Apa itu Google TV? Ketahui Sebelum Membeli


Hostara.web.id – Apa itu Google TV? Ketahui Sebelum Membeli.

Jakarta, hostara – Jika Anda pernah berbelanja TV, atau sedang mempertimbangkan Chromecast, Anda pasti pernah melihat label “Google TV”.

Namun apa sebenarnya Google TV itu, dan bagaimana perbandingannya dengan Android TV yang terdengar sangat mirip? Inilah semua yang perlu diketahui sebelum membeli.

Apa itu Google TV?

Google TV adalah antarmuka pengguna (UI) yang dirancang untuk menonton film dan acara TV.

Ini didasarkan pada Android TV, dan Anda bisa menggunakannya di ponsel dan tablet Android, mendukung smart TV, dan Chromecast modern apa pun.

Perlu diperhatikan bahwa di ponsel dan tablet, Google TV adalah aplikasi terpisah, sedangkan TV dan Chromecast menjadikannya inti perangkat lunak mereka.

Baca Juga: Panggilan Google Meet Bisa Terhubung Melalui TV

Tujuan utama UI adalah organisasi. Ini adalah peluncur untuk aplikasi seperti YouTube, Netflix, dan Max, dan jika Anda mencarinya, Anda dapat menambahkan film dan acara tertentu ke Daftar Tontonan untuk ditonton nanti.

Perangkat lunak ini selanjutnya akan mengidentifikasi berbagai cara untuk menonton sebuah judul, dan jika Anda mau, Anda dapat menandai sesuatu seperti yang terlihat sebelumnya.

Alasan utama untuk menandai judul yang ditonton adalah tab Untuk Anda, yang menyajikan rekomendasi yang dipengaruhi oleh kebiasaan Anda.

Ini dikelompokkan ke dalam carousel bertema yang dapat Anda geser, seperti “Saga fiksi ilmiah” atau “Tren.”

Jika Anda ingin mempersempit segalanya, Anda dapat menavigasi ke tab seperti Film dan Acara, atau memilih Konten langsung jika tersedia.

Beberapa video bisa dibeli atau disewa melalui Google, dan pembelian tersebut disimpan di Perpustakaan Anda.

Baca Juga: Google Hapus Film & TV dari Play Store

See also  Apa Itu Aplikasi Nusuk? Manfaat Berikut Cara Kerjanya

Nilai jual utama platform berbasis TV adalah dukungan untuk perintah suara Asisten Google.

Di TV dan Chromecast, Anda bisa mengakses lebih banyak aplikasi streaming melalui tab Aplikasi. Hal ini tidak diperlukan pada ponsel dan tablet, karena Anda dapat mengunduhnya secara terpisah melalui Play Store.

Nilai jual utama antarmuka TV adalah dukungan untuk perintah suara Asisten Google, baik melalui remote, speaker pintar, atau layar pintar.

Hal ini dapat mempermudah pencarian dan pemutaran konten, karena Anda dapat menggunakan permintaan bahasa alami seperti “tunjukkan film karya David Cronenberg”, “mundur 30 hostara”, atau “putar Mereka Tidak Akan Menjadi Tua”.

Selain itu, Anda dapat mengintegrasikan Google TV ke otomatisasi Google Home, dan menggunakannya untuk mengontrol perangkat rumah pintar lain yang kompatibel dengan Asisten.

Selama Anda sudah menyiapkannya, memberi tahu pembicara “Hai Google, ini malam nonton film” mungkin akan meredupkan lampu, menutup tirai, dan menyalakan TV Anda secara bersamaan.

Anda dapat melihat kamera keamanan yang kompatibel dengan Asisten di TV dan Chromecast.

Baca Juga: Smart TV Xiaomi Terbaru dengan Google TV Edar di Indonesia Mulai Rp3 Juta

Android TV vs Google TV: Apa bedanya?

Secara teknis, meskipun Google TV didasarkan pada Android TV, sebenarnya Google TV menggunakan Chrome OS ringan dari Google.

Hal ini sebagian besar tidak menjadi masalah bagi pengguna, namun Google TV memang mewakili garda depan upaya streaming Google, yang pada akhirnya, diharapkan Google akan sepenuhnya menggantikan Android TV.

Ada berbagai perbedaan yang lebih nyata, mungkin yang terbesar adalah pada rekomendasi. Google TV banyak menggunakan algoritme untuk menyesuaikan layar beranda Anda, dengan gagasan bahwa semakin banyak Anda menonton, semakin baik Google TV menyajikan hal-hal baru untuk dilihat.

See also  Tips Melindungi Data Finansial Dari Ancaman Trojan

Rekomendasi Android TV kurang dipersonalisasi, karena sebagian besar didasarkan pada aplikasi yang telah Anda instal.

Baca Juga:  SPC Google TV ST55 dan ST75 Edar di Indonesia, Harga Mulai Rp9 Jutaan

Rekomendasi, siaran langsung TV, dan kontrol orang tua adalah keunggulan Google TV.

Google TV juga bisa menampilkan konten langsung jika Anda berlangganan layanan seperti Sling TV atau YouTube TV — pilih thumbnail dan Anda akan langsung mengakses streaming, melewati peluncur aplikasi.

Ini sebagian besar berguna bagi pecandu olahraga, tetapi juga berguna jika Anda mencoba menonton berita atau episode perdana.

Kedua platform menawarkan kontrol orang tua, namun Google TV mendukung beberapa profil anak di bawah satu orang dewasa, yang masing-masing memiliki batasan dan rekomendasinya sendiri.

Ini juga mendukung pengelolaan melalui Google Family Link, sedangkan perangkat Android TV mengandalkan alat tingkat sistem.

Cara mendapatkan Google TV

Jika Anda memiliki ponsel atau tablet dengan Android 6.0 atau lebih baru, Anda cukup mendownload aplikasi Google TV.

Kemungkinan besar itu sudah terpasang, karena ini dimaksudkan untuk menggantikan Google Play Film dan TV.

Jika tidak, Anda harus membeli Chromecast atau TV yang kompatibel. Sony, Xiaomi dan Hisense, bisa menjadi pilihan utama.

Baca Juga: Deretan Google TV Terbaru dari Xiaomi untuk Kumpul Keluarga


Thanks for reading Apa itu Google TV? Ketahui Sebelum Membeli.

Leave a Comment