Cloud Hosting Indonesia Terbaik (Murah & Cepat)

Cloud Hosting Indonesia Terbaik (Murah & Cepat)

Cloud hosting merupakan solusi tepat bagi website atau blog dengan tingkat kebutuhan sumber daya tinggi. Jika website Anda sudah tumbuh-berkembang menjadi website besar yang memiliki traffic tinggi serta dengan kebutuhan storage yang cukup besar, maka cloud hosting dapat Anda jadikan sebagai pilihan.

Cloud hosting adalah sebuah teknologi web hosting di era modern yang memiliki kinerja lebih baik dibanding layanan web hosting konvensional. Meski secara umum harga cloud hosting lebih mahal dari tipe web hosting konvensional, namun keuntungan yang Anda dapat sebanding dengan biaya yang Anda keluarkan.

Penyedia Cloud Hosting Indonesia Terbaik 2019

1. Niagahoster

Paket Cloud Server Termurah

  • Rp 150.000/Bln
  • Kapasitas Data: 20 GB
  • Bandwidth: Unlimited
  • RAM: 3 GB
  • CPU: 2 Core

2. Jogjahost

Paket Cloud Server Termurah

  • Rp 150.000/Bln
  • Kapasitas Data: 20 GB
  • Bandwidth: Unlimited
  • RAM: 3 GB
  • CPU: 2 Core

3. Hostinger

Paket Cloud Server Termurah

  • Rp 81.000/Bln
  • Kapasitas Data: 40 GB
  • Bandwidth: Unlimited
  • RAM: 3 GB
  • CPU: 2 Core

Memahami Apa itu Cloud Hosting

Hosting awan atau cloud hosting adalah jenis web hosting terbaru yang siap memberikan performa lebih andal bagi pengelola website berskala besar.

Konsep dasar dari cloud hosting adalah menyediakan sejumlah server (cloud) yang memungkinkan suatu website tetap bisa online selama 24 jam dengan penggunaan sumber daya sesuai yang diperlukan.

Pada layanan cloud hosting, Anda juga dimungkinkan untuk mengelola beban puncak dengan lebih mudah, tanpa dihadapkan dengan masalah kekurangan bandwidth karena server lain dapat menyediakan tambahan sumber daya.

Ini adalah salah satu kelebihan cloud hosting yang mana sebuah website tidak hanya mengandalkan satu server, tetapi sekelompok server yang disebut sebagai cloud atau awan.

Cara Kerja Cloud Hosting

Sebagaimana telah disebutkan diatas, setiap server pada jaringan cloud hosting memiliki suatu tugas tertentu.

Ketika terjadi gangguan pada salah satu server, maka server lain akan menggantikan server yang bermasalah tersebut dan menyediakan sumber daya yang dibutuhkan.

Ini juga berlaku pada kasus overloads atau kelebihan beban. Server lain akan menggantikan server yang mengalami masalah.

Sementara itu, agar cloud hosting dapat berfungsi dengan baik, maka diperlukan perangkat keras berkualitas tinggi supaya mampu menjalankan berbagai tugasnya secara optimal.

Hardware dengan kualitas yang tidak memenuhi standar tidak akan memberikan kelebihan berarti pada layanan cloud hosting, bahkan hal tersebut justru akan meningkatkan biaya yang tidak berbanding lurus dengan hasilnya.

Ketika Anda ingin memilih layanan cloud hosting, pastikan perusahaan penyedia cloud hosting yang akan Anda pilih mampu memberikan layanan cloud hosting berkualitas sebagaimana kelebihan yang dimiliki cloud hosting itu sendiri.

Topologi Cloud Hosting

Untuk memudahkan Anda memahami apa itu cloud hosting, Anda bisa memperhatikan gambar topologi cloud hosting berikut ini.

pengertian cloud hosting - cloud hosting terbaik

Penjelasannya adalah sebagai berikut:

  • Data Center: Yaitu tempat dimana server atau sekumpulan server baik milik penyedia data center sebagai jasa managed cloud service ataupun milik perusahaan hosting yang hanya menempatkan servernya di data center atau melakukan colocation server di data center.
  • Server Distribusi: Server distribusi di perusahaan penyedia web hosting bertindak sebagai pengatur sumber daya sesuai request, baik itu sumber daya server dan bandwidth pada server di fasilitas data center ataupun server di perusahaan web hosting tersebut.
  • Internet: Internet adalah sebagai jalur pengantar data ke seluruh pihak baik secara data request (uplink) ataupun secara data packet delivery (downlink).
  • Pengguna: Pengguna adalah pengunjung website yang mengakses website tersebut melalui browser atau aplikasi khusus seperti aplikasi Android, Windows, iPhone, atau aplikasi lainnya.

Contoh Cloud Hosting

Pada umumnya perusahaan-perusahaan besar menggunakan cloud hosting untuk memastikan kelancaran website mereka, dan berikut ini adalah beberapa contoh website yang menggunakan layanan cloud hosting.

  1. Google Document
  2. Google Drive
  3. Git
  4. GitHub
  5. Gojek

Selain kelima website diatas, masih banyak situs-situs besar lainnya yang menggunakan cloud computing untuk mengoptimalkan kinerja situs web bersangkutan.

Kelebihan Cloud Hosting

Cloud hosting memiliki sejumlah kelebihan. Selain yang sudah saya sebutkan sebelumnya, berikut ini adalah beberapa kelebihan lain dari layanan cloud hosting.

1. Fleksibilitas & Skalabilitas Tinggi

Cloud computing menawarkan fleksibilitas dengan kemudahan data akses, kapan dan dimanapun Anda berada dengan catatan user terhubung dengan internet. Selain itu, user juga dapat dengan mudah meningkatkan atau mengurangi kapasitas penyimpanan data tanpa perlu membeli peralatan tambahan seperti hardisk.

2. Seluruh Data Tersimpan di Server Secara Terpusat

Kelebihan teknologi cloud computing lainnya adalah memungkinkan pengguna untuk menyimpan data secara terpusat di satu server berdasarkan layanan yang disediakan oleh penyedia layanan Cloud itu sendiri.

Dengan demikian, pengguna tidak perlu lagi menyediakan infrastruktur seperti data center, media penyimpanan atau yang lainnya karena semua sudah tersedia secara virtual.

3. Kapasitas Penyimpanan Besar

Pada perangkat keras semisal hardisk dan flashdisk kapasitas penyimpanan datanya sangat terbatas. Maksimalnya hardware hanya dapat menyimpan data sampai 2 TB.

Berbeda dengan cloud server, kapasitas penyimpanan datanya adalah unlimited. Sebanyak apapun data yang ingin disimpan pada cloud server tetap bisa ditampung.

Dengan cloud server Anda bisa lebih hemat karena tidak perlu lagi melakukan pembelian perangkat keras seperti flashdisk ataupun hardisk baru. Anda cukup menyimpannya di cloud server.

Namun perlu dicatat, bahwa setiap layanan cloud hosting yang ditawarkan suatu provider pastinya tetap memiliki batasan besaran kapasitas penyimpanan.

4. Keamanan Data Terjamin

Ketika Anda memilih web hosting, keamanan merupakan salah satu aspek terpenting yang tidak semestinya Anda abaikan.

Pada layanan cloud hosting, keamanan data pengguna disimpan secara aman lewat server yang disediakan oleh penyedia layanan cloud hosting seperti jaminan platform teknologi, jaminan ISO, dan juga data pribadi.

Tips Memilih Cloud Hosting Terbaik di Indonesia

Menyadari kebutuhan dipihak pengguna, saat ini sebagian besar perusahaan web hosting di Indonesia sudah menyediakan layanan cloud hosting dengan skala kebutuhan yang dapat disesuaikan.

Namun demikian, terlepas dari banyaknya pilihan yang ada Anda perlu menentukan pilihan secara cermat mengingat fungsi hosting itu sendiri yang cukup penting bagi kelangsungan website Anda.

Anda tidak semestinya hanya tergiur harga murah, Anda perlu memperhatikan berbagai hal teknis agar layanan cloud hosting yang akan Anda pilih benar-benar dapat memenuhi kebutuhan sumber daya website dan blog Anda.

Perhatikan beberapa hal berikut ini jika Anda memutuskan untuk menggunakan cloud hosting.

1. Ketahui Ukuran Kebutuhan Anda

Setiap website memiliki tingkat kebutuhan sumber daya yang berbeda-beda. Jadi, Anda perlu memahami berapa ukuran sumber daya yang diperlukan website Anda sehingga dana yang akan Anda keluarkan adalah sebagaimana yang diperlukan.

2. Pilih Perusahaan yang Menawarkan Garansi

Tidak semua penyedia cloud hosting menawarkan garansi. Untuk memastikan Anda terbebas dari potensi mengalami kerugian, pastikan Anda mendapatkan perlindungan berupa garansi uang kembali tanpa syarat.

Garansi uang kembali umumnya berlaku selama 30 hari sejak pembelian. Anda perlu mendapatkan kemudahan ini agar dapat mengajukan refund jika merasa kurang puas dengan kualitas layanan serta pelayanannya.

3. Keamanan Terjamin

Ketika Anda memilih layanan web hosting, entah Anda sadari atau tidak bahwa pada dasarnya Anda mempercayakan data-data website Anda kepada perusahaan tersebut. Anda tentu tidak ingin kehilangan data apapun, bukan?

Pilihlah perusahaan penyedia cloud hosting terbaik yang memiliki tingkat keamanan tinggi yang secara teori mampu menjaga keamanan seluruh data-data penting website Anda.

4. Pelayanan Konsumen

Pertimbangan penting lainnya dalam memilih cloud hosting adalah mengacu pada aspek pelayanan konsumen.

Masalah hosting dapat Anda jumpai sewaktu-waktu, dan ini akan menjadi kendala yang berkepanjangan jika Anda tidak mendapatkan support dari tim dukungan teknis perusahaan web hosting bersangkutan. Pilihlah perusahaan web hosting yang menyiapkan tim support 24 jam non-stop.

5. Harga Terbaik

Umumnya pengguna menginginkan biaya sewa termurah. Yang perlu Anda lakukan adalah mengumpulkan daftar perusahaan penyedia cloud hosting terpercaya kemudian memilih perusahaan yang menawarkan harga terbaik yang disisi lain kualitas cloud hosting mereka sudah cukup teruji.

Ingat, jangan memilih cloud hosting termurah yang kualitasnya juga ikut murah. Website Anda membutuhkan web hosting berkualitas untuk bisa tumbuh-berkembang dengan sebagaimana mestinya.

Review dan Rekomendasi Cloud Hosting Indonesia Terbaik

Berikut daftar penyedia cloud hosting terbaik di Indonesia yang dapat Anda pertimbangkan untuk memenuhi kebutuhan sumber daya besar website dan blog Anda.

1. Niagahoster

cloud hosting indonesia terbaik 1

Rekomendasi cloud hosting Indonesia terbaik #1 adalah Niagahoster. Merupakan salah satu perusahaan web hosting terpercaya di Indonesia dengan pertumbuhan yang sangat impresif.

Niagahoster dipercaya oleh ratusan ribu pengguna dari berbagai macam profesi mulai blogger, webmaster, institusi pemerintah, hingga lembaga pendidikan. Saya sendiri sudah menggunakan hosting Niagahoster sejak 2013 silam.

Saat ini Niagahoster menawarkan 4 pilihan layanan cloud hosting, yakni paket Basic, Standard, Premium, dan Corporate.

Cloud Hosting Basic

  • Kapasitas Penyimpanan 20 GB
  • Bandwidth: Unlimited
  • Memory (RAM): 3 GB
  • Core: 2 Core
  • Harga: Rp 150.000/Bln

Cloud Hosting Standard

  • Kapasitas Penyimpanan 40 GB
  • Bandwidth: Unlimited
  • Memory (RAM): 4 GB
  • Core: 3 Core
  • Harga: Rp 210.000/Bln

Cloud Hosting Premium

  • Kapasitas Penyimpanan 60 GB
  • Bandwidth: Unlimited
  • Memory (RAM): 6 GB
  • Core: 6 Core
  • Harga: Rp 360.000/Bln

Cloud Hosting Corporate

  • Kapasitas Penyimpanan 120 GB
  • Bandwidth: Unlimited
  • Memory (RAM): 10 GB
  • Core: 8 Core
  • Harga: Rp 720.000/Bln

2. Jogjahost

cloud hosting indonesia terbaik 2

Jogjahost merupakan perusahaan web hosting lokal terpercaya yang menawarkan layanan web hosting premium dengan jaminan akses cepat serta menggaransi keamanan data-data website klien.

Perusahaan ini menggunakan perangkat berstandar tinggi dengan teknologi mutakhir yang siap memberikan layanan cloud hosting terbaik sesuai dengan tuntutan kebutuhan konsumen.

Saat ini Jogjahost menyediakan 3 pilihan paket cloud hosting yang terdiri dari paket Basic, Professional, dan Bussiness. Dan berita baiknya saat ini mereka sedang memberikan diskon harga hingga 75% untuk paket Bussiness.

Cloud Hosting Basic

  • Kapasitas Penyimpanan 20 GB
  • Bandwidth: Unlimited
  • Memory (RAM): 3 GB
  • Core: 2 Core
  • Harga: Rp 150.000/Bln

Cloud Hosting Professional

  • Kapasitas Penyimpanan 40 GB
  • Bandwidth: Unlimited
  • Memory (RAM): 4 GB
  • Core: 4 Core
  • Harga: Rp 200.000/Bln

Cloud Hosting Bussiness

  • Kapasitas Penyimpanan 100 GB
  • Bandwidth: Unlimited
  • Memory (RAM): 6 GB
  • Core: 6 Core
  • Harga: Rp 150.000/Bln

3. Hostinger

cloud hosting indonesia terbaik 3

Hostinger merupakan penyedia cloud hosting termurah di Indonesia yang bahkan hanya dengan biaya kurang dari Rp 100.000 pengguna sudah bisa menikmati layanan cloud hosting premium.

Sedikit flashback, Hostinger sebelumnya lebih dikenal sebagai penyedia web hosting gratis tanpa iklan dimana banyak blogger pemula menggunakan layanan mereka.

Dan seiring berjalannya waktu, kini Hostinger menjelma sebagai salah satu perusahaan web hosting berbayar terkemuka di Indonesia dengan pertumbuhan yang cukup impresif.

Meskipun tidak lagi menyediakan hosting gratisan, namun perusahaan ini tetap menggunakan strategi harga murah untuk menggait konsumen. Dan dengan diimbangi kualitas layanan yang bagus, Hostinger berhasil menjadi salah satu perusahaan web hosting yang paling diperhitungkan.

Untuk saat ini mereka menyediakan 3 pilihan paket cloud hosting, yaitu Startup, Professional, dan Enterprise.

Cloud Hosting Startup

  • Kapasitas Penyimpanan 40 GB
  • Bandwidth: Unlimited
  • Memory (RAM): 3 GB
  • CPU Core: 2 Core
  • Harga: Rp 81.000/Bln

Cloud Hosting Professional

  • Kapasitas Penyimpanan 80 GB
  • Bandwidth: Unlimited
  • Memory (RAM): 6 GB
  • CPU Core: 4 Core
  • Harga: Rp 163.000/Bln

Cloud Hosting Enterprise

  • Kapasitas Penyimpanan 160 GB
  • Bandwidth: Unlimited
  • Memory (RAM): 12 GB
  • CPU Core: 6 Core
  • Harga: Rp 299.000/Bln

Kesimpulan

Cloud hosting merupakan solusi tepat bagi website besar dengan tingkat kebutuhan sumber daya tinggi. Ketika Anda mendapati website Anda mulai tumbuh-berkembang dan tidak lagi mampu mengandalkan layanan hosting standar, maka sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk beralih ke cloud hosting.

Ada puluhan perusahaan penyedia cloud hosting di Indonesia yang telah saya pelajari mencakup aspek teknis, pelayanan, hingga harga, dan menurut hemat saya ketiga provider diatas merupakan pilihan yang tepat untuk mendapatkan layanan cloud hosting murah terbaik di Indonesia.

Leave a Comment