hosting sudah sedemikian tinggi. Dan salah satu strategi yang diterapkan perusahaan adalah dengan memberikan penawaran harga terbaik (murah) agar konsumen merasa tertarik untuk membeli web hosting mereka.

Jadi kesimpulannya adalah, tidak semua web hosting murah itu tidak berkualitas. Sepanjang murahnya tidak kelewatan maka itu justru akan memberikan Anda keuntungan karena Anda bisa sedikit berhemat. Pilihlah hosting termurah (terbaik) yang sudah teruji kualitasnya. Dan hindari memilih hosting yang murahnya sampai tidak masuk akal karena itu mencerminkan kualitasnya yang buruk.

16. Garansi

Garansi refund akan memberikan Anda perlindungan dari sisi mengalami kerugian (finansial). Sebagian besar penyedia hosting blog maupun website memberikan garansi uang kembali sebagai bentuk keyakinan mereka terhadap kualitas hosting yang mereka tawarkan.

Jika selama proses memilih hosting Anda menjumpai salah satu provider yang tidak bersedia memberikan garansi kepada konsumen, maka sebaiknya Anda eliminasi provider tersebut dari daftar web hosting terbaik yang akan Anda pilih karena hal tersebut sejatinya merupakan bentuk keraguan provider bersangkutan terhadap kualitas hosting mereka.

Paket shared hosting apapun yang akan Anda ambil, pastikan Anda mendapatkan garansi uang kembali tanpa syarat sehingga Anda bisa mengajukan pengembalian uang ketika Anda merasa kurang puas dengan kualitas hosting yang Anda beli.

Kesimpulan dari ulasan cara memilih web hosting terbaik untuk pemula

Pada prinsipnya, memilih hosting terbaik yakni dengan mempertimbangkan berbagai aspek teknis. Dan aspek teknis yang paling penting yang tidak semestinya Anda abaikan adalah:

  • Load time atau kecepatan akses
  • Sumberdaya (disk space, bandwidth, database, dll)
  • Server uptime (minimal 99.90%)
  • Keamanan data terjamin

Adapun pertimbangan non-teknisnya adalah pertimbangan harga. Jika memang ada perusahaan hosting terpercaya yang menawarkan harga murah, maka memilih provider tersebut akan memberikan Anda keuntungan berupa hemat biaya.

Demikian panduan memilih hosting yang baik dan tepat untuk website dan blog. Semoga bisa memberikan referensi web hosting yang bermanfaat bagi Anda, khususnya bagi kalian yang masih cukup awam mengenai layanan web hosting.

Leave a Comment