7 Kerugian Menggunakan Web Hosting Gratisan

7 Kerugian Menggunakan Web Hosting Gratisan

Menggunakan web hosting gratisan sepintas serasa menguntungkan karena kita tidak perlu mengeluarkan biaya.

Namun, dibalik hal tersebut sejatinya Anda akan dihadapkan dengan berbagai kerugian yang semestinya Anda sadari dari awal.

Web hosting gratis adalah layanan web hosting yang sarat dengan pembatasan. Selain itu, fitur yang Anda dapatkan juga cukup minim.

Belum lagi urusan keamanan data serta website Anda dimana penyedia web hosting gratisan umumnya tidak ingin tahu soal keamanan website pengguna.

Apa Saja Kerugian Menggunakan Web Hosting Gratisan?

Setidaknya ada 7 hal yang mestinya akan membuat Anda berpikir ulang untuk prefer web hosting gratisan:

  1. Faktor Keamanan Website
  2. Loading Website Lambat
  3. Diberlakukan Sleep Time
  4. Uptime Dibawah Standar
  5. Kapasitas Data Kecil
  6. Web Host Gratisan Memuat Iklan
  7. Tidak Mendapat Dukungan Teknis

Web hosting gratisan bisa saja Anda pilih ketika Anda masih dalam tahap belajar. Namun, menurut saya pilihan yang tepat tetaplah web hosting berbayar.

Sekalipun Anda seorang pemula, dengan langsung menggunakan web hosting premium akan membuat Anda memiliki dorongan yang lebih besar untuk belajar.

Tentu saja, karena setelah mengeluarkan uang pastinya Anda ingin mendapatkan manfaat dari cost yang telah Anda keluarkan.

Berbeda dengan menggunakan web hosting gratis, Anda mungkin tidak memiliki motivasi lebih untuk belajar mengembangkan website karena Anda tidak mengeluarkan biaya.

7 Kerugian Menggunakan Web Hosting Gratisan

Berikut 7 kekurangan menggunakan web hosting gratisan yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda untuk memilih web hosting gratisan.

1. Website Tidak Aman

Kerugian yang paling nyata ketika Anda memutuskan menggunakan web hosting gratisan adalah faktor keamanan website Anda.

Karena web hosting gratisan tidak mengharuskan penggunanya untuk membayar sepeserpun, maka provider tidak memberikan garansi keamanan apapun.

Apapun tipe website yang Anda buat, saya yakin Anda tidak ingin kehilangan website tersebut karena Anda sudah meluangkan banyak waktu untuk membuat dan mengembangkan website tersebut.

Oleh sebab itu, adalah sebuah keharusan untuk memastikan website Anda tetap bisa online sebagaimana mestinya.

2. Waktu Muat Lambat

Web hosting gratisan memiliki sumber daya yang cukup terbatas. Karenanya, 99% website yang menggunakan hosting gratisan memiliki waktu muat yang lambat.

Sebuah server akan dibagi untuk sekian banyak pengguna. Dari sisi spesifikasi juga dibawah standar, alhasil semua website pengguna memiliki loading lambat.

3. Terdapat Sleep Time

Sebagian penyedia web hosting gratis di Indonesia maupun luar negeri memberlakukan sleep time (website Anda dalam kondisi offline).

Hal tersebut dilakukan agar pengguna web hosting gratisan tidak menggunakan terlalu banyak sumber daya yang harus di share dengan pengguna lain.

Peraturan sleep time ini tidak akan Anda jumpai ketika Anda menggunakan web hosting berbayar. Jadi, situs web Anda selalu online 24 jam non-stop.

4. Uptime Sangat Rendah

Karena adanya ketentuan sleep time serta tidak mendapat dukungan sumber daya yang memadai, maka score uptime sangatlah rendah.

Uptime tinggi merupakan salah satu pertimbangan terpenting dalam memilih web hosting, karena jika score uptime rendah maka itu artinya website Anda sering tidak bisa diakses.

Banyak kerugian yang disebabkan oleh masalah uptime ini, dan yang paling merugikan adalah kaitannya dengan SEO.

Ketika suatu website sering tidak bisa diakses, hal tersebut dapat mempengaruhi SEO website tersebut karena teridentifikasi tidak memberikan pengalaman pengguna yang baik.

Sebagian besar mesin pencari sangat memprioritaskan kenyamanan pengguna, khususnya mesin pencari Google.

5. Kapasitas Data Sangat Terbatas

Pengguna hosting gratisan umumnya mendapatkan disk space yang cukup kecil. Wajar saja, karena perusahaan tidak ingin merugi.

Meski ada juga penyedia hosting gratisan yang menawarkan disk space cukup besar bahkan unlimited, namun kenyataannya hal tersebut hanya berupa janji.

Anda perlu berpikir secara logis, jika pengguna hosting berbayar saja tidak sedikit yang mendapatkan disk space tidak lebih dari 100 MB, apalagi yang gratisan.

Disisi lain, web hosting terbaik adalah layanan web hosting yang mampu memenuhi kebutuhan sumber daya situs Anda, termasuk untuk kapasitas penyimpanan data.

6. Terdapat Embel-embel Iklan

Sebagian perusahaan penyedia web hosting gratis menyisipkan iklan pada layanan hosting gratis yang mereka sediakan.

Tujuannya tentu untuk branding dan meningkatkan penjualan hosting premium mereka. Ini adalah sebuah strategi marketing.

Namun, tidak sedikit juga web hosting gratisan tanpa iklan. Terdapat beberapa layanan web hosting gratis tanpa iklan sama sekali.

Hanya saja untuk ukuran performa, tetap saja yang namanya web host gratisan tidak akan seoptimal yang diespektasikan.

7. Tidak Ada Dukungan Pelanggan

Dan kekurangan web hosting gratisan yang terakhir adalah tidak adanya dukungan teknis untuk pengguna.

Segala macam permasalahan hosting yang dihadapi pengguna harus dapat diselesaikan sendiri karena penyedia tidak menyediakan tim dukungan teknis.

Kesimpulan Kerugian Menggunakan Web Hosting Gratisan

Ada dua macam tipe orang yang membuat situs web. Pertama, mereka yang ingin secara serius membuat dan mengembangkan website miliknya sehingga kedepannya dapat menghasilkan profit atau bisa memberikan nilai manfaat untuk banyak orang.

Kedua, mereka yang hanya sekedar ingin memiliki situs web tanpa memiliki tujuan atau orientasi apapun.

Jika Anda termasuk dalam tipe yang pertama, maka Anda wajib menggunakan web hosting berbayar.

Dan apabila Anda masuk dalam tipe yang kedua, maka Anda bisa menggunakan web hosting gratisan.

Leave a Comment