Masalah dan Penyebab Kulkas Tidak Dingin


Hostara.web.id – Masalah dan Penyebab Kulkas Tidak Dingin.

Penyebab kulkas tidak dingin seringkali disebabkan oleh banyak faktor. Penyebabnya bisa saja dikarenakan pengaturan suhu yang tidak benar hingga kerusakan pada komponen mesin. Berfungsi untuk menjaga keawetan makanan dan sayuran serta minuman, penyebab kulkas tidak dapat berfungsi dengan baik tentu perlu secara cepat diidentifikasi dan diperbaiki.

Kulkas yang tidak dingin atau tidak dapat mencapai suhu dingin optimal untuk penyimpanan makanan tentu berpotensi merusak makanan dan minuman yang tersimpan di dalamnya. Berikut dalam artikel ini akan dibahas apa saja yang mungkin menyebabkan kulkas tidak dingin, sehingga Anda dapat memperbaikinya atau memanggil tukang service bila diperlukan.

ilustrasi kulkas 2 pintu
ilustrasi kulkas 2 pintu

Penyebab Kulkas Tidak Dingin

Kulkas tidak dingin dapat disebabkan karena kulkas yang memang sudah tua atau lama, sehingga ada kerusakan pada komponen mesin yang membuat kulkas tidak dingin. Terkadang kecerobohan kita juga dapat membuat kulkas tidak dingin tanpa disadari.

Berikut ini beberapa penyebab kulkas tidak dingin:

Pintu kulkas tidak tertutup rapat

Terdengar sepele, namun hal ini dapat dan sering terjadi. Seringkali disaat kita membuka kulkas untuk mengambil sesuatu, kita tidak menutup pintu kulkas secara rapat. Pintu kulkas yang tidak rapat dapat menurunkan suhu di dalam kulkas sehingga tidak dingin.

Karet pintu kulkas yang sudah rusak

Perhatikan sekeliling pintu kulkas yang Anda miliki. Anda akan mendapati adanya karet pada sekeliling pintu kulkas. Karet ini berfungsi untuk menutup rapat dan menjaga agar bagian dalam kulkas dan juga freezer kedap dari udara luar.

See also  Pengguna Makin Mudah Hapus Informasi Pribadi di Google Search

karet pintu kulkas

Ini untuk mencegah agar suhu dalam kulkas tidak terpengaruh dengan suhu ruangan pada luar kulkas. Karet yang rusak, lepas atau longgar bisa menimbulkan udara luar ruangan bercampur dengan udara pada dalam kulkas sehingga suhu naik atau lebih panas dan tidak dingin.

Menyimpan terlalu banyak makanan / minuman dalam kulkas

Menaruh makanan atau minuman serta sayuran yang berlebih pada kulkas dapat menyebabkan kulkas tidak dapat mendinginkan secara optimal. Hindari menyimpan makanan, minuman pada kulkas atau dagingan beku pada freezer secara berlebih atau terlalu banyak untuk menghindari suhu kulkas tidak dingin secara optimal.

penyebab kulkas tidak dingin

Kompresor yang rusak menjadi penyebab kulkas tidak dingin

Kompresor yang rusak dapat menyebabkan pendinginan pada dalam kulkas menjadi tidak bekerja secara optimal. Bahkan kulkas dapat mati akibat kompresor yang rusak. Untuk kerusakan ini Anda dapat mengganti kompresor tersebut. Umumnya kerusakan kompresor juga ditandai dengan suara bising atau suara kulkas yang berbunyi secara kencang baik terus menerus atau kadang – kadang.

Thermostat yang mati atau tidak diatur secara benar

Hal sepele lainnya yang membuat kulkas tidak dingin adalah thermostat atau pengatur suhu pada kulkas yang ternyata mati atau suhunya tidak diatur rendah untuk mendinginkan. Apabila thermostat diatur terlalu tinggi atau dalam kondisi mati, akan membuat kulkas tidak dapat dingin.

Freon habis menjadi penyebab kulkas tidak dingin

Sama dengan AC ruangan, kulkas juga membutuhkan freon untuk mendinginkan suhu. Freon yang bocor atau habis dapat membuat kulkas menjadi tidak dingin. Untuk mengecek apakah freon bocor atau tidak dapat dilakukan dengan menyentuh area belakang kulkas.

Jika tidak terasa hangat, ada kemungkinan freon kulkas Anda habis atau bocor. Untuk itu diperlukan pengecekan dan pengisian ulang freon jika diperlukan

See also  Masa Kejayaan dan Masa Kemunduran

Evaporator putus

Apabila freon kulkas Anda tidak habis, maka ada kemungkinan masalahnya ada pada evaporator. Evaporator berfungsi untuk menyalurkan freon. Jika evaporator mengalami kerusakan, maka freon tidak dapat menyebar secara merata sehingga kulkas tidak dingin

Stop kontak rusak atau tidak berfungsi

Hal yang terkadang sepele dan terlupakan untuk dicek adalah bagian stop kontak beserta steker atau colokan kulkas. Ada kemungkinan kabel colokan kulkas tidak terpasang kencang atau longgar sehingga kulkas tidak dapat dingin. Atau ada kemungkinan juga jika stop kontak rusak sehingga tidak dapat mengalirkan listrik ke kulkas dengan baik.


Thanks for reading Masalah dan Penyebab Kulkas Tidak Dingin.

Leave a Comment