Cara Buat Grup Email di Gmail


Hostara.web.id – Cara Buat Grup Email di Gmail.

Jakarta, hostara – Baik itu pembaruan pekerjaan, undangan pribadi, atau pengumuman, Anda pasti ingin mengirim email grup.

Memasukkan email setiap kontak memakan waktu, dan Anda mungkin melupakan seseorang.

Untuk menghemat waktu dan kesalahan, buat grup email yang mencakup beberapa penerima.

Prosesnya mudah, dan Anda dapat melakukannya melalui Chromebook, laptop, atau browser seluler di ponsel cerdas Anda.

Cara menambahkan kontak ke grup Gmail

Untuk menambahkan kontak ke grup email di Gmail, mulailah dengan membuka Google Kontak. Selanjutnya, buka panel kiri dan pilih ikon + di samping Label. Saat kotak dialog Buat label muncul, beri nama label dan pilih Simpan.

Sekarang Anda memiliki label baru, pilih kontak yang ingin Anda sertakan dalam grup. Lalu, buka toolbar, pilih ikon Kelola label, dan tambahkan kontak Anda ke label tersebut.

Tips
Anda sekarang dapat menavigasi ke akun Gmail Anda dan menulis email seperti biasa. Daripada memasukkan alamat email setiap kontak, masukkan nama label untuk mengirim email ke semua anggota grup.
Anda dapat membuat label di ponsel Anda. Langkah-langkahnya sama, namun Anda akan menggunakan browser seluler untuk melihat kontak Google dan membuat label.

Cara menghapus anggota dari grup Gmail

Anda mungkin perlu meninjau label yang Anda buat dan menghapus kontak untuk menjaga kerahasiaan komunikasi email Anda.

Untuk menghapus kontak dari label Gmail, buka Google Kontak dan pilih label yang ingin Anda hapus kontaknya.

Kemudian, pilih semua kontak yang ingin Anda hapus. Setelah memilih semua kontak, buka toolbar, pilih tiga titik vertikal, dan klik Hapus dari label.

Kontak yang Anda hapus tetap ada dalam daftar kontak Gmail Anda namun bukan bagian dari label sampai Anda menambahkannya kembali.

See also  20 Contoh Deskripsi Diri Dalam CV Fresh Graduate & Profesional

Mengapa membuat grup email di Gmail?

Membuat grup email untuk akun Gmail memungkinkan Anda mengirim email yang tepat ke orang yang tepat tanpa memasukkan alamat email setiap individu.

Mungkin melelahkan jika Anda rutin mengirim email massal. Fitur ini berguna untuk mengirim email ke sekelompok orang yang sama, baik teman, keluarga, atau rekan kerja.

Jika Anda ingin mengirim email grup tetapi tidak ingin menerima balasan dari penerima, buat label dengan mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas, tetapi masukkan nama label di bidang Bcc saat menulis email.

Dengan cara ini, email Anda tampak pribadi, dan Anda menghemat waktu dengan tidak memasukkan alamat email setiap orang.

Anda juga akan menghindari kotak masuk yang tersumbat oleh balasan yang tidak diinginkan.

Jangan biarkan email Anda membebani Anda

Meskipun ini adalah cara mudah untuk mengirim komunikasi grup, kontak dan bisnis yang berinteraksi dengan Anda juga bisa menambahkan alamat email Anda ke label dengan cara yang sama.

Baca Juga: Aplikasi Gmail Untuk Wear OS, Bakal Bisa Buka Email dari Smartwatch


Thanks for reading Cara Buat Grup Email di Gmail.

Leave a Comment