Cara Mempercepat Loading Blog WordPress

Cara Mempercepat Loading Blog WordPress

Mempercepat loading blog WordPress merupakan sebuah pekerjaan penting bagi blogger dan webmaster karena hal tesebut diyakini dapat meningkatkan peringkat blog dan website di hasil penelusuran Google.

Search engine seperti Google sangat mementingkan kepuasan pengguna selama berkunjung ke suatu website. Loading website yang relatif cepat akan memberikan rasa kenyamanan terhadap pengunjung bersangkutan.

Anda perlu mengecek waktu muat website dan blog Anda guna memastikan tidak ada masalah dari sisi load time. Ini penting, karena berkaitan dengan SEO dimana masing-masing faktor saling terkait satu sama lain.

Berapa Idealnya Load Time Suatu Blog?

Semakin cepat loading suatu blog, maka semakin bagus pula untuk user. Namun, ketika banyak file yang memberatkan blog Anda, usahakan loading blog WordPress Anda setidaknya tidak lebih dari 3 detik.

Sebuah studi menunjukkan, bahwa rata-rata website yang memiliki load time lambat akan ditinggalkan oleh pengunjung dengan lebih cepat. Kondisi ini tentunya perlu dihindari karena akan sangat merugikan Anda.

Pengunjung merupakan modal penting yang dapat dikonversi menjadi profit. Artinya, ketika waktu berinteraksi pengunjung dengan website Anda relatif cepat, maka potensi untuk menghasilkan profit dari website semakin kecil.

Cara Cek Loading Blog Secara Akurat

Ada banyak tools yang bisa Anda gunakan secara cuma-cuma untuk mengecek loading blog WordPress atau website Anda.

Beberapa tools cek kecepatan website yang sangat familiar dan dijadikan acuan banyak orang diantaranya GTmetrix, Pingdom Tools, dan Google Page Insights. Dengan ketiga tools ini Anda dapat segera melakukan perbaikan pada load time website Anda jika memang masih dirasa perlu.

Anda dapat membandingkan hasil cek speed dari masing-masing tools untuk mengetahui hasil test speed secara akurat.

Beberapa Hal yang Menyebabkan Loading Blog WordPress Lambat

Sebelum lanjut ke cara meningkatkan loading blog WordPress, terlebih dulu mari dipahami apa saja yang bisa menyebabkan loading blog WordPress menjadi sangat lambat.

Ada banyak faktor yang memberi sumbangsih terhadap load time lambat, namun pada umumnya loading blog lambat adalah dikarenakan beberapa hal tersebut dibawah ini.

1. Server Overloads

Server overloads adalah kondisi dimana server website Anda dalam keadaan memuat beban melebihi kemampuannya sehingga berdampak pada performa website Anda (loading lambat).

Untuk menghindari hal ini, Anda perlu memilih web hosting terbaik yang menyiapkan server dengan spesifikasi unggul yang siap memenuhi kebutuhan sumberdaya website klien.

2. File Berukuran Besar

Penyebab blog loading lambat berikutnya adalah blog tersebut memuat banyak file dalam ukuran terlalu besar sehingga membutuhkan waktu yang relatif lama untuk memuat isi halaman secara menyeluruh.

File gambar dengan resolusi tinggi kerap kali menjadi penyebab loading blog menjadi lambat sehingga Anda perlu menyikapinya dengan melakukan compress terlebih dulu sebelum Anda unggah ke blog.

3. Terlalu Banyak Plugin Aktif

Salah satu keunggulan platform WordPress adalah tersedianya berbagai macam plugin yang bisa digunakan secara mudah dan gratis. Namun, sebaiknya Anda tidak menginstall terlalu banyak plugin karena hal tersebut dapat memberatkan load time blog.

Pilih plugin yang benar-benar Anda butuhkan agar tidak mengganggu loading blog Anda. Terlebih untuk plugin yang cukup berat, jika Anda tidak terlalu membutuhkannya silakan remove plugin tersebut.

4. Versi WordPress Sudah Usang

WordPress di update secara berkala. Untuk memastikan speed WordPress tetap dalam performa terbaik, Anda perlu melakukan upgrade WordPress ke versi terbaru.

Benefit yang didapat tidak hanya soal keamanan dan fitur, tetapi juga dalam hal kecepatan. Jadi, ketika versi WordPress terbaru sudah tersedia segera lakukan update agar blog Anda memiliki load time yang lebih baik dari versi WordPress sebelumnya.

5. Terlalu Banyak Query

Sistem akan mengirimkan, mencatat dan menuliskan query ke database pada website yang sedang berjalan.

Hal tersebut bertujuan untuk mencatat berbagai macam hal saat website tersebut sedang online. Ketika website memiliki traffic yang cukup tinggi, maka query secara otomatis akan bertambah banyak dan menyebabkan loading blog menjadi cukup lambat.

Cara Mempercepat Loading Blog WordPress

Ada banyak hal yang dapat memperlambat load time website WordPress, dan beberapa diantaranya sebagaimana diulas diatas.

Dan jika Anda mendapati loading website WordPress Anda sangat lambat atau tidak terlihat normal, berikut ini adalah beberapa tips meningkatkan loading website WordPress yang bisa Anda terapkan.

1. Gunakan Web Hosting Berkualitas

Diawal mungkin Anda tidak seberapa memperhatikan betapa penting untuk memilih penyedia layanan web hosting terbaik yang menyiapkan sumberdaya besar.

Dan faktanya, performa suatu website sangat bergantung pada kinerja server yang digunakannya. Jika server sering overloads atau sumberdaya relatif kecil, maka dapat dipastikan website Anda tidak bisa berada pada performa terbaiknya.

Jika masalahnya ada pada layanan web hosting, maka Anda perlu pindah hosting agar tidak mengganggu load time blog Anda.

Rekomendasi Penyedia Web Hosting Berkualitas:

  1. Niagahoster
  2. Exabytes
  3. Jogjahost

2. Pilih Theme yang Ringan

Theme atau tema tidak jarang menjadi penyebab loading lambat. Bagi pengguna WordPress, theme berbagai topik tersedia dalam berbagai pilihan. Namun demikian, jangan memilih theme hanya berdasarkan tampilan, tapi pilihlah thema yang SEO friendly dan ringan.

Ketika Anda memilih theme, hal tersebut bukan bukan hanya soal desain, pastikan Anda memilih theme yang tidak akan memperlambat load time blog WordPress Anda.

3. Gunakan Plugin Cache Terbaik

Salah satu cara paling efektif untuk mempercepat loading blog WordPress adalah dengan memasang plugin cache.

Ketika seseorang mengunjungi website Anda, maka server akan men-generate halaman yang diminta, dan jika ini dilakukan secara berulang-ulang, maka performa website dengan sendirinya akan menurun. Nah, disinilah plugin cache akan bekerja untuk mengatasi masalah tersebut.

Ada banyak sekali pilihan plugin cache WordPress terbaik untuk mempercepat loading WordPress, beberapa diantaranya adalah WP Super Cache, WP Fastest Cache, dan W3 Total Cache.

4. Gunakan CDN

Content Delivery Network (CDN) adalah sebuah teknologi bentuk mirroring content website kita. Dengan menggunakan CDN maka isi website kita seperti CSS, gambar, video, hingga scripts akan di mirror di server cadangan yang terletak diberbagai negara.

Jadi, singkatnya dengan menggunakan CDN akan meningkatkan load time isi halaman website kita sekalipun jarak antara lokasi pengunjung dan server cukup jauh.

Adapun layanan CDN gratis yang bisa Anda gunakan adalah CloudFlare. Anda bisa menggunakan CloudFlare tanpa biaya sepeserpun. Saya sendiri juga menggunakan CDN CloudFlare.

5. Compress Gambar Berukuran Besar

Gambar dengan resolusi besar memang memiliki daya tarik visual yang lebih baik, namun resolusi file gambar yang terlalu besar akan memperlambat loading blog Anda. Solusinya adalah dengan melakukan compress namun tidak terlalu memperburuk kualitas gambar tersebut.

Tools compress gambar terbaik yang biasa saya gunakan adalah Website Planet. Saya memilih tools ini karena merupakan tools compress gambar paling bagus yang pernah saya gunakan. Perbedaan antara file asli dan hasil compress hampir tidak bisa dibedakan.

6. Optimalkan Database WordPress

Untuk mengoptimalkan database WordPress Anda bisa menggunakan plugin dimana pilihannya cukup banyak.

Salah satu plugin dengan fungsi untuk mengoptimalkan database WordPress yang sejauh ini sudah digunakan banyak pengelola website WordPress adalah WP-Optimize. Plugin ini bisa digunakan secara gratis.

7. Aktifkan Gzip Compression

Untuk meningkatkan loading WordPress, Anda juga direkomendasikan untuk membuat versi kompres dari website Anda untuk pengunjung. Versi kompres dapat mengurangi ukuran sehingga membuat loading website Anda menjadi lebih cepat.

Silakan aktifkan kompresi Gzip langsung dari cPanel (sebagian penyedia web hosting melengkapi layanan mereka dengan fitur ini), dan jika hosting yang Anda gunakan tidak menyediakan fitur Gzip Compression silakan gunakan plugin.

8. Upgrade Versi PHP

Upgrade PHP merupakan salah satu cara mempercepat loading blog WordPress yang cukup efektif, dan sepertinya banyak yang tidak menyadari hal ini.

Performa website berbasis WordPress dapat ditingkatkan dengan PHP 7 yang dapat memproses hingga 112% lebih request/detik dibanding PHP 5.

Secara keseluruhan, performa WordPress mampu ditingkatkan hingga 50% dari optimasi memori PHP 7 yang pada akhirnya membuat PHP 7 di-set sebagai versi default PHP di semua layanan shared hosting.

9. Perkecil Ukuran File CSS, HTML, dan JavaScript

Cara mempercepat loading WordPress selanjutnya adalah dengan cara melakukan minify pada ukuran file CSS, HTML, dan JavaScript.

Teknik minify yaitu memperkecil ukuran file front-end dan script (HTML, CSS, JS) dengan cara menghapus karakter yang tidak diperlukan, seperti space. Hasilnya, tetap memiliki fungsi yang sama namun tidak ada tambahan bulk.

Minify dapat diterapkan pada blog Anda dengan plugin W3 Total Cache atau Autoptimize. Kedua plugin tersebut memiliki kinerja yang cukup baik dalam hal melakukan minify file untuk mempercepat loading WordPress.

10. Gunakan WordPress Hosting

WordPress hosting adalah sebuah layanan web hosting yang secara khusus didesain untuk memenuhi kebutuhan pengguna WordPress.

WordPress hosting dirancang dan dioptimalkan untuk WordPress. Anda dapat mempertimbangkan opsi ini jika dirasa memungkinkan.

Sebagai bahan pertimbangan dan masukan, Anda dapat membaca artikel review web hosting terbaik untuk WordPress.

Penutup

Website lambat adalah sebuah kondisi yang sangat merugikan. Sebagai pemilik website, Anda perlu memastikan load time website WordPress Anda berada pada level terbaik agar tidak memberikan imbas negatif pada perkembangan website dan juga bisnis Anda.

Banyak cara untuk meningkatkan loading website WordPress, Anda perlu menerapkan beberapa cara yang paling efektif yang secara keseluruhan telah dijabarkan diatas.

Leave a Comment