Tentang Hostara: Situs Review dan Referensi Web Hosting

Web Hosting merupakan salah satu modal fundamental untuk membuat website ataupun blog self-hosted.

Dalam memilih Web Hosting, terdapat sejumlah pertimbangan yang semestinya mendasari sebuah pilihan.

Kualitas (meliputi page load time, server uptime, fasilitas, fitur, dll), keamanan, dan pelayanan merupakan beberapa contoh hal prioritas yang perlu diberikan perhatian.

Dan harga murah akan menjadi nilai tambah bagi konsumen yang ingin menekan anggaran.

Faktanya:

Terdapat sekian banyak penyedia layanan Web Hosting. Dan sebagian konsumen masih cukup awam mengenai Web Hosting, sehingga tidak sedikit dari mereka yang membeli Web Hosting tanpa mempertimbangkan aspek teknis.

Banyak konsumen yang mendapatkan Web Hosting murah, namun sayangnya kualitas hosting yang digunakannya sama sekali tidak menunjang perkembangan website / blog mereka.

Kapasitas penyimpanan (disk space) tidak sesuai kebutuhan, bandwidth sangat rendah, load time lambat, down time tinggi, hingga isu keamanan akhirnya menjadi masalah serius yang harus mereka hadapi.

Hostara: Referensi Web Hosting

Hostara adalah sebuah website yang secara khusus saya bangun untuk memberikan panduan, tips, dan rekomendasi Web Hosting terbaik kepada pengguna yang masih membutuhkan bimbingan dalam memilih layanan Web Hosting.

Sebagai seorang full-time blogger yang sudah cukup lama menggeluti dunia website dan saya memahami betul bahwa memilih Web Hosting secara tepat merupakan salah satu keputusan krusial karena kualitas suatu layanan Web Hosting akan memberi andil pada perkembangan suatu website.

Melalui website ini saya ingin menuangkan berbagai pengetahun seputar Web Hosting serta berbagi pengalaman pribadi yang diharapkan bisa memberikan nilai manfaat kepada pengunjung website ini.

Apa yang akan saya tuangkan di Hostara?

Pada intinya website ini akan membimbing pengunjung untuk mendapatkan Web Hosting berkualitas sebagaimana seharusnya.

Dengan berbagai masukan yang saya ulas di halaman website ini, Anda akan mendapatkan gambaran seperti apa kriteria penyedia web hosting berkualitas sehingga Anda akan mengetahui dimana tempat membeli hosting yang bagus.

Apa saja yang saya kerjakan agar bisa memberikan referensi web hosting yang bisa dipercaya?

Saya menganalisa sebagian besar perusahaan Web Hosting di Indonesia, dan fokus saya tertuju pada penyedia hosting yang memiliki nama besar atau popularitas tinggi.

Tidak hanya sebatas menganalisa, tetapi saya juga membeli layanan Web Hosting dari beberapa penyedia sebagai penyempurna analisa yang saya lakukan.

Saya menguji kinerja website yang di host oleh penyedia hosting tertentu. Apakah website tersebut memiliki performa yang bagus dan bisa diakses secara normal dalam berbagai kondisi.

Setelah sampai pada sebuah kesimpulan, saya akan memberikan review serta daftar rekomendasi penyedia Web Hosting terbaik kepada pengunjung website ini. Dengan demikian, pengguna website ini bisa menentukan pilihan Web Hosting terbaik sesuai kebutuhan.

Apakah review web hosting yang saya buat obyektif?

Anda mungkin mendapati sebagian situs review hosting diluar sana lebih mementingkan sisi bisnis sehingga review yang disajikan menjadi kurang obyektif.

Tentu saja saya membutuhkan biaya operasional untuk dapat terus mengelola website ini, dan salah satu sumber dana yang saya dapatkan adalah melalui review yang saya publikasikan di halaman situs ini. Namun demikian, visi saya adalah untuk membantu calon webmaster mendapatkan Web Hosting bermutu dengan review yang obyektif serta berbasis data.

Saya akan mencantumkan data-data pendukung yang akan menjadi dasar keabsahan informasi yang saya sampaikan.