Fitur Baru Intel Core Generasi 14 Bisa Tingkatkan FPS di Game


Hostara.web.id – Fitur Baru Intel Core Generasi 14 Bisa Tingkatkan FPS di Game.

hostara, Jakarta – Seorang pengguna Reddit telah menemukan bahwa prosesor Intel Core generasi 14 memiliki fitur untuk memberikan peningkatan kinerja FPS di dalam sebuah game, menurut laporan Tom’s Hardware.

Bagi yang belum tahu, perusahaan belum mengumumkan fitur Intel Application Optimization (APO) dari chip Intel Core generasi 14, yang bisa meningkatkan performa aplikasi, termasuk game.

Di sisi lain, perusahaan tidak mengumumkan fitur ini, fitur hanya mendukung dua game lawas, yaitu Rainbow Six Siege (2015) dan Metro Exodus (2019).

BACA JUGA:

Seperti yang dikutip Hostara dari Engadget, pengguna Reddit bernama LightMoisure menggunakan prosesor Intel Core i9-14900K, dan hasilnya fitur tersebut meningkatkan FPS game Metro Exodus dari 273 FPS menjadi 339 FPS, yang mana ini meningkat 24 persen.

Selain itu, game tembak-tembakan Rainbox Six Siege mendapatkan peningkatkan yang cukup signifikan dari segi frame rate-nya, yakni dari 659FPS menjadi 867FPS, ini meningkat sekitar 32 persen.

Pengguna tersedbut mencatat bahwa dia menjalan game dalam resolusi 1080p di pengaturan grafis yang rendah dengan pengaturan memori kelas atas untuk meguji apa yang dapat dilakukan APO dalam kondisi ideal.

Namun, ada kemungkinan fitur ini tidak bisa meningkat FPS di dalam game dengan pengaturan grafis yang lebih tinggi, dan juga masih belum diketahui bagaimana fitur akan menangani game terbaru.

Intel Core Generasi 14 Fitur Game

Meskipun, Tom Warren dari The Verge menjajal fitur ini di berspesifikasi PC Core i9-14900K dan GPU RTX 4090 dengan pengaturan grafis Very High di resolusi 1080p, hasilnya Rainbow Six Siege mendapatkan 688FPS dari 615FPS, dan Metro Exodus meningkat dari 177FPS ke 207FPS. Jika dilihat angka tersebut selaras dengan informasi dari Intel.

See also  WhatsApp Kembangkan Fitur Transfer Obrolan Tanpa Backup

Sayangnya, selain hanya mampu mendukung dua game lawa saja, fitur APO ini memiliki pengaturan yang cukup sulit untuk diaktifkan, karena pengguna harus melihar driver motherboard apakah mendukung Intel Dynamic Tuning, dan menginstal driver yang sesuai, lalu mengaturnya di pengaturan BIOS PC kalian.

Setelah itu, kalian bisa menginstal aplikasi APO dari Microsoft Store, yang memungkinkan kalian untuk mengkonfigurasi pengaturan dan mengaturnya dengan cepat. Namun, beberapa pengguna Reddit melaporkan bahwa mengikuti tautan eksternal ke Microsoft Store tidak akan berfungsi, jadinya aplikasi harus diintal secara manual.

BACA JUGA:

Diharapkan pengaturan mengenai fitur ini di masa mendatang akan menjadi lebih mudah dan Intel menambahkan dukungan game baru secara teratur, dengan kemudahan tersebut maka fitur ini dapat melampaui kemampuan kecepatan clock sebesar 6GHz sebagai daya tarik utama chip baru ini.


Thanks for reading Fitur Baru Intel Core Generasi 14 Bisa Tingkatkan FPS di Game.

Leave a Comment