iPhone Minggir! Begini Tips Pemakaian Awet Baterai Seharian di Android


Hostara.web.id – iPhone Minggir! Begini Tips Pemakaian Awet Baterai Seharian di Android.

hostara – Saat ini penggunaan smartphone sangat melekat di kehidupan, bahkan pengguna bisa menghabiskan waktu berjam-jam hanya menatap layar smartphone nya, kali ini beberapa tips untuk setidaknya menggunakan smartphone di android dalam waktu lama tapi awet konsumsi baterainya.

Melihat baterai smartphone terkuras dalam waktu kurang dari 24 jam selalu menjadi tantangan. Hal ini berubah ketika menonaktifkan beberapa pengaturan yang kurang berguna.

Setidaknya smartphone android anda tetap menjadi teman yang dapat diandalkan dari pagi hingga malam dan seterusnya karena awet baterai nya.

Jika perangkat Anda juga sulit bertahan lebih lama, berikut adalah beberapa pengaturan yang harus Anda sesuaikan.

  • Matikan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Mengaktifkan aplikasi yang tidak digunakan akan menghentikan aktivitas latar belakangnya, sehingga mengurangi konsumsi baterai.

  • Nonaktifkan Tampilan Selalu Aktif

Fitur always-on display membuat sebagian layar tetap aktif untuk menampilkan waktu, notifikasi, dan informasi lainnya bahkan saat ponsel dalam keadaan diam.

Meski praktis, fitur ini terus-menerus menggunakan daya. Menonaktifkan fitur ini dapat mengurangi konsumsi baterai, sehingga ponsel Anda lebih awet.

  • Sesuaikan Batas Waktu Layar

Waktu tunggu layar mengacu pada durasi layar ponsel tetap menyala saat Anda berhenti menggunakannya secara aktif.

Setelah waktu ini, layar akan mati secara otomatis. Dengan mengurangi durasi waktu tunggu, layar ponsel akan mati lebih cepat, sehingga menghemat daya baterai.

Kecepatan refresh mengacu pada seberapa sering layar Anda diperbarui per hostara. Kecepatan refresh yang lebih tinggi memberikan visual yang lebih halus tetapi menghabiskan lebih banyak daya baterai. Menurunkan frekuensi ini dapat membantu menghemat baterai Anda.

See also  Tips Membeli Paper Shredder Sesuai Dengan Kebutuhan

Mengaktifkan mode hemat daya akan mengurangi kecerahan layar, membatasi aktivitas latar belakang, meminimalkan efek visual, menonaktifkan getaran dan umpan balik sentuhan, serta menonaktifkan layar selalu aktif, di antara fitur-fitur lainnya.

Dengan menonaktifkan fungsi-fungsi ini, ponsel Anda akan menggunakan lebih sedikit daya baterai, sehingga memperpanjang masa pakai baterai.

  • Optimalkan Penggunaan Baterai untuk Aplikasi yang Boros Daya

Beberapa aplikasi menghabiskan lebih banyak daya baterai daripada yang lain. Mengidentifikasi aplikasi yang menguras daya baterai dan menyesuaikan pengaturannya dapat mengurangi konsumsi daya.

Misalnya, Anda dapat menidurkan aplikasi yang boros daya jika belum melakukannya, berhenti menerima notifikasi dari aplikasi tersebut, membatasi waktu penggunaan layarnya, atau menonaktifkan pengaturan yang tidak perlu seperti pelacakan lokasi secara terus-menerus.

  • Aktifkan Kecerahan Adaptif

Sering kali meningkatkan kecerahan layar secara manual dan kemudian lupa menurunkannya saat pindah ke area dengan cahaya sekitar yang lebih baik.

Kemudian, mulai menggunakan fitur kecerahan adaptif, yang secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan kondisi cahaya sekitar. Fitur ini membantu mengelola penggunaan baterai secara lebih efektif.

Mengaktifkan fitur ini memastikan layar Anda cukup terang untuk visibilitas yang baik tanpa melelahkan mata Anda dan juga menghemat baterai.

Baca juga : 6 Tips Agar Baterai Smartphone Awet


Thanks for reading iPhone Minggir! Begini Tips Pemakaian Awet Baterai Seharian di Android.

Leave a Comment