√ Apa itu Google Workspace ? Serta Kelebihan dan Harganya


Hostara.web.id – √ Apa itu Google Workspace ? Serta Kelebihan dan Harganya.

Google Workspace adalah paket layanan Google yang cocok untuk pemilik bisnis dan UMKM. Layanan Google ini sebelumnya bernama Google G Suite. Google Workspace merupakan layanan berbayar yang dapat digunakan oleh pemilik bisnis untuk mendongkrak produktivitas.

Google Workspace terdiri dari beberapa aplikasi Google, seperti: Gmail, Google Calendar, Google Meet, Google Sheet, Google Slides, Google Docs, Google Drive, sampai Google Chat. Semua aplikasi tersebut sebenarnya bisa dipakai gratis. Namun bedanya dengan Google Workspace, semua layanan Google tersebut bisa diintegrasikan antara satu karyawan dengan karyawan lain.

Fitur paling penting Google Workspace adalah Anda bisa membuat email dengan domain perusahaan, misalnya Joenathan@tokocahaya.com. Selain itu, ada juga fitur-fitur tambahan lain yang memudahkan pengguna bekerja bersama (kolaborasi) dengan karyawan lain.

Supaya bisa memahami apa itu Google Workspace ? Apa fungsi Google Workspace dan berapa harga yang harus Anda keluarkan untuk berlangganan Google Workspace, silakan simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu Google Workspace ?

Google Workspace adalah layanan Google yang menyempurnakan pendahulunya, yaitu Google G Suite. Layanan ini pada awalnya bernama “Google Apps for Your Domain,” setelah itu berganti nama jadi “Google Apps.” Pada tahun 2016, namanya berubah jadi G Suite dan kemudian yang terbaru menjadi Google Workspace.

Google workspace adalah

Google Workspace meningkatkan kemampuan interaksi antar karyawan dan kemampuan kolaborasi dibanding versi G Suite. Dengan Google Workspace, semua karyawan bisa berkolaborasi secara efektif. Tujuan utama Google Workspace adalah mendukung peningkatan produktivitas kerja dan kemudahan integrasi antar sesama karyawan.

See also  Galaxy Unpacked 2023 akan Digelar di Korsel dan Amerika Serikat

Google Workspace adalah paket layanan Google yang saling terintegrasi satu sama lain. Google Workspace pertama kali diperkenalkan pada 6 Oktober 2020 sebagai upaya Google untuk antisipasi kebutuhan pengguna untuk bekerja secara remote karena pandemi Covid 19. Dengan Google Workspace, semua karyawan di perusahaan bisa bekerja bersama-sama seperti di kantor meskipun terpisah jarak dan zona waktu.

Google Workspace cocok digunakan oleh perusahaan besar sampai UMKM. Anda bisa buat alamat email karyawan dengan domain sendiri, misalnya budi@tokosejahtera.com. Semua karyawan Anda juga bisa menggunakan aplikasi pengolah dokumen Google Docs, Slides, dan Sheet. Untuk kebutuhan komunikasi, Anda bisa pakai Google Meet untuk video meeting dan Google Chat untuk kirim pesan teks dan gambar.

Kelebihan Google Workspace

Google Workspace adalah paket layanan Google yang cocok untuk perusahaan besar, menengah, hingga UMKM. Teknologi yang lengkap dan aman memungkinkan semua karyawan Anda bisa bekerja bersama-sama dari mana saja. Semua data dan dokumen penting bisa diakses kapan saja dan lebih aman karena disimpan pada cloud.

Kelebihan Google Workspace

Berikut ini semua kelebihan Google Workspace untuk bisnis Anda:

1. Hemat Biaya Operasional Aplikasi Karyawan

Dengan Google Workspace, Anda tidak perlu beli aplikasi pengolah dokumen untuk semua karyawan di kantor. Cukup berlangganan paket Google Workspace, setiap karyawan bisa menggunakan Google Docs, Slides, dan Sheet untuk membuat dokumen, meeting online dengan Google Meet, chat dengan Google Chat, dan menggunakan email dengan fitur lengkap.

Semua data atau dokumen pekerjaan bisa disimpan di Google Drive. Semua data bisa diakses kapan saja. Anda juga bisa bagikan atau buka akses dokumen ke semua karyawan di kantor. Aplikasi Google Workspace bisa digunakan baik secara online atau offline. Ditambah lagi, tidak butuh laptop atau PC spek tinggi untuk menggunakannya.

See also  Apple Watch 9 Usung Fitur Double Tap dan Performa Lebih Gahar

2. Buat Email Karyawan dengan Domain Sendiri

Selain dapat banyak paket aplikasi Google, Anda juga bisa buat email karyawan dengan domain sendiri. Proses tidak repot dan panjang. Anda tidak perlu keluar biaya untuk membuat dan mengelola email karyawan sendiri. Semua yang Anda butuhkan untuk operasional karyawan bisa terpenuhi dengan berlangganan layanan Google Workspace.

3.  Sistem Keamanan Selalu Diperbarui

Google Workspace adalah layanan aplikasi Google yang dilengkapi sistem keamanan terbaru. Google memiliki sistem keamanan baru dan lebih baik untuk mengamankan dokumen, teks, video, dan apapun untuk menyelesaikan semua pekerjaan. Google Workspace meminimalisir penyalahgunaan dokumen saat bekerja. Keamanan baru Google juga mencegah gangguan saat melakukan video conference.

4. Mention Rekan Kerja di Email dan Chat

Fitur baru yang dimiliki Google Workspace adalah mention rekan kerja. Dengan fitur ini, Anda bisa mengetik nama rekan kerja dengan diawali “@.” Saat digunakan di email, fitur mention otomatis mengirim email yang dimaksud ke rekan Anda. Saat mengetik mention, semua daftar karyawan di kantor akan muncul. Ini memudahkan Anda mencari rekan kerja yang dimaksud.

5. Preview Dokumen Tanpa Download

Fitur Preview dokumen memudahkan Anda me-review dokumen. Anda bisa review dokumen tanpa men-download atau buka tab baru. Anda bisa langsung lihat dokumen langsung saat melakukan rapat online. Dokumen tersebut bisa diedit dan dibuat langsung di Google Meet. Cara menggunakan Google Workspace sangat mudah, bahkan untuk pemula sekalipun.

Perbedaan Google Workspace Berbayar vs Gratis

Google Workspace adalah layanan Google yang bisa digunakan oleh pengguna berbayar dan gratisan. Google menyediakan layanan Google Workspace gratis untuk pengguna pribadi. Untuk pengguna bisnis, Google memiliki beberapa fitur tambahan, seperti: alamat email karyawan yang bisa menggunakan domain sendiri, kapasitas cloud tambahan, dan fitur keamanan lebih baik.

See also  Forbidden Playground Apk Terbaru 2023 Simak Cara Downloadnya Disini

Berikut ini beberapa fitur yang bisa didapat oleh pengguna berbayar Google Workspace:

  • Bisa buat email dengan domain sendiri, contoh: Joenathan@tokocahaya.com
  • Bisa akses Google Drive, Calendar, dan email yang dibagikan karyawan lain
  • Mengatur atau menyeting hak akses setiap user
  • Kerja kolaborasi lebih mudah karena dibekali tracking edit
  • Kapasitas cloud lebih besar, mulai dari 30GB – 5TB per pengguna
  • Melarang akses dari pengguna di luar perusahaan
  • Mendapat dukungan teknis dari Google.

Harga Langganan Google Workspace

Google Workspace untuk bisnis punya 3 jenis paket, yaitu: Business Starter, Business Standard, dan Business Plus. Harga langganan Google Workspace sangat murah, mulai dari Rp 80 ribuan per bulan untuk satu akun. Dengan harga yang murah, semua karyawan Anda sudah dapat email dengan domain sendiri, aplikasi pengolah dokumen, penyimpanan cloud, dan aplikasi meeting dan chat Google.

Harga langganan Google Workspace

Untuk rapat video dengan Google Meet, setiap pengguna bisa meeting online mulai dari 100 sampai 500 peserta tergantung jenis Google Workspace yang dipilih. Kapasitas cloud Google mulai dari 30 GB, 2TB, dan 5 TB untuk setiap pengguna di perusahaan Anda.

Google Workspace adalah paket layanan Google yang cocok untuk UMKM sampai perusahaan besar. Cukup bayar satu harga berlangganan per user, setiap karyawan Anda sudah mendapat aplikasi yang dibutuhkan untuk bekerja. Olah dokumen bisa pakai Google Docs, Slides, dan Sheet. Meeting online bisa pakai Google Meet sambil chat menggunakan Google Chat.

Yuk, langsung konsultasikan dengan Sarah untuk lebih tepat memaksimalkan kebutuhan kamu terkait Google Workspace di sini atau bisa menghubungi Sarah di :
Telp : (021) 2929-2828
Wa : 0821-1252-9122
Email : Sarah@hostara


Thanks for reading √ Apa itu Google Workspace ? Serta Kelebihan dan Harganya.

Leave a Comment