Bikin Bingung, Google Ganti Ikon Kunci Gembok di Chrome


Hostara.web.id – Bikin Bingung, Google Ganti Ikon Kunci Gembok di Chrome.

hostara, Jakarta – Google berencana untuk mengganti ikon kunci gembok yang muncul di aplikasi Google Chrome, karena banyak yang kurang paham dan bingung dengan ikon tersebut.

Sebagai pengguna Chrome, pastinya sering melihat ikon kunci gembok yang muncul di kolom situs yang berada di atas layar. Ikon tersebut akan muncul ketika pengguna ingin menuliskan sebuah alamat situs di kolom yang tersedia.

Sayangnya meskipun ikon kunci gembok sudah ada sejak lama tetapi, banyak pengguna yang tidak mengetahui makna dari ikon gembok di Chrome.

Menurut penelitian Google, hanya 11% pengguna yang menyadari bahwa itu mengacu pada enkripsi HTTPS. Sedangkan banyak orang lain berpikir kalau muncul ikon kunci gembok berarti situs tersebut dapat dipercaya.

BACA JUGA:

Sadar kalau banyak yang kurang paham dengan ikon kunci, akhirnya Google berencana untuk mengganti ikon gembok di Chrome dengan ikon baru bernama Tune atau kunci nada.

Ikon Kunci Gembok Tune Google

Google menyatakan kalau ikon Tune tidak menyiratkan kepercayaan dan keamanan sebuah situs, sistem keamanan di Chrome bersifat default. Selain itu ikon Tune juga mengundang klik, sehingga pengguna lebih leluasa mengontrol situs.

Dikutip Hostara dari Engadget pada Kamis (04/05/2023), pengguna Android dan Desktop akan melihat ikon pengganti di Chrome 117 di Android dan desktop, yang dijadwalkan tiba awal September 2023.

Di sisi lain karena pengguna iOS tidak dapat mengetuk ikon di Chrome maka Google menarik ikon sepenuhnya di platform Chrome seluler di Apple. Walaupun perubahan dapat membantu pengguna agar tidak bingung, tetapi perubahan itu terlambat dalam beberapa hal.

BACA JUGA:

Google melakukan default ke koneksi web HTTPS di Chrome 90 sejak 2 tahun lalu, dan itu terjadi beberapa bulan setelah Mozilla membuat perubahan serupa di Firefox. Lalu lebih dari 95% pemuatan halaman di Chrome untuk Windows menggunakan HTTPS.

See also  Aplikasi Google Gboard Punya Desain Baru, Kelihatan Lebih Mewah

Seharusnya Google bisa mengganti ikon gembok sejak lama, guna mengurangi kebingungan orang-orang terhadap ikon tersebut. [NM/HBS[


Thanks for reading Bikin Bingung, Google Ganti Ikon Kunci Gembok di Chrome.

Leave a Comment