Cara Menentukan Target Market Agar Tepat Sasaran


Hostara.web.id – Cara Menentukan Target Market Agar Tepat Sasaran.

Cara menentukan target market dengan benar perlu diketahui oleh setiap orang yang hendak memulai usaha dan menjual produk yang dimilikinya. Pemilihan target market yang salah atau keliru dapat berakibat fatal seperti kehilangan potensi pelanggan hingga produk yang dijual tidak laku karena salah sasaran.

Dengan mengetahui siapa target konsumen yang hendak dituju, suatu bisnis dapat mengarahkan sumber daya dan upaya pemasaran produk mereka secara efisien dan tepat sasaran. Pemilihan target konsumen atau target market yang keliru juga dapat membuat perusahaan merugi karena mengeluarkan biaya promosi dan penjualan yang sia – sia.

Cara Menentukan Target Market Agar Tepat Sasaran 6

Jenis – Jenis Target Market

Secara umum, jenis-jenis target pasar dikelompokkan menjadi 3 yaitu:

Mass Market

Merupakan target market dengan sasaran terluas. Produk yang dijual bersifat umum dan ditujukan untuk semua orang. Contohnya adalah produk untuk penggunaan sehari-hari seperti sikat gigi, sabun, dan lainnya.

Differentiated Market

Merupakan jenis target pasar yang lebih spesifik. Pelaku usaha biasanya menyasar kalangan tertentu untuk produk baik berupa barang atau jasa yang ditawarkannya. Produk – produk yang menyasar target market jenis ini sedikit lebih sempit lingkupnya.

Misalnya saja untuk produk perawatan muka dapat dibedakan menjadi produk perawatan muka khusus pria dan khusus wanita

Niche Market

Merupakan jenis target market yang paling spesifik dan yang lebih sempit karena terkait dengan karakteristik konsumen yang khusus. Produk yang menyasar target market niche umumnya hanya terbatas untuk kalangan tertentu saja dan tidak dapat digunakan oleh konsumen lain yang lebih luas.

Misalnya saja, untuk produk perawatan muka pria atau wanita, dapat difokuskan lagi untuk lebih spesifik yaitu untuk jenis kulit berminyak atau kulit sensitif.

See also  Nama PUBG Keren dan Artinya (Simbol, Spasi, Lucu, BTR) Terbaru 2022

Tidak semua orang memiliki kulit berminyak atau kulit sensitif. Oleh karenanya, meski merupakan produk perawatan kulit wanita misalnya, tidak semua wanita akan membeli produk yang dikhususkan untuk kulit sensitif.

Tips Cara Menentukan Target Market Agar Tepat Sasaran

Bagi Anda yang baru memulai usaha atau bisnis tentu merasa sulit atau mungkin masih bingung dalam menentukan target market yang tepat dan sesuai dengan produk yang hendak Anda tawarkan. Namun ada sejumlah tips yang dapat membantu Anda menentukan target market agar sesuai dan tepat sasaran:

Kenali Produk yang Hendak Anda Tawarkan

Langkah awal adalah pahami produk yang hendak Anda jual dan tawarkan ke pelanggan. Apa yang bisa ditawarkan oleh produk Anda, apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari produk yang Anda miliki serta apa yang menarik dari produk Anda. Selain itu ketahui juga produk yang mungkin menjadi kompetitor dari produk yang Anda miliki

Lakukan Market Research

Dalam proses ini, selain mengidentifikasi data pelanggan, Anda juga perlu mencari tahu pesaing yang ada. Dengan mengetahui target pasar kompetitor, Anda bisa mencari celah dan kesempatan untuk menargetkan sasaran lain.

Cara Menentukan Target Market Agar Tepat Sasaran 7

Apabila dirasa market sudah terlalu jenuh atau terlalu banyak pesaing, Anda dapat memodifikasi produk yang Anda tawarkan atau menawarkannya ke ceruk pasar lain yang lebih minim pesaing.

Kenali dan Lakukan Segmentasi Pasar

Dalam melakukan market research dan menentukan target market, Anda dapat melakukan segmentasi pasar. Segmentasi pasar adalah proses membagi target pasar menjadi kelompok-kelompok kecil atau segmen untuk mengidentifikasi potensi pertumbuhan pasar.

Apabila produk Anda tidak ditujukan untuk market yang luas, Anda dapat melakukan segmentasi pasar untuk menentukan target market yang lebih cocok dan tepat sasaran untuk produk yang Anda miliki. Anda dapat melakukan segmentasi berdasarkan:

  1. Demografi (usia, jenis kelamin)
  2. Geografi atau lokasi pelanggan
  3. Psikografi pelanggan
  4. Gaya hidup pelanggan
See also  Cara Duet Di Tiktok Tanpa Aplikasi Tambahan, Gampang Begini Carannya!

Misalnya Anda dapat melakukan segmentasi dan menargetkan pasar dengan kriteria wanita rentang usia 17 – 25 tahun yang gemar berbelanja online dan menyukai barang bermerek.

Lakukan Evaluasi Target Market & Strategi Pemasaran

Setelah menentukan target market, Anda dapat melakukan sejumlah strategi pemasaran untuk memasarkan produk Anda. Setelah itu lakukan evaluasi berkala apakah produk yang Anda tawarkan dan strategi pemasaran yang dilakukan sudah sesuai dan tepat dengan target market yang dituju.

Demikian sejumlah tips cara menentukan target market bagi Anda yang hendak memulai suatu bisnis dan usaha. Menentukan target market yang sesuai penting agar produk yang Anda tawarkan dapat menjangkau konsumen yang sesuai.


Thanks for reading Cara Menentukan Target Market Agar Tepat Sasaran.

Leave a Comment